Dari Bikini, Hingga Burkini: Mengintip Baju Renang Wanita dari Masa ke Masa

credit image: marathonswimmers.org

Tidak hanya teknologi, baju renang wanita juga memiliki perkembangan yang kerap kali membuat kita terkagum-kagum. Apabila dulu pakaian renang hanya identik dengan bikini yang menampilkan belahan dada, pusar atau paha, belakangan pakaian renang mengalami perubahan yang menutupi kekurangan-kekurangan tersebut.

Beginilah perkembangan pakaian renang wanita dari masa ke masa yang patut diacungi jempol itu.

Baca juga: Adalaine yang tak butuh krim anti aging

Baju Renang Abad 18

Ini adalah awal mula perkembangan pakaian renang. Dimana pakaian renang pada masa itu terbuat dari wol tebal yang mudah menyerap air, namun sangat sulit dikeringkan.

Perkembangan Bikini
sumber: dw.com

Awal Abad ke-20

Masih dengan mode tertutup, pada awal abad 20 atau sekitar tahun 1900 sampai 1940-an, pakaian renang ala wanita dibuat lebih ketat mengikuti lekuk tubuh pemakainya. Ada juga yang memberikannya ikat pinggang tipis dan kancing emas agar terkesan lebih feminis.

Bikini Awal Abad 20
sumber: dw.com

 

Baca Juga: Alternatif Hiburan Belahan Dada, Setelah KPI Tak Asik

Awal Mula Bikini

Pertama kali digunakan oleh penari eksotis asal Perancis, Micheline Bernardini tahun 1946. Ini adalah pertama kali fashion pakaian renang berubah dari pakaian tertutup, menjadi terbuka.

sumber: secretdesires.in

Bikini Ala Hollywood

Mulai 1950-an, fesyen pakaian renang banyak dipengaruhi oleh film-film garapan Hollywood. Mulai dari film Aquamaids yang mengombinasikan baju renang dengan rok. Kemudian, pada 1960, topi renang seakan-akan menjadi aksesoris wajib bagi para wanita. Pada era ini juga baju renang merah ala film Baywatch dan bikini super-minimalis ala Bond Girls lebih populer di kalangan wanita.

Bikini Ala Hollywood
sumber: dw.com

Tankini

Pada akhir abad ke-20 dan awal abad ke-21, kiblat fashion pakaian renang dunia bertambah. Muncul tahun 1990-an, Tankini menjadi tren baju renang bagi sebagian remaja. Tankini sendiri merupakan perpaduan antara tanktop dan celana ketat.

Tankini | Perkembangan Bikini
sumber: dailymail.co.uk

Burkini

Ini adalah perkembangan terbaru baju renang wanita. Idenya muncul dari seorang wanita muslim di Australia.  Meski begitu, di Australia dan Selandia Baru sendiri, Burkini juga banyak dipakai oleh perempuan non-muslim yang tak ingin kulitnya terbakar terik matahari.

 

Perkembangan Bikini - Burkini
sumber: dw.com

 

Nah, begitulah sejarah dan perkembangan baju renang wanita dari masa ke masa. Menurut Anda, wanita akan terlihat lebih cantik kalau sedang pakai baju renang yang mana?

 

Redaksi Sediksi

Redaksi Sediksi

Hirukpikuk merupakan rubrik Sediksi yang banyak mengulas tentang informasi yang berseliweran dengan cepat dan menghabiskan banyak kuota.

Lihat Semua Artikel Hirukpikuk