Berkontribusi Kuy!!

Sebelum mengirimkan karya, sangat dianjurkan untuk membuka terlebih dahulu halaman F.A.Q. Dengan mengetahui hal-hal yang berhubungan dengan Sediksi, karakter dan visinya, peluang tulisan diterima jadi lebih besar. Klik tombol di bawah ini untuk menuju halaman F.A.Q

Sediksi.com sangat terbuka bagi siapa saja yang ingin memberikan sumbangsihnya dalam menanggapi problematika zaman. Sebagai portal alternatif berbasis pemikiran serius tapi santai, kami memuat konten berisi common sense, subjektifitas, dan kelakar yang terbagi dalam beberapa rubrik tulisan. Selain itu, kami juga menerima naskah sastra dalam bentuk cerpen atau puisi. Berikut petunjuk pengiriman naskah ke redaksi Sediksi.

Pelajari Syarat dan Ketentuan Naskah Seperti di Bawah Ini

  • Tema tulisan harus sesuai dengan tema yang diusung sediksi.com, yakni seputar sosial humaniora; refleksi kebiasan kaum urban (wisata, game, olahraga, atau kuliner); teknologi, start up, ekonomi dan bisnis; kritik dan apresiasi terhadap buku, film, event, musik, atau karya seni lainnya; juga seputar kehidupan kampus yang penuh liku-liku.
  • Tulisan dikemas dengan bahasa santai atau bahasa sehari-hari sehingga mudah dimengerti pembaca. Jangan samakan penulisan opini di sediksi.com dengan penulisan skripsi yang kaku dan formal.
  • Panjang naskah berkisar 700 – 1200 kata.
  • Penulis opini bisa menyitir teori, konsep atau gagasan dari beragam sumber, dengan catatan, sertakan sumbernya. Hal ini semata untuk menjaga harga diri dan kredibilitas Anda sendiri.
  • Penulisan cerpen maksimal 8 halaman A4 dengan format penulisan bebas (normal)
  • Penulisan puisi, harap mengirim 5-10 puisi per pengiriman

Apabila tulisanmu (baik opini, maupun sastra), belum pernah dipublikasikan di Sediksi.com, maka ikuti petunjuk-petunjuk pengiriman naskah sebagaimana berikut. Namun, jika tulisanmu pernah dipublikasikan sebelumnya, kamu bisa menklik tautan berikut:

Identitas Penulis

Kami berharap identitas penulis dapat diisi dengan sebenar-benarnya sebagai bentuk tanggung jawab penulis terhadap hasil karyanya. Penulis dipersilahkan memakai nama pena.

Upload Dokumen


Kami sangat menganjurkan agar penulis mengirimkan foto close up beresolusi cukup tinggi (min 800x800). Hal ini agar tim kreatif kami bisa lebih mudah membuat semacam scribble untuk profil penulis.

Tulis hanya untuk ringkasan cerita (bukan tulisan utuh). Penulis juga bisa menggunakan kolom ini untuk memberikan keterangan khusus pada tulisan.

Prosedur Pengiriman Naskah bagi Penulis Lama

Naskah opini, maupun sastra, dikirim dalam format dokumen (doc, docx, atau rtf) ke alamat email [email protected] dengan subjek Kirim Naskah_Nama Lengkap_Jenis Naskah dan tetap mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku.

(contoh: Kirim Naskah_Opini_Nusantara Dirga)