IU Dituduh Melakukan Plagiarisme, Ini 5 Faktanya

IU Dituduh Melakukan Plagiarisme, Ini 5 Faktanya

IU Plagiarisme IU Fakta kasus IU

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Sama seperti hal yang menimpa Ed Sheeran beberapa waktu lalu, kabar plagiarisme juga menimpa solois IU. Menurut laporan media setempat pada Rabu (10/5) lalu, seorang anonim menuliskan bahwa IU melakukan plagiarisme.

Sebelumnya di minggu yang sama pada Senin (8/5/2023), kepolisian dari Gangnam menerima laporan yang menggugat solois bernama asli Lee Ji-Eun itu. IU diduga melakukan plagiasi atas enam lagunya mulai dari Good Day, The Red Shoes, Pitiful, Boo, BBIBBI, dan Celebrity.

Lebih lanjut berikut adalah penjelasannya!

Dicurigai melakukan plagiat secara keseluruhan

IU Dituduh Melakukan Plagiarisme, Ini 5 Faktanya - IU
Soompi

Dalam laporan itu bertuliskan bahwa enam lagu yang disebutkan meniru banyak hal.

“Keenam lagu ini sangat mirip dengan lagu aslinya dalam hal melodi, ritme, dan perkembangan kode, dan untuk lagu seperti ‘The Red Shoes’, kemiripannya jelas terlihat bahkan di telinga masyarakat umum. Terutama, semua 6 lagu diduga menjiplak intro,” bunyi laporan tersebut.

Lagu Red Shoes pernah dituduh sebagai hasil jiplakan

IU Dituduh Melakukan Plagiarisme, Ini 5 Faktanya - 5c8dce74bdf069f16ffbf8cc34845085
Pinterest

Ini kali kedua lagu Red Shoes mendapatkan tuduhan atas plagiarisme. Sebelumnya, lagu ini mendapatkan tuduhan pertama kali pada tahun 2013. The Red Shoes dituduh menjiplak lagu dari band Jerman berjudul Here’s Us.

IU disebut enggan berkomentar

IU Dituduh Melakukan Plagiarisme, Ini 5 Faktanya - Snapinsta.app 331025774 923767685305573 462298418113528912 n 1080
Instagram/ dlwlrma

Penuduh menyebut IU menolak memberikan tanggapan. Ia juga beranggapan bahwa publik gagal memahami kasus plagiarisme sebagai hal yang serius.

“Terdakwa (IU) menolak untuk menanggapi tuduhan plagiarisme meskipun sering terjadi, malah melaporkan dan menghapus semua tuduhan tersebut di SNS atas pelanggaran hak cipta,” tulis si penuduh.

“Oleh karena itu, penuduh telah memutuskan untuk mengajukan laporan setelah menyaksikan kurangnya kesadaran publik mengenai banyaknya akun plagiarisme yang telah dihapus secara tidak rasional di SNS karena alasan hak cipta, dan juga sebagai masalah kegagalan otoritas hukum untuk memenuhi tugasnya. Bertanggung jawab dalam menentukan jumlah kerugian yang harus dibayar oleh mereka yang menghadapi tuduhan pelanggaran hak cipta,” bunyi laporan tersebut.

Biasanya, tuntutan plagiarisme harus diajukan oleh mereka yang meyakini diri mereka sebagai korban plagiarisme kreatif. Nah, dalam kasus ini, ia bermaksud mengklaim bahwa pihak ketiga juga dapat mengajukan tuntutan berdasarkan kecurigaan tindakan plagiarisme untuk laba.

Agensi akhirnya buka suara

IU Dituduh Melakukan Plagiarisme, Ini 5 Faktanya - Snapinsta.app 272091680 1830135620507770 7862406521244981712 n 1080
Instagram/ dlwlrma

Merespon hal tersebut, akhirnya IU dan EDAM Entertainment buka suara dengan membuat pernyataan resmi dan akan menuntut segala sesuatunya sesuai dengan ketentuan hukum.

EDAM Entertainment, agensi IU, mengumumkan pada tanggal 10 bahwa mereka akan mengambil tindakan hukum terhadap pemberi komentar jahat yang menyebarkan informasi palsu yang tidak berdasar, dan mengambil tindakan hukum yang tegas.

“Kami menyadari bahwa kecurigaan plagiarisme berdasarkan fakta palsu dan selebaran yang berisi rumor tidak berdasar telah didistribusikan di beberapa wilayah di komunitas online, SNS, dan YouTube terkait IU,” tulis EDAM Entertainment.

EDAM juga bekerja sama dengan firma hukum Shinwon atas beberapa tuntutan yang dimiliki IU. Perlu diketahui, IU tak hanya mendapatkan tuduhan plagiasi lagu melainkan juga dituduh sebagai mata-mata Korea Utara.

“Kami mengajukan pengaduan ke agen investigasi melalui firma hukum Shinwon berdasarkan kecurigaan plagiarisme, rumor spionase, pelecehan seksual dan pencemaran nama baik, penyebaran fakta palsu, dan pelanggaran privasi yang dikumpulkan sejak kecurigaan diajukan,” tulis EDAM Entertainment.

Dalam keterangannya, EDAM juga mengatakan pertama kali mendengar tuduhan tersebut melalui sebuah artikel. Saat ini lembaga investigasi juga belum menghubungi agensi untuk langkah selanjutnya.

Kecam sang penuduh dengan keras

IU Dituduh Melakukan Plagiarisme, Ini 5 Faktanya - Snapinsta.app 173594212 2852488458323171 5853949567340137139 n 1080
Instagram/ dlwlrma

EDAM menuliskan penuduh yang menyebarkan rumor palsu tidak hanya berdampak pada sang artis, melainkan juga staf agensi, kantor, dan kenalan mereka. Untuk itu, Edam tidak dapat lagi memberikan toleransi untuk sang pelaku.

“Kami menekankan bahwa memfitnah reputasi artis dengan konten berbahaya dan informasi palsu adalah tindakan illegal yang jelas. Dan kami akan menempuh jalur hukum,” tulis EDAM.

EDAM juga berusaha melakukan yang terbaik untuk melindungi kepentingan dan hak sang artis dengan melacak unggahan jahat. Saat ini polisi sedang meninjau pengaduan dan berencana untuk menetapkan arah penyelidikan selanjutnya.

Enam lagu IU dituduh menjiplak musik artis asing dan dalam negeri. Mengenai hal tersebut, EDAM akan melakukan investigasi secara lanjut.

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel