Daftar Lengkap Opini

Jadi, buat Arema FC: Selamat, kalian sudah berhasil kabur dari hukum karma. Bermainlah sepuas kalian. Anggap saja Tragedi Kanjuruhan itu dongeng karangan haters. Semoga Jerome Polin jadi Aremania.
Mohammad Faiz Attoriq
5 Menit
28 May 2024
Kalau kalian punya cukup tenaga untuk menghujat penerima beasiswa KIP K yang manipulatif, pastikan kalian juga punya cukup tenaga untuk mendesak pemerintah menghadirkan pendidikan yang lebih murah dan lebih aksesibel untuk semua warga
Iqbal AR
6 Menit
26 May 2024
TNI yang di-regendered bisa melahirkan prajurit yang memiliki identitas pembangun perdamaian yang terbuka bagi laki-laki dan perempuan, menghargai sifat maskulin dan feminin, serta, lebih jauh lagi, mereka tidak lagi menjadi maskulin atau feminin.
Achmad Zainuddin Hidayatullah
4 Menit
24 May 2024
Sekali saja terkena tuduhan buzzer, maka sekuat apapun pendapat saya atau Anda (yang tertuduh), tetap saja akan tampak buruk bagi si penuduh.
Achmad Fauzan Syaikhoni
5 Menit
22 May 2024
Lord Didi sudah merekognisi aneka situs dan lokasi yang mungkin asing bagi pendengar lintas-daerah. Sekarang saatnya warga dan pemerintah daerah, khususnya yang sudah disebut dalam lirik-lirik tersebut, yang perlu merekognisi-balik ‘anak rohani’ beliau.
Muhammad Naufal Waliyuddin
5 Menit
21 May 2024
Yang ingin saya sampaikan dari pengalaman naik Trans Jogja adalah bus tidak melewati daerah tempat tinggal mahasiswa karena hanya fokus ke daerah wisata!
Rizky Fajar NA
4 Menit
15 May 2024
Tak dapat dipungkiri bahwa orang Batak memang melihat peluang lebih besar di tempat lain. Tapi, akan menjadi keliru ketika kemudian muncul kesimpulan bahwa di kampung seakan tidak ada apa-apa.
Christiaan
4 Menit
14 May 2024
Kemenag perlu memahami urgensi dan fungsionalisasi pelaksanaan PPG Prajabatan. Bahwa sertifikasi PPG merupakan eskalator nilai yang memartabatkan kesalingan profesionalisme dan kesejahteraann.
Muhammad Muzadi Rizki
5 Menit
12 May 2024
Apakah memang kita harus sepenuhnya percaya pada pakar? Bagaimana jika ada kondisi di mana para pakar saling memberikan kritik karena tidak menghasilkan kesimpulan yang sama, bahkan saling berkontradiksi?
Muhammad Ifan Fadillah
5 Menit
11 May 2024
Kesulitan masyarakat menengah sering banget ketutup sama kondisi mereka sendiri karena dianggap masih mampu. Dari luar kelihatannya baik-baik saja. Padahal aslinya luntang-lantung untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.
Ramos Mangihut Yemima S.
5 Menit
10 May 2024

Medsos Sediksi

Topik
notix-opini-retargeting-pixel