5 Fakta Menarik Film Monster, yang Tuai Banyak Perdebatan

5 Fakta Menarik Film Monster, yang Tuai Banyak Perdebatan

Fakta menarik film Monster

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Film Monster ramai dibincangkan di media sosial pun banyak perdebatan yang muncul. Untuk itu mari mengetahui fakta menarik film Monster! Monster (2023) adalah film drama Jepang yang disutradarai oleh Hirokazu Kore-eda, salah satu sutradara paling dihormati di dunia. Film ini bercerita tentang seorang ibu tunggal yang mencurigai guru putranya melakukan pelecehan terhadap anak-anak di sekolah.

Namun, kisah ini tidak semudah yang terlihat, karena film ini menampilkan tiga sudut pandang yang berbeda: ibu, guru, dan anak-anak. Film ini mengajak penonton untuk merenungkan siapa sebenarnya monster dalam masyarakat kita.

Simak fakta menarik film Monster berikut ini:

Maksud Monster dalam Film Tersebut

5 Fakta Menarik Film Monster, yang Tuai Banyak Perdebatan - 5a558d32 72e0 4815 91d9 b3e5f8bc8f78 f4c40053
South China Morning Post

Dalam sebuah wawancara dengan Forbes, Kore-eda menjelaskan bahwa judul film ini berasal dari kata Jepang “kaibutsu”, yang berarti monster atau binatang buas. Kata ini juga memiliki konotasi negatif terhadap orang-orang yang dianggap menyimpang atau tidak normal oleh masyarakat. Kore-eda mengatakan bahwa ia ingin mengeksplorasi tema-tema seperti diskriminasi, kekerasan, dan kesepian melalui karakter-karakter yang dianggap sebagai “kaibutsu” oleh orang lain. Ia juga ingin menunjukkan bahwa tidak ada yang benar-benar tahu apa yang terjadi di balik pintu tertutup, dan bahwa setiap orang memiliki sisi gelap dan terangnya sendiri.

Prestasi Film Monster

5 Fakta Menarik Film Monster, yang Tuai Banyak Perdebatan - prothomalo english 2023 05 ba8e0adf 55a6 4bd7 8f18 8b3d802b53bd 771572 01 02
Prothom Alo English

Fakta menarik film Monster selanjutnya adalah soal prestasi. Film Monster mendapatkan banyak pujian dan penghargaan dari berbagai festival film internasional. Film ini dipilih sebagai salah satu dari 24 film yang bersaing untuk Palme d’Or, penghargaan tertinggi di Festival Film Cannes 2023. Film ini juga memenangkan Queer Palm, penghargaan untuk film dengan tema LGBT terbaik, dan Best Screenplay Award, penghargaan untuk skenario terbaik. Film ini juga masuk dalam daftar 10 film terbaik tahun 2023 versi mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama. Di Jepang, film ini menduduki peringkat pertama box office pada minggu pertama perilisannya, dengan pendapatan sekitar US$5,9 juta.

Alasan Harus Menonton Film Monster

5 Fakta Menarik Film Monster, yang Tuai Banyak Perdebatan - Screen Shot 2023 10 04 at 3.36.59 PM webp
Indie Wire

Fakta menarik film Monster ketiga adalah mengapa kamu harus menontonnya. Film Monster adalah film yang menantang dan menggugah, yang menawarkan perspektif yang berbeda dan beragam tentang masalah sosial yang sering diabaikan. Film ini juga menampilkan akting yang luar biasa dari para pemeran, terutama Sakura Ando, yang berhasil menggambarkan peran seorang ibu yang putus asa dan marah.

Film ini juga menjadi karya terakhir dari komposer legendaris Ryuichi Sakamoto, yang meninggal dua bulan sebelum film ini dirilis. Film Monster merupakan salah satu film terbaik tahun 2023, yang layak untuk ditonton dan direnungkan.

Mengapa Film Monster Banyak Menuai Perdebatan

5 Fakta Menarik Film Monster, yang Tuai Banyak Perdebatan - Monster trailer jpg
Interaksyon

Film Monster tidak hanya mendapat pujian, tetapi juga menuai perdebatan dari berbagai kalangan. Beberapa kritikus menganggap film ini terlalu ambigu dan tidak memberikan jawaban yang jelas tentang siapa yang bersalah dan siapa yang tidak. Beberapa penonton juga merasa tak nyaman dengan tema-tema yang diangkat film ini, seperti pelecehan seksual, bullying, homofobia, dan alkoholisme.

Orang-orang juga mengkritik film ini karena dianggap tidak sesuai dengan gaya Kore-eda yang biasanya lebih hangat dan humanis. Namun, mereka juga mengapresiasi film ini karena berani mengambil risiko dan menantang penonton untuk berpikir lebih dalam.

Cerita Menarik Para Pemeran Film Monster

5 Fakta Menarik Film Monster, yang Tuai Banyak Perdebatan - 9a5449a3 e0ad 4e49 aa74 6645b71c0284 8ebe75ce
South China Morning Post

Fakta menarik film Monster yang keempat adalah para pemerannya. Para pemeran film Monster juga memiliki cerita menarik tentang proses pembuatan film ini. Sakura Ando, yang memerankan Saori, bercerita ia merasa tertantang untuk memainkan peran seorang ibu yang mengalami konflik batin. Sakura berterus terang kalau belajar banyak dari Kore-eda, yang memberikan arahan yang detail dan mendalam. Soya Kurokawa, yang memerankan Minato, mengatakan bahwa ia merasa senang bisa bermain bersama aktor-aktor senior yang ia kagumi.

Ia juga mengungkapkan bahwa ia merasa sulit untuk mengekspresikan emosi Minato, yang kompleks dan bermasalah. Eita Nagayama, yang memerankan Mr. Hori, mengatakan bahwa ia merasa tertarik dengan karakternya, yang memiliki sisi gelap dan terang. Eita juga mengatakan bahwa ia merasa terinspirasi oleh Kore-eda, yang memiliki visi yang jelas dan kuat tentang film ini.

Beragamnya Genre Film Jepang

5 Fakta Menarik Film Monster, yang Tuai Banyak Perdebatan - 494d430c 4001 4145 9baa 4d845be740ce large
Internet

Film Monster adalah film yang tidak bisa disangkal kehebatannya, baik dari segi teknis maupun artistik. Film ini menunjukkan bahwa Kore-eda adalah seorang sutradara yang berbakat dan berani, yang tidak takut untuk mencoba hal-hal baru dan berbeda. Film ini juga menunjukkan bahwa film-film Jepang tidak hanya terbatas pada genre-genre tertentu, tetapi juga bisa mengeksplorasi berbagai topik dan isu yang relevan dengan zaman. Monster adalah film yang harus ditonton oleh semua pecinta film, terutama yang menyukai film-film yang provokatif dan bermakna.

Itulah lima fakta menarik Film Monster karya Kore-eda. Tertarik untuk menontonnya?

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel