Spesifikasi HP yang Cocok untuk Game Mobile Legends dengan Nyaman

Spesifikasi HP yang Cocok untuk Game Mobile Legends dengan Nyaman

HP yang cocok untuk game Mobile Legends

DAFTAR ISI

Mobile Legends adalah salah satu game mobile yang paling populer di dunia. Game ini membutuhkan spesifikasi minimal tertentu agar dapat berjalan dengan lancar dan memberikan pengalaman bermain yang optimal.

Berikut ini HP yang cocok untuk game Mobile Legends dengan nyaman. Artinya, untuk bermain game ini dengan sedikit gangguan seperti lag maupun layar nge-frame, lebih baik dengan HP yang performanya lebih tinggi.

HP yang Cocok untuk Game Mobile Legends (ML)

Spesifikasi minimum ML untuk bermain dengan nyaman

Sistem Operasi atau Operating System (OS)Android 4.2 atau iOS 10.0. Disarankan Android versi 10 atau yang terbaru lebih baik.
ProsesorMinimal 1.5 GHz quad-core (contoh: Snapdragon 430 atau yang setara). Tentu prosesor dengan kecepatan di atasnya jelas lebih enak.
RAM2 GB sudah cukup, tetapi di atasnya lebih baik. 4 GB lebih nyaman.
Memori internalMinimal 16 GB cukup untuk bermain nyaman. Saat ini, patch ML terbaru dengan fitur terdownload semua membutuhkan sekitar 8 GB.

Ingat, ada banyak aplikasi selain game Mobile Legends yang ada di HPmu.
LayarMinimal 5 inch agar lebih lega
Baterai3000 mAH agar bisa bermain lebih lama
Koneksi internetDual koneksi (WiFi + data seluler) agar lebih stabil

Prosesor

Spesifikasi HP yang Cocok untuk Game Mobile Legends dengan Nyaman - Prosesorvoi.id
Prosesor/voi

Untuk bermain Mobile Legends, Kamu membutuhkan prosesor yang cukup cepat agar game dapat berjalan dengan lancar terutama pada saat war. Pada saat war akan menambah beban kerja prosesor semakin berat.

Prosesor minimal yang disarankan adalah Snapdragon 430 dan MediaTek Helio G35 atau setara dengan prosesor lainnya.

RAM

Spesifikasi HP yang Cocok untuk Game Mobile Legends dengan Nyaman - RAMteknovidia.com
RAM/teknovidia

Semakin besar kapasitas RAM, semakin banyak aplikasi yang dapat dijalankan secara bersamaan. Untuk bermain Mobile Legends, kamu membutuhkan minimal 2 GB RAM agar game dapat berjalan dengan lancar atau kapasitas ram yang lebih besar.

Sekali lagi, spesifikasi HP yang cocok untuk game Mobile Legends memang hanya 2 GB. Agar tidak mengalami banyak kendala, RAM 3 GB rasanya sudah cukup memadai. 4-6 GB malah lebih bagus.

Versi OS (Operating System)

Spesifikasi HP yang Cocok untuk Game Mobile Legends dengan Nyaman - OSoperating Systemcomputerworld.com
OS(operating System)/computerworld

OS (Operating System) adalah salah satu hal yang penting sebagai syarat minimal untuk bermain mobile legend. Dalam setiap kali melakukan pembaruan maka akan semakin cepat dan juga semakin efisien performa OS.

Pada HP dengan OS Android minimal harus menggunakan Android 4.2 dan pada iPhone minimal OS yang bisa digunakan adalah iOS 10.

Layar

Spesifikasi HP yang Cocok untuk Game Mobile Legends dengan Nyaman - Layargadgetmiaw.com
Layar/gadgetmiaw

Layar adalah komponen yang mempengaruhi pengalaman bermain game. Layar yang besar dan berkualitas akan memberikan pengalaman bermain yang lebih baik.

Untuk bermain Mobile Legends, kamu membutuhkan layar minimal 5 inci dengan resolusi HD atau lebih tinggi.

Jangan lupa untuk tetap memperhatikan frame-rate pada layar. Semakin tinggi frame-rate pada layar alam semakin mulus gerakan karakter yang kamu gunakan pada saat bermain mobile legend. Minimal kamu dapat menggunakan layar hp dengan frame-rate sebesar 60 fps (frame per Second).

Baterai

Spesifikasi HP yang Cocok untuk Game Mobile Legends dengan Nyaman - Bateraijagadtech.com
Baterai/jagadtech

Baterai adalah komponen yang sangat penting dalam sebuah HP. Semakin besar kapasitas baterai, semakin lama HP dapat digunakan tanpa perlu diisi ulang.

Biasanya, semakin menurun kapasitas baterai akan mempengaruhi performa dari HP kamu. Untuk menjaga performa stabil lebih lama, kamu memerlukan kapasitas baterai yang besar.

Untuk bermain Mobile Legends, kamu membutuhkan baterai minimal 3000 mAh agar dapat bermain selama beberapa jam tanpa perlu diisi ulang.

Penyimpanan

Spesifikasi HP yang Cocok untuk Game Mobile Legends dengan Nyaman - Penyimpananpindahlubang.com
Penyimpanan/pindahlubang

Penyimpanan adalah komponen yang mempengaruhi jumlah game dan aplikasi yang dapat diinstal pada HP.

Untuk bermain Mobile Legends, kamu membutuhkan minimal 2GB penyimpanan internal atau lebih besar dari itu agar dapat menginstal game. Namun, semakin sering kamu bermain dan semakin sering update maka kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan akan semakin besar.

Saat ini, patch terbaru ML menghabiskan ruang penyimpanan 8 GB. Artinya, kamu perlu menyediakan minimal 16 GB agar tidak mengganggu ruang penyimpanan untuk aplikasi lain. Minimal 32 GB hingga 64 GB atau lebih akan terasa lebih lega.

Koneksi Internet

Spesifikasi HP yang Cocok untuk Game Mobile Legends dengan Nyaman - Koneksi Internetbiznethome.net
Koneksi Internet/biznethome

Koneksi internet adalah faktor penting dalam bermain game online seperti Mobile Legends. Patikan untuk bermain Mobile Legends, kamu membutuhkan koneksi internet yang stabil dan cepat agar dapat bermain tanpa lag atau putus-putus.

Minimal kecepatan unduh internet yang kamu miliki adalah 15 hingga 25 Mbps, kecepatan unggah sebesar 5 Mbps, dan kecepatan ping lebih baik kurang dari 50 milidetik.

Rekomendasi Budget HP yang Cocok untuk Game Mobile Legends

Xiaomi Redmi 12C

Spesifikasi HP yang Cocok untuk Game Mobile Legends dengan Nyaman - Xiaomi Redmi 12Cgizmologi.id
Xiaomi Redmi 12C/gizmologi

Xiaomi Redmi 12C  memiliki spesifikasi yang sudah mumpuni untuk bermain mobile legends. Hp yang ditenagai dengan prosesor MediaTek G85 ini memiliki varian RAM sebesar 3GB dan 4GB, memori internal sebesar 32GB hingga 128GB, serta kapasitas baterai sebesar 5000 mAh dengan OS Android 12. HP ini dibandrol seharga Rp1,3 jutaan.

Samsung Galaxy A03

Spesifikasi HP yang Cocok untuk Game Mobile Legends dengan Nyaman - Samsung Galaxy A03akurat.co
Samsung Galaxy A03/akurat

Samsung Galaxy A03 ditenagai prosesor Unisoc T606 yang dipadukan dengan RAM 3GB sampai 4GB dan kapasitas memori internal sebesar 32GB dan 64GB. HP ini juga dilengkapi OS Android 11 dan kapasitas baterai sebesar 5000 mAh. Dengan spesifikasi diatas, HP ini sangat bisa digunakan untuk bermain mobile legends. HP ini dipatok harga sebesar 1,5 jutaan.

Realme C31

Spesifikasi HP yang Cocok untuk Game Mobile Legends dengan Nyaman - Realme C31pemmzchannel.com
Realme C31/pemmzchannel

Realme C31  memiliki spesifikasi yang sudah bisa digunakan untuk bermain mobile legends. Hp ini dibekali dengan prosesor Unisoc T612 dan memiliki varian RAM sebesar 3GB dan 4GB, memory internal sebesar 32GB hingga 64GB, serta kapasitas baterai sebesar 5000 mAh dengan OS Android 11. Hp ini dibandrol seharga Rp1,5 jutaan.

Untuk bermain Mobile Legends dengan lancar dan optimal, kamu membutuhkan HP dengan spesifikasi minimal seperti diatas. Dengan spesifikasi minimal tersebut, kamu dapat menikmati pengalaman bermain Mobile Legends yang lebih baik dan lancar.

Di atas adalah beberapa hp yang bisa jadi pilihan sebagai device untuk bermain mobile legends dengan mantap tanpa perlu marah-marah disertai dengan kata-kata mutiara.

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel