10+ Jurusan Kuliah untuk Anak IPS yang Jamin Masa Depan

10+ Jurusan Kuliah untuk Anak IPS yang Jamin Masa Depan

Jurusan Kuliah untuk Anak IPS

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Memilih jurusan kuliah menjadi langkah awal yang krusial dalam menentukan karir masa depan. Bagi siswa dengan latar belakang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), berbagai jurusan menawarkan peluang pekerjaan yang luas dan menjamin masa depan yang cerah.

Pada artikel kali ini, Sediksi akan membagikan ulasan tentang 10+ jurusan kuliah untuk anak IPS yang jamin masa depan. Selain itu, jurusan yang masuk kelompok Soshum ini juga bisa membuka pintu menuju karir yang lebih menjanjikan.

Jurusan Kuliah untuk Anak IPS

Hubungan Internasional

10+ Jurusan Kuliah untuk Anak IPS yang Jamin Masa Depan - businessman summer city with three women 1024x682 jpg
Freepik

Hubungan Internasional menjadi rekomendasi jurusan kuliah untuk anak IPS. Jurusan ini tidak hanya memberikan pemahaman mendalam tentang dinamika hubungan antarnegara, tetapi juga membuka peluang di berbagai sektor. Lulusan dapat bekerja dalam diplomasi, lembaga internasional, atau di perusahaan multinasional.

Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM)

Dalam era di mana manusia diakui sebagai aset terpenting, spesialis SDM sangat dicari. Lulusan jurusan ini dapat terlibat dalam rekrutmen, pelatihan, dan pengembangan sumber daya manusia di berbagai industri.

Hukum

Jurusan hukum membuka pintu menuju berbagai karir yang prestisius. Sebagai pengacara, konsultan hukum, atau peneliti hukum, lulusan dapat memainkan peran kunci dalam memahami dan mengaplikasikan aspek hukum dalam berbagai konteks.

Ekonomi

10+ Jurusan Kuliah untuk Anak IPS yang Jamin Masa Depan - peron doing presentation her colleagues 1 1024x682 jpg
Freepik

Pemahaman yang mendalam tentang ekonomi memberikan keunggulan kompetitif di pasar kerja. Lulusan dapat bekerja di sektor perbankan, keuangan, atau sebagai analis ekonomi yang membantu perusahaan membuat keputusan strategis.

Psikologi

Jurusan kuliah untuk anak IPS lainnya ada Psikologi. Dalam dunia yang semakin menyadari pentingnya kesehatan mental, lulusan psikologi memiliki peluang di berbagai sektor seperti kesehatan, pendidikan, dan bisnis. Mereka dapat bekerja sebagai konselor, psikoterapis, atau peneliti perilaku manusia.

Komunikasi

Kemampuan komunikasi yang kuat adalah keterampilan utama di berbagai industri. Lulusan jurusan komunikasi dapat bekerja di media, periklanan, humas, atau pemasaran, memainkan peran vital dalam menyampaikan pesan dengan efektif.

Pendidikan

10+ Jurusan Kuliah untuk Anak IPS yang Jamin Masa Depan - learning new information 953x1024 jpg
Freepik

Pendidikan bukan hanya tentang mengajar di kelas, tetapi juga mengelola dan mengembangkan sistem pendidikan. Lulusan dapat menjadi guru, administrator sekolah, atau terlibat dalam perancangan kurikulum.

Administrasi Publik

Dalam mengelola sumber daya publik, lulusan administrasi publik dapat berkontribusi di sektor pemerintah, lembaga nirlaba, atau organisasi swasta yang bekerja sama dengan pemerintah. Mereka berperan dalam merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi kebijakan publik.

Antropologi

Jurusan kuliah untuk anak IPS lainnya ada Antropologi. Jurusan ini mempelajari budaya dan masyarakat membuka pemahaman yang mendalam tentang keragaman manusia. Lulusan dapat bekerja sebagai peneliti, konsultan lintas budaya, kurator museum, dan sebagainya.

Sosiologi

Lulusan sosiologi dapat memainkan peran kunci dalam memahami dan mengatasi masalah sosial. Peluang karir melibatkan riset pasar, penelitian kebijakan, atau pekerjaan di organisasi nirlaba.

Jurnalisme

Di era informasi ini, jurnalis memiliki peran penting dalam menyampaikan berita yang akurat. Lulusan jurusan jurnalisme dapat bekerja sebagai reporter, editor, atau produser berita di media massa tradisional maupun digital.

Studi Pembangunan

Dalam menghadapi tantangan global, lulusan studi pembangunan dapat berkontribusi pada proyek-proyek pembangunan internasional, lembaga pengembangan, atau organisasi bantuan kemanusiaan.

Ilmu Politik

Lulusan ilmu politik memiliki pemahaman mendalam tentang sistem politik dan kebijakan. Peluang karir termasuk bekerja di pemerintahan, lembaga riset, atau sebagai analis politik untuk perusahaan swasta.

Geografi

Geografi menjadi jurusan kuliah untuk anak IPS yang sangat berpeluang dalam karir masa depan. Di tengah fenomena alam yang tak menentu, ilmu geografi dapat mengarahkan untuk memprediksi atau memperkirakan fenomena alam yang terjadi terutama di masa depan.

Dengan pemahaman tentang pola spasial di dunia, lulusan geografi dapat bekerja dalam pemetaan, penelitian lingkungan, atau perencanaan wilayah.

Ekonomi Pembangunan

Fokus pada ekonomi negara berkembang memberikan lulusan peluang untuk berkontribusi dalam proyek-proyek pembangunan internasional, lembaga keuangan internasional, atau organisasi bantuan.

Memilih jurusan kuliah adalah keputusan yang akan membentuk masa depan seseorang. Untuk anak IPS, 15 jurusan di atas menawarkan kombinasi antara minat pribadi dan peluang karir yang luas.

Dengan tekad dan dedikasi, setiap lulusan dapat membuka pintu menuju kesuksesan dalam berbagai industri yang relevan dengan keahlian dan pengetahuan.

Masa depan cerah mereka menanti, dan melalui pendidikan yang sesuai, mereka dapat membuktikan bahwa anak IPS memiliki peran penting dalam membangun dunia yang lebih baik.

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel