Kapan Sebaiknya Mengajukan Kenaikan Gaji?

Kapan Sebaiknya Mengajukan Kenaikan Gaji?

mengajukan naik gaji

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Gaji adalah motivasi utama karyawan dalam bekerja dan salah satu alasan yang membuat mereka bisa bertahan di perusahaan yang sama untuk waktu yang lama. 

Hal ini memungkinkan jika kebutuhan karyawan terus dipenuhi seperti kesejahteraan, naik jabatan, dan pastinya naik gaji. 

Memangnya, gimana sih caranya biar bisa naik gaji?

Setidaknya ada dua cara agar naik gaji. Pertama, perusahaan akan secara langsung menginformasikan kepada kalian atau memberikan penawaran nominal gaji baru untuk dinegosiasikan secara langsung.

Kedua, kalian sendiri yang mengajukan kenaikan gaji. Tapi kapan sebaiknya mengajukan kenaikan gaji? Simak selengkapnya di artikel berikut ini agar tidak sampai membuat kesalahan.

Pilih waktu yang dianjurkan untuk mengajukan kenaikan gaji

Pemilihan waktu akan sangat memengaruhi tingkat keberhasilan kalian dalam mengajukan kenaikan gaji. Jadi, berikut ini beberapa pilihan waktu yang dianjurkan untuk mengajukan kenaikan gaji. 

  1. Evaluasi kerja

Karyawan biasanya menjalani evaluasi kerja secara rutin dan di waktu inilah salah satu yang dianjurkan untuk mengajukan kenaikan gaji. Mengapa?

Karena di aktivitas ini, pencapaian dan kontribusi kalian sedang dievaluasi yang kemudian topiknya bisa kalian alihkan ke pembahasan tentang pengajuan kenaikan gaji.

Tentunya, pengajuan ini sebaiknya dilakukan jika hasil evaluasi menunjukkan kinerja kalian selalu di atas rata-rata selama beberapa waktu belakangan.

Sehingga ada nilai yang bisa dipertimbangkan oleh Human Resource Development (HRD) untuk menaikkan gaji kalian. 

  1. Setelah meraih pencapaian yang signifikan

Jika kalian baru saja meraih pencapaian yang signifikan seperti melebihi target yang sudah ditetapkan perusahaan. 

Kemudian menyelesaikan proyek besar dengan baik atau mampu menunjukkan keahlian khusus yang luar biasa, maka inilah salah satu waktu terbaik.

Mumpung pencapaian kalian masih anget dan diapresiasi oleh perusahaan, gunakan momentum ini untuk menambah nilai saat mengajukan kenaikan gaji.

  1. Ketika mengambil tanggung jawab tambahan

Dalam pekerjaan, terkadang atasan memberikan tanggung jawab tambahan selain yang sudah menjadi tanggung jawab sehari-hari. Tidak hanya tanggung jawab tambahan, tapi juga bisa jadi peran tambahan.

Dengan adanya tanggung jawab tambahan ini, seharusnya kalian juga bisa memanfaatkannya untuk mengajukan kenaikan gaji karena adanya tanggung jawab tambahan ini juga berarti meningkatkan beban kerja.

Dan di dunia, sudah sepatutnya beban kerja kalian secara keseluruhan digantikan dengan gaji yang sesuai.

  1. Mendapatkan hasil sertifikasi atau menguasai keahlian baru

Asal sertifikat dan keahlian baru kalian dibutuhkan oleh perusahaan, maka inilah waktu yang tepat untuk mengajukan kenaikan gaji. 

Semakin sedikit orang yang menguasai keahlian khusus yang dibutuhkan oleh perusahaan, semakin sedikit pula persaingannya.

Kalau kalian adalah salah satu yang menguasai keahlian langka tersebut, kemungkinan pengajuan kenaikan gaji kalian untuk diterima akan lebih besar.

Karena perusahaan sudah pasti akan mempertimbangkannya.

  1. Metrik kinerja perusahaan sedang positif

Kesuksesan perusahaan seharusnya menjadi kesuksesan kalian sebagai karyawan juga.

Jadi ketika perusahaan mencapai keberhasilan yang luar biasa seperti mengalami kenaikan keuntungan yang signifikan atau pencapaian lainnya, momentum ini bisa digunakan untuk mengajukan kenaikan gaji.

Terutama jika kontribusi kalian secara langsung telah memengaruhi metrik kinerja tersebut, dan alasan ini sangat bisa kalian gunakan.

  1. Meningkatnya gaji di industri yang kalian kerjakan

Tren gaji selalu berubah setiap beberapa waktu. Kalian bisa memeriksa kisaran gaji terbaru melalui situs-situs yang menyediakan informasi terkait gaji

Ketika kalian menemukan gaji di industri yang kalian kerjakan cenderung naik, informasi ini bisa kalian gunakan sebagai dasar saat mengajukan kenaikan gaji agar gaji kalian selaras dengan harga pasar.

  1. Setelah jangka waktu kerja yang signifikan

Jika kalian sudah bekerja di perusahaan tersebut untuk jangka waktu yang signifikan apalagi lama, sudah saatnya bagi kalian untuk berani mengajukan kenaikan gaji.

Gunakan alasan lama kerja beserta pencapaian kalian sebagai alasan untuk mengajukan hal ini.

  1. Ketika kalian menerima tawaran kerja

Jika kalian menerima tawaran kerja dari perusahaan lain dengan gaji yang lebih besar, bisa saja menggunakan alasan ini untuk negosiasi gaji kalian di perusahaan yang sekarang. 

Tentunya dengan harapan mereka bersedia menaikkan gaji kalian kalau dirasa kalian juga adalah karyawan yang berarti untuk perusahaan.

Meskipun dianjurkan, kalian tetap perlu berhati-hati jika ingin menerapkan strategi ini. 

  1. Sebelum perencanaan anggaran tahunan

Banyak organisasi perusahaan merencanakan anggaran untuk tahun selanjutnya lebih awal. 

Kalau kalian bisa tahu kapan pembahasan tentang anggaran akan dibahas, di waktu seperti inilah kalian bisa gunakan untuk mencoba mengajukan kenaikan gaji kepada atasan.

  1. Ketika kondisi ekonomi perusahaan sedang naik dan stabil

Ketika atmosfer perusahaan sedang positif karena kondisi ekonominya naik dan stabil, di saat seperti inilah yang bisa jadi waktu terbaik untuk mengajukan kenaikan gaji. 

Lingkungan kerja yang stabil seperti ini cenderung berisi orang-orang yang stabil juga. Sehingga ketika kalian mengajukan kenaikan gaji, sangat mungkin mereka akan merespon permintaan kalian dengan positif. 

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel