Daftar Lembaga Donatur Pendidikan Islam, Bantu Umat Belajar

Daftar Lembaga Donatur Pendidikan Islam, Bantu Umat Belajar

Lembaga Donatur Pendidikan Islam

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Tiap tahun, biaya pendidikan niscaya meningkat. Ini membuat banyak orangtua yang memiliki anak usia sekolah mesti mengetatkan ikat pinggang agar putra-putrinya bisa tetap bersekolah.

Beragam solusi sudah ditawarkan oleh pemerintah maupun lembaga lainnya untuk memberi peluang pendidikan untuk para penerus bangsa. Salah satu cara yang lazim digunakan ialah melalui pemberian beasiswa. Cara lain untuk memperoleh bantuan ialah dari lembaga donatur pendidikan Islam.

Ada banyak lembaga yang menyediakan anggaran untuk membantu jalannya pendidikan di negara ini. Mulai dari lembaga swasta maupun perusahaan hingga lembaga negara. Demikian halnya dengan lembaga donatur pendidikan Islam yang turut membantu meningkatkan kualitas pendidikan.

Mengingat Indonesia merupakan negara dengan penduduk mayoritas Muslim, tidak mengherankan jika banyak lembaga pendidikan Islam didirikan. Meski tidak terbatas pada lembaga pendidikan Islam, lembaga donatur pendidikan Islam juga menyalurkan bantuan khususnya untuk bidang pendidikan.

Berikut ini beberapa lembaga donatur pendidikan Islam yang ada di Indonesia.

Daftar Lembaga Donatur Pendidikan Islam di Indonesia

Agar pendidikan semakin terjangkau oleh semua kalangan, sangat diperlukan adanya bantuan dari lembaga donatur pendidikan Islam maupun lembaga lainnya. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Kementerian Agama Republik Indonesia

Kementerian Agama Republik Indonesia sebagai pemangku kebijakan umat Islam di Indonesia sudah sepatutnya ikut berperan sebagai lembaga donatur pendidikan Islam.

Belum lama ini, Kemenag menerbitkan kebijakan terkait kucuran bantuan dana terhadap lembaga pendidikan Islam dan atau organisasi pendidikan Islam.

Donasi ini dicairkan dengan cara penyeleksian yang ketat melalui pengajuan proposal. Proposal tersebut akan dinilai kredibilitas dan kompetensinya. Itu dilakukan untuk menyeleksi layak tidaknya menerima hibah dana Kemenag yang bernilai ratusan juta rupiah.

LAZISMU

Muhammadiyah adalah organisasi Islam yang didirikan oleh KH. Ahmad Dahlan, tokoh muslim yang juga pahlawan nasional Indonesia. Lembaga ini berkhidmat untuk memajukan pendidikan umat.

Salah satu program yang dipelopori oleh organisasi ini adalah pendirian sekolah dari tingkat pendidikan usia dini hingga universitas yang tersebar di seluruh Indonesia, dan cabang luar negeri.

Untuk membantu membantu umat yang terkendala dalam akses pendidikan, Muhammadiyah mendirikan lembaga donatur bernama LazisMU.

LazisMu merupakan lembaga pengelola zakat nasional milik organisasi Islam Muhammadiyah. Lembaga ini berfokus dalam pemberdayaan umat melalui pengelolaan zakat, infaq, wakaf dan shadaqah dengan manajemen yang modern dan profesional.

Selain membantu sarana dan prasarana pendidikan, LazisMU juga memberikan beasiswa bagi siswa tidak mampu dan orang-orang yang berhak menerima zakat.

NU Care-LAZISNU 

NU Care LazisNU merupakan lembaga bantuan sosial milik organisasi Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU). Organisasi ini didirikan oleh KH. Hasyim Asy’ari tokoh Islam yang juga pahlawan nasional Indonesia.

Lembaga ini fokus untuk mengelola dana umat terutama zakat, infak, wakaf dan shadaqah yang dikelola secara modern dan profesional. Dana yang terkumpul kemudian disalurkan kembali dalam program pemberdayaan umat salah satunya adalah pendidikan.

Selain membantu maupun mendirikan banyak lembaga pendidikan Islam dari tingkat usia dini sampai universitas, LazisNU juga menjembatani donasi dari para donator. Dana tersebut kemudian disalurkan dalam bentuk beasiswa bagi masyarakat tidak mampu dan pihak yang berhak mendapatkan zakat agar bisa mendapatkan haknya mengenyam pendidikan.

Yayasan Hadji Kalla

Yayasan Hadji Kalla turut berkhidmat dalam misi pendidikan umat khususnya di wilayah Sulawesi dengan fokus pada program pemberdayaan dan pendampingan bidang pendidikan.

Program pendidikan yang dijalankan antara lain: Beasiswa Kalla, Beasiswa Keluarga Kalla, Dana Pendidikan SIA Bone, PAUD Terakreditasi dan Mandiri, Sekolah Unggul, dan Parenting Islam.

Yayasan Hadji Kalla sudah menjalankan 5 program pada tahun 2023. Dari program tersebut, pihak yayasan memiliki harapan dapat menyentuh 20.000 penerima manfaat.

Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa merupakan lembaga donatur pendidikan Islam yang juga adalah sebuah lembaga kemanusiaan yang bergerak untuk pemberdayaan umat dan kemanusiaan. Dana donasinya berasal dari pengelolaan zakat, infak, sedekah dan wakaf (Ziswaf) serta donasi lain yang dikelola dengan sistem modern dan amanah.

Program pemberdayaan yang dilakukan Dompet Dhuafa antara lain program kesehatan, pendidikan, ekonomi, sosial serta dakwah dan budaya.

Selain memberikan bantuan sarana dan prasarana pendidikan, Dompet Dhuafa juga memberikan beasiswa bagi masyarakat tidak mampu.

Kitabisa

Kitabisa.com adalah wadah penggalangan dana dan donasi berbasis online terpercaya di Indonesia (platform donation-based crowdfunding). Kitabisa telah mewadahi lebih dari 1,5  juta transaksi donasi per bulan dan 100.000 lebih galang dana per bulan.

Cara mudah melakukan penggalangan dana untuk memperoleh donasi bagi lembaga pendidikan Islam melalui Kitabisa adalah berdonasi minimal Rp. 10.000,- untuk mendaftar sebagai anggota.

Kemudian lakukan penggalangan dana melalui Kitabisa. Berikan foto yang mendukung dan caption yang menarik para donatur. Share program donasi kita melalui media sosial dan orang-orang baik yang kita kenal.

Kunjungi website Kitabisa atau unduh aplikasinya melalui appstore di gawai yang kita miliki agar memperoleh informasi yang dibutuhkan.

Kini biaya pendidikan seharusnya sudah tidak menjadi alasan utama untuk tidak mendapatkan akses ke pendidikan tinggi. Banyak sekali lembaga donatur yang akan menggelontorkan donasinya untuk membantu siapa saja yang ingin menuntut ilmu.

Demikian penjelasan mengenai lembaga donatur pendidikan Islam di Indonesia yang mendarmabaktikan dirinya demi meningkatkan kecerdasan generasi muda bangsa.

Baca Juga
vara mengakhiri hubungan yang digantung
pertanyaan untuk gebetan agar tidak bosan
ucapan happy anniversary untuk pacar
cowok itu suka diapain
pertanyaan deep talk dengan pasangan
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel