Mata Terkuat di Naruto: Sharingan, Rinnegan, atau Byakugan?

Mata Terkuat di Naruto: Sharingan, Rinnegan, atau Byakugan?

Mata Terkuat di Naruto

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Dalam dunia Naruto, ada banyak jenis kekuatan dan teknik yang dimiliki oleh para ninja, salah satunya adalah kekuatan mata. Beberapa klan ada yang mengandalkan jutsu dari mata mereka, dan klan ini adalah beberapa diantaranya yang paling ditakuti atau disegani karena kemampuan mereka.

Diantaranya adalah klan Uchina dengan Sharingan mereka, klan Hyuga dengan Byakugan dan keturunan otsusuki dengan Rinnegannya. Lalu kira-kira mana mata terkuat di Naruto?

Jika dibandingkan memang Sharingan, Rinnegan, dan Byakugan memiliki kemampuan dan karakteristik yang berbeda-beda.

Sharingan adalah mata yang bisa meniru gerakan dan teknik lawan, serta mengendalikan pikiran dan ilusi. Rinnegan adalah mata yang bisa menguasai semua elemen chakra, serta memiliki enam kekuatan yang disebut Rikudo no Jutsu. Byakugan adalah mata yang bisa melihat segala sesuatu dengan jelas, termasuk titik-titik chakra dan sudut mati.

Nah, dalam artikel ini Sediksi akan membahas mata terkuat di Naruto, dan untuk menjawab pertanyaan ini, kita perlu membandingkan Sharingan, Rinnegan, dan Byakugan dari berbagai aspek, seperti asal-usul, evolusi, pengguna, dan kelemahan. Mari kita mulai!

Mata Terkuat di Naruto

Seperti yang telah dipaparkan di atas, untuk mengetahui mana mata terkuat di Naruto, maka kita perlu tahu dulu asal-usul dari ketiga mata ini, ini dia pembahasannya:

Asal-Usul Sharingan, Rinnegan dan Byakugan

Mata Terkuat di Naruto: Sharingan, Rinnegan, atau Byakugan? - Kaguya Otsusuki jpg
Image from Teahub

Sharingan, Rinnegan, dan Byakugan ternyata memiliki hubungan yang erat. Ketiganya berasal dari mata Kaguya Otsutsuki, nenek moyang semua ninja.

Kaguya adalah seorang alien yang datang ke bumi untuk mengambil chakra, sumber kekuatan para ninja. Dia memiliki mata yang disebut Rinne Sharingan, yang merupakan gabungan dari Sharingan dan Rinnegan.

Kaguya memiliki dua anak, Hagoromo dan Hamura, yang mewarisi kekuatan matanya. Hagoromo memiliki Rinnegan, sedangkan Hamura memiliki Byakugan.

Hagoromo kemudian memiliki dua anak lagi, Indra dan Ashura, yang mewarisi chakra dan mata ayahnya. Indra memiliki Sharingan, sedangkan Ashura tidak memiliki mata khusus.

Dari keturunan Indra dan Ashura, lahirlah klan Uchiha dan klan Senju, yang merupakan dua klan terkuat di dunia ninja. Klan Uchiha memiliki Sharingan, sedangkan klan Senju memiliki chakra yang kuat.

Dari klan Uchiha, ada beberapa orang yang bisa mengaktifkan Mangekyo Sharingan, bentuk evolusi dari Sharingan. Dari klan Senju, ada beberapa orang yang bisa menggabungkan chakra mereka dengan Sharingan, sehingga menghasilkan Rinnegan.

Dari klan Hamura, lahirlah klan Otsutsuki dan klan Hyuga, yang merupakan dua klan yang memiliki Byakugan. Klan Otsutsuki adalah klan yang berasal dari planet lain, yang terus mencari chakra di berbagai dunia.

Klan Hyuga adalah klan yang tinggal di desa Konoha, yang menjaga tradisi dan kehormatan mereka. Dari klan Hyuga, ada beberapa orang yang bisa mengaktifkan Tenseigan, bentuk evolusi dari Byakugan.

Evolusi dari Ketiga Mata

Pembahasan lebih lanjut tentang mata terkuat di Naruto adalah tentang evolusi dari ketiga mata ini, ada apa saja kekuatannya. Sharingan, Rinnegan, dan Byakugan memiliki kemampuan yang berbeda-beda tergantung pada tingkat evolusi mereka.

Sharingan memiliki tiga tahap evolusi, yaitu:

Mata Terkuat di Naruto: Sharingan, Rinnegan, atau Byakugan? - Mangekyo Sharingan 1 1024x576 jpg
Image from Rasenganimages
  • Sharingan biasa, yang memiliki satu sampai tiga tomoe (titik hitam) di setiap mata. Sharingan biasa bisa meniru gerakan dan teknik lawan, serta mengendalikan pikiran dan ilusi.
  • Mangekyo Sharingan, yang memiliki bentuk unik di setiap mata. Mangekyo Sharingan bisa mengeluarkan api hitam yang tidak bisa padam, memanipulasi ruang dan waktu, serta menciptakan dunia paralel. Namun, Mangekyo Sharingan juga memiliki efek samping, yaitu menyebabkan penggunanya buta secara perlahan.
  • Rinnegan, yang memiliki lingkaran ungu dengan sembilan tomoe di setiap mata. Rinnegan bisa menguasai semua elemen chakra, serta memiliki enam kekuatan yang disebut Rikudo no Jutsu. Ini adalah bentuk tertinggi dari Sharingan, yang hanya bisa dicapai dengan menggabungkan chakra Indra dan Ashura.

Rinnegan sendiri juga memiliki beberapa variasi, yaitu:

Mata Terkuat di Naruto: Sharingan, Rinnegan, atau Byakugan? - Rinnegan jpg
Image from Aminoapps
  • Rinnegan biasa, yang memiliki lingkaran ungu dengan sembilan tomoe di setiap mata. Rinnegan biasa bisa menguasai semua elemen chakra, serta memiliki enam kekuatan yang disebut Rikudo no Jutsu.
  • Rinne Sharingan, yang memiliki lingkaran merah dengan sembilan tomoe di setiap mata. Rinne Sharingan adalah mata asli Kaguya, yang bisa menciptakan dan menghancurkan dunia, serta mengendalikan semua makhluk hidup.
  • Fused Rinnegan, yang memiliki lingkaran ungu dengan sembilan tomoe di setiap mata, serta pola tambahan di sekitarnya. Fused Rinnegan adalah hasil penggabungan Rinnegan biasa dengan kekuatan lain, seperti chakra Juubi atau mata Otsutsuki. Fused Rinnegan memiliki kemampuan yang lebih kuat dari Rinnegan biasa, seperti mengendalikan bulan atau menciptakan kehidupan.

Byakugan juga memiliki dua tahap evolusi, yaitu:

Mata Terkuat di Naruto: Sharingan, Rinnegan, atau Byakugan? - Byakugan jpg
Image from Aminoapps
  • Byakugan biasa, yang memiliki mata putih tanpa pupil. Byakugan biasa bisa melihat segala sesuatu dengan jelas, termasuk titik-titik chakra dan sudut mati. Byakugan biasa juga bisa memperbesar dan memperkecil pandangan, serta menembus benda padat.
  • Tenseigan, yang memiliki mata biru dengan pupil. Tenseigan adalah bentuk tertinggi dari Byakugan, yang hanya bisa dicapai dengan menggabungkan mata Byakugan dengan chakra Otsutsuki. Tenseigan bisa menguasai gravitasi, serta memiliki kekuatan yang setara dengan Rinnegan.

Pengguna

Para pengguna mata terkuat di Naruto ini seperti Sharingan, Rinnegan, dan Byakugan memiliki pengguna yang berbeda-beda, tergantung pada faktor genetik, warisan, atau transplantasi. Berikut ini adalah beberapa pengguna terkenal dari ketiga mata tersebut:

  • Sharingan: Sasuke Uchiha, Itachi Uchiha, Madara Uchiha, Obito Uchiha, Kakashi Hatake, Danzo Shimura, dan lain-lain.
  • Rinnegan: Hagoromo Otsutsuki, Madara Uchiha, Sasuke Uchiha, Nagato Uzumaki, Obito Uchiha, Momoshiki Otsutsuki, dan lain-lain.
  • Byakugan: Hamura Otsutsuki, Hinata Hyuga, Neji Hyuga, Hanabi Hyuga, Toneri Otsutsuki, Boruto Uzumaki, dan lain-lain.

Kelemahan

Sharingan, Rinnegan, dan Byakugan memiliki kelemahan yang berbeda-beda, tergantung pada kondisi pengguna, lawan, atau lingkungan. Berikut ini adalah beberapa kelemahan dari ketiga mata tersebut:

  • Sharingan: Menguras banyak chakra, menyebabkan penglihatan menurun, mudah terpengaruh oleh genjutsu yang lebih kuat, dan bisa dicuri oleh orang lain.
  • Rinnegan: Menguras banyak chakra, membutuhkan konsentrasi tinggi, mudah terganggu oleh gangguan sensorik, dan bisa dicuri oleh orang lain.
  • Byakugan: Tidak bisa melihat chakra yang terlalu kecil atau terlalu besar, tidak bisa melihat warna chakra, tidak bisa melihat ilusi, dan bisa dicuri oleh orang lain.

Nah ini dia, lalu jadinya mata terkuat di Naruto punya siapa bang? Dari pembahasan di atas, kita bisa melihat bahwa Sharingan, Rinnegan, dan Byakugan memiliki kekuatan dan kelemahan yang berbeda-beda.

Tidak ada yang bisa dikatakan sebagai mata terkuat di Naruto, karena semuanya tergantung pada situasi, pengguna, dan lawan yang dihadapi. Namun, jika kita harus memilih satu di antaranya, maka kita bisa menggunakan beberapa kriteria, seperti:

  • Kemampuan: Rinnegan memiliki kemampuan yang paling beragam dan kuat, karena bisa menguasai semua elemen chakra, serta memiliki enam kekuatan yang disebut Rikudo no Jutsu. Rinnegan juga bisa berevolusi menjadi Rinne Sharingan atau Fused Rinnegan, yang memiliki kemampuan yang lebih hebat lagi.
  • Keterbatasan: Byakugan memiliki keterbatasan yang paling sedikit, karena tidak menguras banyak chakra, tidak membutuhkan konsentrasi tinggi, dan tidak menyebabkan penglihatan menurun. Byakugan juga bisa berevolusi menjadi Tenseigan, yang memiliki kemampuan yang setara dengan Rinnegan.
  • Ketersediaan: Sharingan memiliki ketersediaan yang paling banyak, karena bisa dimiliki oleh banyak orang, baik secara genetik, warisan, atau transplantasi. Sharingan juga bisa berevolusi menjadi Mangekyo Sharingan atau Rinnegan, yang memiliki kemampuan yang lebih unik dan langka.

Dengan menggunakan kriteria di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa Rinnegan adalah mata terkuat di Naruto, karena memiliki kemampuan yang paling beragam dan kuat, meskipun memiliki keterbatasan dan ketersediaan yang paling sedikit.

Demikianlah artikel tentang mata terkuat di Naruto. Semoga artikel ini bermanfaat dan menghibur kamu. Jika kamu suka dengan artikel ini, silakan bagikan ke teman-teman kamu yang juga suka Naruto. Jika kamu punya pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah.

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel