Profil Laufey, Penyanyi Jazz yang Sedang Naik Daun

Profil Laufey, Penyanyi Jazz yang Sedang Naik Daun

Profil Laufey

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Laufey membuat heboh warga negara Indonesia dengan kedatangannya di Java Jazz Festival pada 2 Juni 2023 silam. Antusiasme dari para penggemarnya terlihat ketika acara tersebut berlangsung. Ruang auditorium pun dibuat sesak oleh para fans Laufey.

Setelah kedatangannya pada Juni lalu, akun Instagram java jazz mulai memposting jajaran artis yang akan datang pada gelaran acaranya di tahun depan. Dan melihat ramai dan antusiasmenya kemarin, Laufey akan datang lagi ke Indonesia. Dan tentunya untuk acara yang akan datang, sudah dipersiapkan special show untuknya.

Nama Laufey begitu baru, namun dengan waktu yang cukup singkat ia mampu meraup fans yang begitu banyak.  Berikut ini sudah Sediksi rangkum profil Laufey, mari kita cari tahu siapa dia!

Profil Laufey

Profil Laufey, Penyanyi Jazz yang Sedang Naik Daun - Snapinsta.app 387742077 18390519979057648 1680646740429513837 n 1080 822x1024 jpg
Instagram/ laufey

Laufey Lín Jónsdóttir lahir di Islandia pada 23 April 1999. Ia merupakan seorang keturunan Cina-Islandia. Ia memiliki saudara kembar yang bernama Junia Lín Jónsdóttir. Ibunya adalah seorang pemain biola. Sedangkan kakek dari pihak ibunya adalah pengajar biola di Central Conservatory of Music di Cina. Laufey mulai belajar piano ketika Ia berumur 4 tahun, serta cello di usia 8 tahun. Pada usianya yang menginjak 15, Ia adalah salah satu finalis Iceland’s Got Talent di tahun 2014.

Tahun selanjutnya, Laufey mengikuti acara kontes The Voice Iceland dan berhasil menembus babak semi final. Pada saat itu, Ia merupakan kontestan termuda sepanjang sejarah acara kontes tersebut.

Berlatar pendidikan sekolah musiknya di Berklee College of Music, Ia memulai channel Youtube dan menyanyikan lagu-lagu lawas jazz standards. Kepiawaiannya dalam bermusik langsung menarik perhatian para penonton. Namun tidak hanya berhenti di Youtube, Laufey juga meningkatkan kehadiran onlinenya lewat platform Tiktok.

Menyasar target penonton anak muda,  dirinya tidak pernah sungkan untuk menjadikan dirinya meme dalam tiktok. Laufey terlihat seringkali men-stitch atau me-repost unggahan fans yang memparodikan lagu ataupun dirinya.

Hal inilah yang memunculkan interaksi yang hangat antar fans dan idolanya. Tidak malu dan malahan ikut senang membercandai dirinya sendiri, serta interaktif bersama para penggemarnya merupakan resep rahasia dari Laufey untuk mendapatkan kepopuleran yang begitu cepat. Single-nya yang berjudul From the Start, per September 2023 telah didengar sebanyak 118.723.974 pendengar di spotify.

Karier Musik Laufey

Profil Laufey, Penyanyi Jazz yang Sedang Naik Daun - Snapinsta.app 379465202 18386640937057648 1331767574580462540 n 1080 817x1024 jpg
Instagram/ laufey

Pada tanggal 6 April 2020, Ia mengeluarkan Single pertamanya yang berjudul Street by Street. Single-nya itu berhasil mencapai tingkat no.1 chart Icelandic Radio. Laufey mengeluarkan debut EPnya yang berjudul Typical of Me pada tahun 2021. Pada EP tersebut, sebagian besar lagu itu Ia tulis ketika berada di kamar kosnya. Laufey telah menelurkan dua album, yaitu Everything I Know About Love (2022).

Album ini menceritakan pengalaman personal Laufey mengenai perjuangannya dalam menghadapi masa dewasanya, dan bertumbuh besar. Selain itu, lagu-lagu dalam album ini juga berisikan nuansa seseorang yang sedang dilanda jatuh cinta. Kemudian Laufey mengeluarkan album keduanya yang bernama Bewitched (2023). Melanjutkan tema yang mirip pada album pertamanya, tema yang dibawa berkisar tentang cinta. Laufey mendeskripsikannya sebagai “album cinta, entah itu cinta terhadap teman, kekasih atau pada kehidupan”.

Album ini mendapat nominasi Grammy Award di kategori Vokal Pop Tradisional terbaik. Selain dua album itu, Laufey juga memiliki Live album yang berjudul A Night at the Symphony (2023). Laufey menyanyikan lagu-lagunya di album pertama serta beberapa lagu lawas jazz standards juga Ia bawakan. Merujuk pada latar belakang musik klasiknya, live album ini begitu spesial karena Ia menampilkan lagu-lagunya dengan orkestra. Berkolaborasi dengan Icelandic Symphony Orchestra, kesan megah dalam album ini begitu terasa. 

Meskipun Ia terpengaruh oleh musik-musik klasik sejak dini, secara gaya pada umumnya  Laufey mengadopsi musik jazz. Berkat koleksi rekaman ayahnya, Ia banyak terpengaruh dari penyanyi lawas Ella Fitzgerald dan Billie Holiday. Ia mengaku bahwa Ella Fitzgerald dan Chet Baker memberi sumbangsih yang besar atas pilihan artistiknya dalam bermusik.

Demikian sedikit kami rangkum profil Laufey. Apakah kamu salah satu penggemarnya? Setelah membaca profil Laufey, mungkin kamu tertarik untuk mendengar lagu-lagunya. Atau sesegera mungkin memesan tiket untuk tahun depan? 

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel