10 PTN Terbaik di Indonesia 2024, Rujukan untuk Calon Mahasiswa

10 PTN Terbaik di Indonesia 2024, Rujukan untuk Calon Mahasiswa

PTN Terbaik di Indonesia 2024

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Dalam situs resmi AppliedHE merilis daftar Perguruan Tinggi Terbaik se-ASEAN di awal tahun 2024. Dari 80 universitas yang ada di ASEAN, setidaknya 10 PTN terbaik di Indonesia 2024 ini bisa dijadikan rujukan bagi para calon mahasiswa yang akan mendaftar universitas negeri.

AppliedHE merupakan lembaga pemeringkatan terkemuka yang basisnya di Singapura. Penilaian pemeringkatan itu menyoroti kualitas pengajaran dan pembelajaran, penelitian, keterlibatan komunitas, reputasi internasional dan kelembagaan.

Inilah 10 PTN terbaik di Indonesia 2024 yang bisa dijadikan rujukan untuk para calon mahasiswa baik yang akan mengikuti pendaftaran SNBP, SNBT, atau Mandiri. Selain melihat perguruan tinggi negeri, pastikan jurusan yang kamu inginkan juga tersedia di beberapa perguruan tinggi tersebut.

PTN Terbaik di Indonesia 2024

Institut Pertanian Bogor (IPB)     

10 PTN Terbaik di Indonesia 2024, Rujukan untuk Calon Mahasiswa - Institut Pertanian Bogor Bogor 1024x576 jpeg
SHINE

Peringkat ASEAN: 3

Skor: 73,67

IPB terkenal karena keunggulannya dalam ilmu pertanian, kehutanan, dan ilmu-ilmu terkait. Program studi seperti Agribisnis, Teknologi Pangan, dan Agroteknologi menjadi andalan. IPB juga memiliki fasilitas penelitian dan laboratorium yang modern.

Universitas Indonesia (UI)

Peringkat ASEAN: 11

Skor: 68,07

UI adalah salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia dengan berbagai jurusan, termasuk Ilmu Komputer, Bisnis, Kedokteran, dan Teknik. Keunggulan UI terletak pada dosen berkualitas tinggi, kurikulum terkini, dan jaringan alumni yang kuat.

Bandung Institute of Technology (ITB)             

Peringkat ASEAN: 12

Skor: 67,24

ITB dikenal sebagai pusat keunggulan dalam ilmu teknik dan sains. Jurusan Teknik Elektro, Teknik Kimia, dan Teknik Informatika menjadi yang terbaik di negeri ini. ITB juga aktif dalam penelitian dan inovasi teknologi.

Universitas Gadjah Mada (UGM)     

10 PTN Terbaik di Indonesia 2024, Rujukan untuk Calon Mahasiswa - 05062116228496791669785068 webp
UGM

Peringkat ASEAN: 13

Skor: 67,23

Universitas Gadjah Mada (UGM) adalah salah satu PTN tertua dan terkemuka di Indonesia. UGM didirikan pada tahun 1946 dan memiliki motto “Sarjana Ilmuwan”. UGM memiliki visi menjadi universitas unggulan nasional dan internasional yang berkontribusi pada pembangunan bangsa melalui penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama internasional.

UGM memiliki reputasi yang kuat dalam bidang ilmu sosial, kedokteran, dan pertanian. Fakultas Psikologi, Fakultas Kedokteran, dan Fakultas Pertanian menjadi pilihan utama. UGM juga dikenal karena penelitian yang inovatif dan kemitraan industri.

Universitas Padjadjaran (UNPAD)  

Peringkat ASEAN: 15

Skor: 66,58

UNPAD terkenal dengan program studi di bidang hukum, ekonomi, dan kedokteran. Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi Bisnis menjadi yang terbaik di Indonesia. UNPAD juga memiliki kampus yang nyaman dan fasilitas modern.

Universitas Airlangga (UNAIR)

Peringkat ASEAN: 16

Skor: 66,46

UNAIR menonjol dalam bidang kesehatan dan ilmu biomedis. Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, dan Fakultas Kesehatan Masyarakat UNAIR dikenal secara nasional. UNAIR juga memiliki kerjasama internasional yang luas.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS Surabaya)      

10 PTN Terbaik di Indonesia 2024, Rujukan untuk Calon Mahasiswa - Gedung Fakultas Kedokteran dan Kesehatan FKK ITS yang siap menyediakan pembelajaran bagi para mahasiswa baru Kedokteran ITS 1024x579 jpeg
ITS

Peringkat ASEAN: 18   

Skor: 64,89

ITS terkenal dengan keunggulannya di bidang teknik dan ilmu komputer. Fakultas Teknik Elektro, Fakultas Teknik Mesin, dan Fakultas Teknik Informatika menjadi yang terbaik. ITS juga aktif dalam penelitian dan pengembangan teknologi.

Universitas Diponegoro (UNDIP)

Peringkat ASEAN: 22

Skor: 62,43

UNDIP unggul dalam ilmu-ilmu teknik dan ekonomi. Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, serta Fakultas Hukum menjadi pilihan populer. UNDIP juga menekankan pengembangan keterampilan dan etika profesional.

Universitas Brawijaya (UB)

Peringkat ASEAN:30

Skor: 59,38

UB menawarkan beragam program studi di bidang pertanian, teknik, dan ilmu sosial. Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik menjadi fokus utama. UB juga memiliki lingkungan kampus yang indah dan kondusif.

Universitas Sebelas Maret (UNS)   

Peringkat ASEAN: 32

Skor: 58,98

UNS menonjolkan diri dalam ilmu sosial, ekonomi, dan hukum. Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik menjadi pilihan favorit. UNS juga aktif dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat.

Dengan berbagai keunggulan di bidang masing-masing, 10 perguruan tinggi negeri ini menawarkan pengalaman pendidikan tinggi yang berkualitas.

Dosen berkualitas, fasilitas modern, dan kerjasama industri menjadikan mereka pilihan utama bagi calon mahasiswa yang ingin meraih masa depan yang cerah melalui pendidikan tinggi di Indonesia.

Itulah 10 PTN terbaik di Indonesia 2024 versi AppliedHE. Semoga bermanfaat untuk calon mahasiswa yang sedang mencari perguruan tinggi negeri!

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel