Sinopsis Film May December, Terinspirasi dari Kejadian Nyata

Sinopsis Film May December, Terinspirasi dari Kejadian Nyata

Sinopsis film May December

DAFTAR ISI

Sediksi.com – May December adalah film yang baru saja rilis pada 2023 silam. Film May December rilis pertama kali pada 20 Mei 2023 pada perhelatan Cannes Film Festival yang ke 76. Sebelum menonton, ada baiknya kamu membaca sinopsis film May December.

Film ini begitu hangat diperbincangkan karena inspirasinya yang berdasarkan dari kasus Mary Kay Letorneau, seorang wanita yang didakwa telah memperkosa seorang anak kecil berumur 12 tahun. Atas kasusnya tersebut, Mary dijatuhkan hukuman penjara selama 7 tahun.

Film May December disutradarai oleh Todd Haynes, yang telah menyutradarai berbagai film-film drama yang apik. Pada tahun 1995, Ia menyutradarai film Safe yang dibintangi oleh Julianne Moore. Dengan gaya film yang lamban dan mencekam, Haynes berhasil menggambarkan suasana yang tegang dan membuat penonton tidak nyaman. Gaya penyutradaraan tersebut juga akan terlihat dalam film May December.

Pemeran Film May December

Sinopsis Film May December, Terinspirasi dari Kejadian Nyata - AAAAQS KAQY0LRwxOukdiSNPDbANIvLhGnDxRNcm8aN3cY4xwPHZGkB5fdKXaZJwKaPF7XCR96Scief7WqvgLCv1AYfH4 JpC Y6FqX rQkGY2215SQo59VRkTeCtuZj14iW6K b8pyt 4zSAXTdSCe 8h3LYbI 1024x683 jpg
Netflix

Sebelum membahas sinopsis film May December cari tahu dulu pemerannya. Film ini diperankan oleh Julianne Moore. Setelah bermain di Safe (1995), Ia kembali bekerja sama dengan sang sutradara. Juliane Moore sebelum ini juga ikut membintangi film-film yang disutradarai oleh Haynes yaitu Velvet Goldmine (1998), I’m Not There (2007), serta Wonderstruck (2017). Performa dari Moore tidak perlu diragukan lagi karena sepanjang kariernya, Ia pernah mendapat 5 nominasi Oscar, dan memenangkan satu, serta 9 nominasi Golden Globe.

Selain itu, Natalie Portman juga menjadi pengisi lini pemain dalam May December. Aktris yang satu terkenal dengan film-filmnya yang bermacam rupa. Mulai dari masa kecilnya yang membintangi film aksi Leon: The Professional (1994), kemudian bergeser membintangi Star Wars Episode 1 (1999), hingga berperan menjadi seorang penari dalam Black Swan (2010). Portman telah memenangkan berbagai penghargaan seperti Aktris terbaik pada Oscar 2010, Aktris terbaik pada BAFTA Awards 2010, serta Aktris pemeran pembantu terbaik di Golden Globe 2004.

Dari inspirasi kasus yang begitu kontroversial serta film yang dibintangi oleh para pemain hebat, mari kita simak sinopsis film May December berikut ini!

Sinopsis Film May December

Sinopsis Film May December, Terinspirasi dari Kejadian Nyata - may december 092623 4 63b7abe290b44bcdac8e51e7db33f4c8 1024x683 jpg
People

Film ini bermula pada tahun 2015, ketika aktris Elizabeth Berry baru saja sampai di Savannah, Georgia, dan bertujuan untuk melakukan riset untuk peran di film terbarunya. Elizabeth akan memerankan Gracie Atherton-Yoo, yang mana pada tahun 1992, di umurnya yang ke 36, tertangkap sedang berhubungan seksual dengan seorang bocah berumur 13 tahun, Joe Yoo. Joe adalah teman sekolah dari anak Gracie, Georgie.  Atas perilakunya tersebut Gracie mendapat hukuman penjara dan Ia melahirkan anak Joe ketika hukuman tersebut sedang berlangsung.  23 tahun kemudian, Gracie menikahi Joe dan memiliki 3 anak: Honor, yang sedang berkuliah, dan saudara kembar Charlie dan Marie, yang sebentar lagi akan lulus SMA.

Elizabeth kemudian mewawancarai Gracie dan Joe tentang hubungan mereka, dan berusaha untuk meyakinkan mereka bahwa cerita akan digambarkan sejujur mungkin. Mengunjungi toko hewan di mana pasangan tersebut bertemu dan bekerja, Elizabeth melihat ruangan stok di mana Gracie dan Joe terpergok melakukan hubungan seksual dan merekonstruksi kejadian tersebut. Elizabeth juga berbicara dengan  Tom, suami pertama Gracie, dan anaknya Georgie, yang sekarang berprofesi sebagai musisi, serta pengacara yang membela Gracie.

Mereka menceritakan Gracie dengan versi yang berbeda –beda. Ada yang menggambarkan dia sebagai sesosok yang naif dan pasif, namun juga menunjukkan perilakunya yang menghancurkan dan tidak sehat. Setelahnya, Elizabeth akhirnya terus mendatangi acara-acara keluarga, sampai Ia turut ikut dalam acara wisuda si kembar.

Konflik mulai muncul ketika Elizabeth membawakan secarik kertas berisi surat yang Gracie Tulis kepada Joe di awal hubungan mereka. Setelah Joe membaca surat tersebut, Joe mulai mengkonfrontasi Gracie mengenai awal mereka berhubungan. Ia mulai bertanya-tanya pada Gracie apakah di saat itu Ia masih terlalu muda. Gracie ikut bersikeras bahwa pada saat itu Joe secara terus-menerus menggoda Gracie.

Atas pencapaian produksi yang cukup baik, May December mendapat 4 nominasi Golden Globe. Film ini juga masuk salah satu top 10 film di tahun 2023. Di website Rotten Tomatoes, May December mendapat rating sebesar 90% dari review kritikus yang berjumlah 275, dengan rata-rata nilai sebesar 7.5/10.

Demikianlah sinopsis film May December kami rangkum. Cerita yang begitu kontroversial dan menegangkan ini bisa menjadi tontonan yang menarik untuk memacu adrenalinmu. Setelah membaca sinopsis film May December, apakah kamu tertarik untuk menontonnya?

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel