Rekomendasi 5 Tempat Wisata di Blitar: Wisata Pilihan di Kota Patria

Rekomendasi 5 Tempat Wisata di Blitar: Wisata Pilihan di Kota Patria

Rekomendasi wisata di Blitar

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Sebelum membahas tempat wisata di Blitar, ada baiknya untuk mengetahui sedikit tentang kota ini. Kota Blitar merupakan kota kecil yang memiliki banyak situs sejarah dan keindahan alam.

Terdapat gunung berapi tertua di Jawa Timur yaitu Gunung Kelud yang juga berbatasan dengan Kediri, dan juga terdapat sebuah candi Hindu yang masih diakui oleh masyarakat setempat, yaitu Candi Penataran.

Kota ini juga merupakan tempat peristirahatan terakhir dari Bung Karno. Masyarakatnya amat bangga karena kota tercinta mereka memiliki tempat istimewa dalam sejarah Indonesia. Kota Patria yang punya makna ‘cinta tanah air’.

Menarik bukan untuk berlibur dan wisata di Blitar?

Dalam artikel ini akan saya berikan rekomendasi tempat wisata di Blitar yang wajib untuk dikunjungi jika kamu sedang mengunjungi ataupun berlibur di kota kecil ini.

Rekomendasi Tempat Wisata Di Blitar

Pantai Tambakrejo

Rekomendasi tempat wisata di Blitar yang pertama adalah Pantai yang terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Blitar yang memiliki panorama pantai yang memukau dengan pasir pantainya yang bersih, air laut yang jernih, dan ombak yang masih terbilang tenang.

Kamu dapat menikmati keindahan Pantai Tambak Rejo dengan berjalan-jalan di sepanjang pantai, bermain air laut di ombak yang tenang, atau hanya duduk santai sambil menikmati pemandangan indah pantai.

Di sekitar pantai, terdapat beberapa warung makan yang menyediakan hidangan seafood segar yang lezat, seperti kepiting, udang, ikan bakar, dan kerang.

Walau tempat ini bisa menjadi wisata favorit, tetapi hal yang menjadi catatan adalah usaha untuk menuju ketempat ini butuh kesabaran ekstra, karena insfratruktur jalannya yang masih belum memadai.

Makam Bung Karno

Biasanya sebuah obyek wisata terkenal dengan pemandangannya yang bagus, tempat bersantai yang menenangkan, ataupun tempat yang menyuguhkan banyak wahana seru-seruan. Kali ini adalah sebuah makam. Tepatnya makam dari presiden pertama Indonesia.

Tidak hanya terkenal sebagai tokoh proklamator dan presiden pertama Indonesia, Bung Karno juga dikenal sebagai seorang pecinta sejarah.

Salah satu tempat yang paling terkenal terkait dengan Bung Karno adalah makamnya di Blitar, Jawa Timur. Makam Bung Karno bukan hanya tempat peristirahatan terakhir sang proklamator, tetapi juga sebuah tempat bersejarah yang menarik untuk dikunjungi.

Setelah masuk dari pintu depan pengunjung langsung disuguhkan patung Bung Karno yang sangat mengesankan. Patung ini terbuat dari perunggu dan diukir dengan sangat detail, sehingga terlihat seperti Bung Karno yang sedang duduk dalam posisi berbicara.

Selain makamnya yang jadi titik utama yang ditandai dengan batu hitam besar sebagai nisannya. Pengunjung juga dapat menemukan Museum Bung Karno.

Museum ini menyimpan berbagai artefak yang terkait dengan kehidupan Bung Karno, termasuk berbagai benda pribadi seperti pakaian, peralatan, dan buku-buku. Di dalam museum, pengunjung juga dapat melihat berbagai foto yang menunjukkan kehidupan Bung Karno sejak kecil hingga menjadi seorang pemimpin bangsa.

Kampung Coklat

Apakah kamu pecinta coklat? Jika iya, Anda tidak boleh melewatkan tempat wisata di Blitar yang satu ini. Kampung Coklat amat terkenal sebagai tempat wisata yang memiliki berbagai macam olahan coklat lezat dan menarik.

Kampung coklat ini bertempat di Desa Plosorejo, Kademangan, Blitar. Tempat ini memiliki luas sekitar 3,5 hektar dan dikelilingi oleh perkebunan kakao seluas 10 hektar.

Di sini, pengunjung dapat menikmati suasana yang sejuk . Selain itu, Kampung Coklat menawarkan fasilitas hiburan dan aktivitas menarik seperti live music, terapi ikan sampai kegiatan membuat coklat, mengunjungi pabrik coklat, hingga berkeliling dengan kereta mini.

Jangan lupa mencicipi berbagai macam olahan coklat yang lezat yang ditawarkan di tempat ini. Ada banyak varian coklat yang dapat dipilih, mulai dari coklat batangan, coklat bubuk, hingga coklat praline.

Selain itu, ada juga aneka makanan ringan seperti brownies, cookies, dan cake yang juga dibuat dari coklat.

Salah satu olahan coklat yang menjadi favorit pengunjung adalah hot chocolate atau minuman coklat panas. Rasanya enak dan cocok dinikmati kapan saja, apalagi saat hujan.

Kamu bisa masuk ketempat ini dengan membayar harga tiket masuk sebesar Rp. 20.000, jam buka mulai dari jam 8 pagi sampai jam 6 sore.

Candi Penataran

Tempat lainnya yang wajib bisa kamu kunjungi adalah Candi Penataran. Alasan untuk mengunjungi tempat ini karena memiliki arsitektur yang indah dan menakjubkan. Setiap sudut dari bangunan ini penuh dengan ornamen dan hiasan batu yang sangat indah.

Candi Penataran merupakan candi yang dibangun pada abad ke-12 pada masa kerajaan Kediri. Candi ini awalnya bernama Candi Palah, namun kemudian diubah menjadi Candi Penataran karena diperkirakan digunakan sebagai tempat untuk meditasi atau perenungan.

Bangunan utama Candi Penataran memiliki tiga tingkat yang masing-masing tingkatnya didedikasikan untuk dewa Hindu.

Di bagian depan bangunan, terdapat patung-patung yang dipercaya sebagai penjaga bangunan. Setiap bagian bangunan utama dilengkapi dengan hiasan relief yang sangat detail, menggambarkan kisah-kisah epik dalam agama Hindu.

Mengunjungi Candi Penataran bukan hanya sekadar wisata sejarah, tetapi juga bisa menjadi pengalaman spiritual.

Candi ini memiliki nuansa yang sangat tenang dan damai, membuat kita merasa nyaman dan bisa menenangkan pikiran. Dengan mengunjungi Candi Penataran, kita juga bisa belajar tentang sejarah Indonesia dan mengapresiasi seni arsitektur Hindu-Jawa.

Dikarenakan Candi ini adalah tempat suci bagi agama hindu, sebagai pengunjung alangkah baiknya jika kita tetap menjaga tingkah laku dan mematuhi tata tertib yang berlaku di tempat tersebut.

Sumber Udel

Bagi pelancong yang suka dengan wisata air, sumber udel adalah jawaban teratas yang bisa saya rekomendasikan untukmu.

Jangan khawatir bagi keluarga yang berpergian dengan anaknya, di tempat ini juga disediakan kolam bagi anak tentunya ada wahana yang menambah keseruan bagi sang anak seperti wahana ember tumpah dan seluncuran.

Untuk orang dewasa bisa juga menikmati wahana yang disediakan di area kolam dewasa, seperti area kolam yang cukup luas dan perosotan setinggi 10 meteran dan dapat memacu adrenalin untuk menambah keseruanmu bermain air.

Bertempat di jalan Kali Brantas, Kelurahan Bendo, Kecamatan Kepanjen Kidul, Blitar ini bisa kamu akses dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 20.000.

Itu dia daftar rekomendasi tempat wisata di Blitar, semoga bermanfaat. Sekiranya kamu berminat untuk berlibur ke kota ini, jangan lupa masukkan tempat wisata di Blitar itu ke dalam daftar destinasi ya!

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel