6 Alasan Harus Melakukan Solo Travelling, Minimal Sekali Seumur Hidup!

6 Alasan Harus Melakukan Solo Travelling, Minimal Sekali Seumur Hidup!

alasan harus melakukan solo travelling

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Pernahkah kamu terpikir untuk melakukan solo traveling? Jika belum simak beberapa alasan harus melakukan solo travelling, minimal sekali seumur hidup!

Solo traveling adalah kegiatan berwisata sendirian tanpa teman, keluarga, atau pasangan. Solo traveling mungkin terdengar menakutkan, membosankan, atau menyedihkan bagi sebagian orang.

Namun, solo traveling juga memiliki banyak manfaat dan keuntungan yang bisa kamu rasakan. Solo traveling bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan, menantang, dan bermakna bagi kamu. Berikut adalah beberapa alasan mengapa kamu harus melakukan solo traveling:

Alasan Harus Melakukan Solo Travelling

Mengenal Diri Sendiri Lebih Baik

Solo traveling bisa membuat kamu lebih mengenal diri sendiri, karena kamu harus menghadapi berbagai situasi, tantangan, dan keputusan sendirian. Kamu bisa menemukan apa yang kamu sukai, apa yang kamu takutkan, apa yang kamu inginkan, dan apa yang kamu butuhkan. Kamu juga bisa belajar banyak hal baru, seperti bahasa, budaya, atau keterampilan. Solo traveling bisa meningkatkan rasa percaya diri, kemandirian, dan tanggung jawab kamu.

Menikmati Kebebasan dan Fleksibilitas.

6 Alasan Harus Melakukan Solo Travelling, Minimal Sekali Seumur Hidup! - pexels alex saquisilli 1697186
Pexels/ Alex Saquisilli

Solo traveling bisa membuat kamu menikmati kebebasan dan fleksibilitas dalam berwisata, karena kamu tidak terikat dengan jadwal, tujuan, atau keinginan orang lain. Kamu bisa memilih kapan, di mana, dan bagaimana kamu ingin berwisata. Kamu juga bisa mengubah rencana kamu sesuai dengan situasi dan kondisi. Kamu bisa mengeksplorasi tempat-tempat yang kamu minati, mencoba hal-hal yang kamu ingin lakukan, atau bersantai sepuasnya.

Membuat Teman-Teman Baru

Solo traveling bisa membuat kamu membuat teman-teman baru dari berbagai latar belakang, negara, atau budaya. Kamu bisa bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat, hobi, atau tujuan yang sama dengan kamu.

Kamu juga bisa berinteraksi dengan orang-orang lokal yang ramah, baik, dan informatif. Kamu bisa berbagi cerita, pengalaman, atau tips dengan mereka. Kabar baiknya lagi, kamu juga bisa mendapatkan bantuan, dukungan, atau teman seperjalanan dari mereka.

Belajar Mengatasi Tantangan Sendirian

6 Alasan Harus Melakukan Solo Travelling, Minimal Sekali Seumur Hidup! - pexels david bartus 610294
Pexels/ David Bartus

Alasan harus melakukan solo travelling yang kedua belajar mengatasi tantangan sendirian. Pada perjalanan solo pertama, kamu akan menghadapi berbagai situasi baru. Cara kamu bereaksi terhadapnya mungkin mengejutkan bahkan bagi dirimu sendiri.

Perjalanan solo sangat bagus untuk introspeksi dan kesadaran diri. Ini memungkinkan kamu untuk duduk dengan ketidaknyamanan dan kebahagiaan.

Berada sendirian di negara-negara yang belum pernah kamu kunjungi menguji dan menantang caramu berpikir tentang berbagai hal. Karena kamu bertanggung jawab atas jadwal, reaksi terhadap suatu situasi, dan pada gilirannya, kamu memperdalam pemahaman dan hubungan saya dengan diri sendiri.

Kemenangan Kecil dalam Perjalanan Menjadikannya Sepadan

Bahkan jika kamu yakin bahwa kamu lebih suka bepergian dengan orang lain, memikirkan hal-hal sendiri dalam perjalanan solo bisa menjadi tantangan yang menyenangkan. Merancang rencana perjalanan idealmu, merencanakannya, dan menavigasi wilayah yang belum dipetakan seperti menyelesaikan teka-teki gambar.

Ketika kamu menyelesaikannya, kamu dapat melihat ke belakang dan mengetahui bahwa kamu melakukan semuanya sendiri. Apa yang lebih memuaskan dari itu?

Kamu Bisa Menjalani Perjalanan Idealmu

6 Alasan Harus Melakukan Solo Travelling, Minimal Sekali Seumur Hidup! - pexels veerasak piyawatanakul 1143514
Pexels/ veerasak Piyawatanakul

Alasan harus melakukan solo travelling kamu bisa menjalani perjalanan idealmu. Tentu saja, tidak ada perjalanan yang sempurna. Penting untuk mengatur ekspektasimu sebelum liburan sehingga kamu tidak membayangkan sesuatu yang tidak mungkin tercapai.

Namun, saat kamu bepergian sendirian, kamu harus memutuskan ke mana dan kapan akan pergi, jenis aktivitas yang dilakukan, dan di mana tempat makan untuk makan malam. Itu berarti pengalamannya bisa sedekat mungkin dengan ideal.

Mungkin sulit menemukan teman yang sesuai dengan minat, suasana hati, dan jadwal, jadi jika kamu menginginkan perjalanan yang sesuai dengan keinginan, cobalah pergi sendiri!

Jika solo traveling adalah sesuatu yang telah pertimbangkan tetapi ragu untuk mencobanya, tidak ada waktu yang lebih baik daripada saat ini.

Kamu mungkin menemukan bahwa ini adalah metode perjalanan pilihanmu yang baru. Jadi mulailah meneliti dan merencanakan perjalanan ideal itu. Ke mana kamu akan pergi?

Itulah alasan harus melakukan solo travelling, mau mencobanya?

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel