5 Alasan Kenapa Orang Kaya Pakai Kartu Kredit Saat Belanja, Lebih Untung?

5 Alasan Kenapa Orang Kaya Pakai Kartu Kredit Saat Belanja, Lebih Untung?

Kenapa Orang Kaya Pakai Kartu Kredit

DAFTAR ISI

Sediksi – Ketika nonton film, sinetron, atau bahkan drakor mungkin kamu sudah tidak asing dengan karakter orang kaya yang menyodorkan kartu kredit untuk berbelanja. Biasanya mereka digambarkan sebagai orang yang berpenghasilan tinggi hingga anak konglomerat. Pertanyaannya, kenapa orang kaya pakai kartu kredit untuk belanja padahal uang mereka sangat banyak?

Kenapa memilih untuk hutang padahal penghasilannya pasti bisa melunasi biaya belanja itu? Kenapa tidak pakai kartu debit saja? Mungkin pertanyaan-pertanyaan ini sudah sering mampir di kepalamu. Namun, jawabannya bukan berarti mereka pelit atau sayang uang. Ini melainkan karena berbagai keuntungan yang didapatkan ketika membayar sesuatu menggunakan kartu kredit daripada kartu debit.

Jika kamu penasaran dengan apa saja keuntungan menggunakan kartu kredit, langsung baca artikel Sediksi di bawah ini dengan seksama!

Alasan Kenapa Orang Kaya Pakai Kartu Kredit

Penggunaan Kartu Kredit Sangat Praktis

5 Alasan Kenapa Orang Kaya Pakai Kartu Kredit Saat Belanja, Lebih Untung? - pexels karolina grabowska 5717944 1024x683 jpg

Seseorang yang sibuk dan mempunyai kekayaan banyak memanfaatkan fasilitas kartu kredit yang dianggap praktis. Memang kartu kredit mampu memberikan berbagai kemudahan karena bisa digunakan sebagai alat pembayaran untuk kapan saja dan di mana saja. Kartu ini juga bisa untuk membayar transaksi online maupun offline.

Adanya jumlah limit yang tidak sedikit sangatlah memudahkah berbagai transaksi keuangan. Selain itu, kartu kredit mempunyai jangkauan internasional sehingga memungkinkan pemiliknya bisa melakukan transaksi di berbagai belahan dunia. Ini sangat berguna bagi mereka yang sering bepergian dan membutuhkan kemudahan dalam melakukan transaksi keuangan selama perjalanan.

Jika dibandingkan dengan membawa uang tunai besar, kartu kredit adalah pilihan yang lebih mudah dan praktis. Kerennya lagi, pasangan suami istri juga bisa mempunyai dua kartu, yaitu utama dan tambahan dalam satu akun. Ini akan memudahkan mereka dalam mengatur pengeluaran dan membayar transaksi rutin setiap bulan.

Mengumpulkan Point Reward

Kenapa Orang Kaya Pakai Kartu Kredit
Pexels / Pixabay

Alasan orang kaya pakai kartu kredit selanjutnya adalah karena adanya poin reward. Ini diberikan berdasarkan jumlah transaksi kartu kredit dan bisa ditukar dengan produk atau layanan tertentu. Semakin besar transaksi, maka semakin banyak pula poin reward yang terkumpul. Pastinya keuntungan ini tidak bisa didapatkan ketika kamu bertransaksi dengan uang tunai.

Limit Belanja Bisa Dibatasi

Kenapa Orang Kaya Pakai Kartu Kredit
Pexels / Cottonbro Studio

Umumnya, orang kaya membuat perencanaan keuangan dengan cermat. Mereka juga pandai dalam mengelola setiap pengeluaran. Guna memastikan transaksi atau belanjaan mereka tidak lebih dari alokasi keuangan, maka limit belanja pada kartu kredit adalah salah satu solusi terbaik.

Terlebih beberapa bank atau lembaga keuangan memungkinkan pengguna bisa mengatur limit kartu kredit hanya melalui customer service atau platform online.

Transaksi Bisa Dilacak dengan Mudah

Kenapa Orang Kaya Pakai Kartu Kredit
Pexels / Cup of Couple

Tidak jauh dari alasan kenapa orang kaya pakai kartu kredit sebelumnya, mereka mempunyai kebiasaan mengatur keuangan dengan baik dan penggunaan kartu kredit mempermudah proses ini. Bank yang mengeluarkan kartu kredit secara rutin mengirimkan tagihan setiap bulan sehingga pelacakan transaksi keuangan menjadi lebih mudah.

Semua jenis transaksi, termasuk pembayaran tagihan rutin seperti listrik dan telepon bisa dengan mudah dipantau melalui tagihan kartu kredit ini. Melihat tagihan kartu kredit akan jauh lebih mudah jika dibandingkan kamu harus menyusun struk belanja satu per satu.

Bahkan beberapa bank telah menyediakan fasilitas laporan tahunan yang merinci pengeluaran sehingga memudahkan pengguna kartu untuk mengelompokkan setiap tagihan dan melaporkan perpajakan.

Lebih Aman Dibandingkan Kartu Debit dan Uang Tunai

5 Alasan Kenapa Orang Kaya Pakai Kartu Kredit Saat Belanja, Lebih Untung? - pexels pixabay 259027 1024x683 jpg

Orang kaya cenderung menggunakan kartu kredit karena faktor keamanan. Bertransaksi dengan kartu kredit dianggap lebih aman dibandingkan membawa sejumlah uang tunai saat berbelanja, terutama ketika bepergian. Membawa uang tunai mempunyai risiko besar, termasuk kerugian finansial dan risiko keselamatan.

Jika kartu kredit hilang, maka risiko kerugian terbatas pada batas kredit yang tertera di dalam kartu. Sementara itu, kartu debit memberikan akses langsung ke rekening atau saldo di dalamnya. Jika kartu debit hilang dan disalahgunakan, maka saldo yang terdiri dari tabungan hingga dana darurat bisa lenyap dengan cepat.

Jadi, kebanyakan orang kaya banyak menggunakan kartu kredit karena lebih aman dan memberikan fleksibilitas. Mereka biasanya membawa uang tunai hanya sebatas kebutuhan darurat saja.

Jadi, kamu pilih kartu kredit, debit, atau uang tunai saja nih?

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel