9 Aplikasi Buku Pelajaran Kuliah dengan Koleksi Lengkap

9 Aplikasi Buku Pelajaran Kuliah dengan Koleksi Lengkap

aplikasi buku pelajaran kuliah
Photo by Susan Q Yin/unsplash

DAFTAR ISI

Mahasiswa memang harus kreatif dalam mencari tambahan sumber bacaan untuk mendalami materi kuliah. Kegiatan ini bisa sangat terbantu dengan adanya aplikasi buku pelajaran kuliah. Sehingga, tidak perlu keluar rumah atau ke tempat khusus seperti perpustakaan umum.

Dengan mengandalkan aplikasi buku pelajaran kuliah, mahasiswa dengan mudah mendapatkan materi yang dibutuhkan. Bahkan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pengganti materinya alias gratis. Sayang sekali kalau sampai buku-buku literatur kuliah gratis tersebut tidak Anda gunakan untuk belajar.

Aplikasi Buku Pelajaran Kuliah

Aplikasi buku pelajaran kuliah seperti ini sekarang dapat dengan mudah diunduh pada perangkat handphone yang digunakan, sehingga lebih praktis dan mudah dibawa kemana-mana. Hal ini tentu saja sangat membantu ketika membutuhkan buku tertentu pada saat yang mendesak.

Beberapa aplikasi yang dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para mahasiswa tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

Gramedia Digital

Aplikasi yang pertama adalah Gramedia Digital yang merupakan aplikasi baca buku dari Indonesia. Pengguna dapat membeli secara online berbagai macam bacaan seperti buku-buku digital, majalah, hingga koran digital secara online.

Bahkan sebagaimana yang telah ditulis dalam situs resminya, Gramedia Digital ini sudah bekerjasama dengan TEMPO, MRA, Kompas Gramedia Group, dan lain-lain. Anda dapat membeli buku secara satuan, atau melakukan langganan dengan membuat akun pada program Gramedia Digital Premium Package.

iPusnas

iPusnas adalah aplikasi baca buku resmi yang dirilis oleh Pemerintah Indonesia. Aplikasi ini mempunyai konsep sebagai perpustakaan daring tempat meminjam buku dengan beberapa fitur sosial media. Dengan demikian, Anda dapat membaca dan membagikan informasi tentang buku yang dibaca kepada semua orang.

Mahasiswa juga dapat menemukan berbagai buku yang diperlukan untuk menambah pengetahuan mengenai materi kuliah yang sedang dipelajari. Sangat cocok untuk pelajar dan mahasiswa karena iPusnas tidak menarik biaya alias gratis.

iJakarta

Kemudian aplikasi buku pelajaran kuliah selanjutnya adalah Jakarta Digital Library atau iJakarta yang merupakan aplikasi baca buku dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Dengan menggunakan aplikasi ebook ini, Anda dapat meminjam berbagai buku selama 3 hari, 7 hari, hingga 30 hari.

Serupa dengan iPusnas, di iJakarta ini Anda juga akan mendapatkan berbagai fitur media sosial. Semua buku yang dipinjamkan pada iJakarta ini sifatnya adalah gratis. Anda dapat mengunduh aplikasi ini dari Play Store, App Store, atau Aplikasi di PC.

Google Play Books

Sesuai dengan namanya aplikasi ini merupakan besutan dari Google, yang dapat memungkinkan Anda untuk membaca berbagai macam buku. Termasuk juga membaca dan membeli buku kuliah yang diperlukan dengan cara yang lebih praktis.

Selain dapat digunakan untuk membaca buku, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mencari kata-kata dalam bahasa asing dan membuat highlight catatan dalam buku yang dimiliki. Anda juga dapat membagikan buku dengan semua orang tanpa harus membelinya berulang kali.

Aldiko

Aldiko merupakan salah satu alternatif aplikasi buku pelajaran kuliah lain yang dapat Anda coba. Dengan aplikasi ini, Anda dapat memasukkan seluruh file baik dari EPUB, PDF, hingga CBZ untuk dibaca. Anda juga dapat membaca ribuan buku dari Feedbooks yang diakses dan masukkan ke katalog pribadimu.

Libby, by Overdrive

Aplikasi Libby ini memungkinkan Anda untuk dapat meminjam berbagai macam ebook dan juga audiobook secara gratis dari perpustakaan lokal di daerah Anda. Semua dapat dilakukan dengan mengandalkan kartu perpustakaan yang Anda miliki.

Dengan desain antarmuka yang sederhana dan ramah pengguna, semua kalangan dapat menggunakannya dengan mudah. Aplikasi ini tersedia untuk iOS maupun Android, hingga bisa di-download melalui Play Store atau App Store.

Readera

Readera adalah salah satu aplikasi untuk membaca ebook yang cukup nyaman digunakan untuk Android. Karena menawarkan hampir semua tipe format ebook yang Anda miliki baik dari PDF, EPUB, Docs, dan lainnya.

Keunggulan dari aplikasi ini adalah ketika format buku yang ingin Anda baca DJVU, maka sistem akan langsung menyesuaikan peraturan format agar dapat dibaca nyaman. Sehingga tidak mengganggu konsentrasi membaca yang Anda butuhkan.

Apple Books/iBooks

Aplikasi ini sudah sangat familiar bagi pengguna iOS yang dahulunya bernama iBooks dan sekarang disebut Apple Books. Melalui aplikasi ini Anda dapat mencari buku pelajaran kuliah dan juga mendengarkan audio books selain membaca.

Scribd

Scribd ini termasuk sangat lengkap untuk mencari materi kuliah, karena mempunyai database yang sangat besar. Bahkan untuk ebooks Anda dapat melakukan akses dengan monthly subscription. Mulai dari ebooks, audiobooks, majalah, jurnal, hingga artikel semua dapat Anda baca di  Scribd.

Demikianlah 9 aplikasi buku pelajaran kuliah yang dapat Anda coba saat merasa kurang memahami materi. Dengan menggunakan aplikasi secara online Anda dapat mencari sebanyak mungkin sesuai yang dibutuhkan.

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 25 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut