Apple Umumkan iOS 18 di WWDC 2024, Banyak Fitur AI-nya!

Apple Umumkan iOS 18 di WWDC 2024, Banyak Fitur AI-nya!

Apple Umumkan iOS 18 di WWDC 2024, Banyak Fitur AI-nya!

DAFTAR ISI

Sediksi – Setelah tahun lalu beredar kabar tentang iOS 18 akan dilucurkan pada tahun ini, sepertinya kabar tersebut mulai menemui titik terang. kabarnya Apple akan mengumumkan kehadiran iOS 18 ini pada acara WWDC 2024 yang akan datang.

Apa saja fitur baru dan kecanggihannya dan kapan iOS 18 ini resmi dilucurkan kepada pengguna publik? Simak penjelasan yang sudah Sediksi rangkum dari berbagai sumber berikut ini.

Apple Umumkan iOS 18 di WWDC 2024

Apple Umumkan iOS 18 di WWDC 2024, Banyak Fitur AI-nya! - 1000017272 jpg
the US Sun

iOS 18 akan diumumkan oleh Apple di acara Worldwide Developers Conference (WWDC) pada bulan Juni 2024 mendatang. WWDC adalah acara tahunan yang digelar oleh Apple untuk memperkenalkan produk dan layanan terbarunya, khususnya yang berkaitan dengan pengembangan perangkat lunak. 

WWDC juga menjadi ajang bagi para pengembang teknologi, aplikasi dan media untuk berinteraksi langsung dengan tim Apple. Menurut laporan jurnalis Bloomberg Mark Gurman, iOS 18 yang dikenal dengan kode Crystal.

Pembaruan ini diprediksi akan menjadi pembaruan perangkat lunak terbesar dalam sejarah iPhone. “Saya diberi tahu bahwa sistem operasi baru ini dipandang oleh perusahaan sebagai salah satu pembaruan iOS terbesar dalam sejarah perusahaan,” kata Gurman.

Fitur baru iOS 18

Apa yang membuat iOS 18 begitu istimewa? Jawabannya adalah fokus pada AI, atau kecerdasan buatan. AI adalah teknologi yang mampu membuat mesin atau perangkat lunak berpikir dan bertindak seperti manusia. 

AI sudah banyak digunakan di berbagai bidang, seperti pendidikan, kesehatan, hiburan, dan lain-lain. Apple juga tidak mau ketinggalan dalam mengadopsi AI di produk dan layanannya. Gurman mengungkapkan beberapa fitur baru yang akan hadir di iOS 18 berkat AI, antara lain:

Siri yang lebih pintar

Siri akan ditenagai teknologi large language model (LLM). Dengan LLM, Siri bisa memahami bahasa manusia dengan lebih baik dan merespon dengan lebih alami. Siri juga bisa berinteraksi dengan aplikasi pihak ketiga dengan lebih mudah.

Integrasi AI di aplikasi Messages 

Dengan terintegrasi dengan AI, aplikasi Massages bisa menjawab pertanyaan dan melengkapi kalimat secara otomatis. Dengan AI, Messages bisa memberikan saran jawaban atau kalimat yang sesuai dengan konteks percakapan. 

Messages juga akan mendukung standar RCS, yang memungkinkan kamu untuk berbagi media beresolusi lebih tinggi, kirim pesan suara, indikator mengetik, berbagi lokasi, dan fitur-fitur canggih lainnya dengan pengguna Android.

Fitur AI baru untuk Apple Music

Dengan dukungan AI, Apple Music bisa menciptakan playlist secara otomatis. Apple Music bisa menyesuaikan playlist dengan selera dan suasana hati kamu. Apple Music juga bisa merekomendasikan lagu-lagu baru yang sesuai dengan preferensi kamu.

Integrasi AI generatif ke aplikasi iWork

Aplikasi iWork akan didukung AI termasuk Keynote dan Pages. Dengan AI, iWork bisa membantu kamu membuat konten yang lebih kreatif dan menarik. Misalnya, iWork bisa memberikan saran desain, gambar, dan lain-lain yang cocok dengan tema dan tujuan dokumen atau presentasi.

Fitur AI generatif di Xcode

Dengan fitur AI ini, memungkinkan developer membuat aplikasi baru dengan lebih cepat. AI generatif pada Xcode bisa menghasilkan kode yang optimal dan efisien dengan input minimal dari developer.

Xcode juga bisa menawarkan solusi untuk mengatasi bug atau error yang muncul saat pengembangan aplikasi.

Kapan iOS 18 diluncurkan?

Apple biasanya meluncurkan iOS versi baru bersamaan dengan iPhone generasi baru pada bulan September setiap tahunnya. Jadi, kamu bisa mengharapkan iOS 18 akan diluncurkan pada September 2024.

Namun, sebelum itu, biasanya Apple akan memberikan akses beta publik untuk iOS 18 pada Juli 2024, setelah WWDC. Beta publik adalah versi uji coba yang bisa diunduh dan dicoba oleh pengguna umum yang tertarik. 

Beta publik berguna untuk mengumpulkan feedback dan melaporkan masalah yang ada di iOS 18 sebelum diluncurkan secara resmi. Lantas, kapan iOS 18 akan diluncurkan? Tunggu saja pengumuman resmi dan kejutan-kejutan yang akan ditawarkan oleh Apple dengan iOS 18.

Baca Juga
Topik
notix-artikel-retargeting-pixel