3 Cara Menambahkan Lokasi pada Foto yang Sudah Ada, Sangat Mudah!

3 Cara Menambahkan Lokasi pada Foto yang Sudah Ada, Sangat Mudah!

3 Cara Menambahkan Lokasi pada Foto yang Sudah Ada, Sangat Mudah!

DAFTAR ISI

Sediksi – Pada saat menemukan momen menarik, kamu biasanya akan mengabadikannya dengan berfoto. Namun, dalam sebuah foto terkadang tidak memiliki timestamp dan tanda lokasi. Lalu bagaimana cara menambahkan lokasi pada foto yang sudah ada?

Mengambil sebuah foto merupakan salah satu cara untuk mengabadikan momen-momen berharga dalam hidup kamu. Namun, terkadang kamu lupa kapan foto tersebut diambil atau ingin menunjukkan tanggal dan waktu foto tersebut dan juga lokasi kepada orang lain.

Ternyata, kamu bisa menambahkan lokasi di foto yang sudah ada dengan beberapa cara. Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah penjelasan mengenai apa itu timestamp dan bagaimana cara menambahkan lokasi pada foto yang sudah ada?

Apa itu Timestamp?

Timestamp adalah istilah yang berasal dari bahasa Inggris yang berarti cap waktu. Timestamp biasanya digunakan untuk menandai suatu peristiwa atau data dengan informasi tentang tanggal dan waktu kejadian atau diambil hingga lokasi foto. Timestamp sering digunakan dalam bidang komputer, telekomunikasi, ilmu pengetahuan, hingga yang paling umum disematkan pada sebuah foto.

Dalam konteks fotografi, timestamp adalah informasi tentang tanggal dan waktu pengambilan foto yang ditampilkan di atas gambar foto itu sendiri. Timestamp bisa berupa angka, huruf, atau simbol yang menunjukkan tahun, bulan, hari, jam, menit, dan detik bahkan biasanya ada juga info mengenai lokasi foto tersebut.

Timestamp bisa ditampilkan di sudut kiri atas, kanan atas, kiri bawah, atau kanan bawah dari foto. Selain itu, timestamp juga bisa disesuaikan dengan ukuran, warna, font, dan gaya yang diinginkan.

Jika kamu sudah terlanjur mengambil foto tanpa ada timestamp, kamu bisa menambahkannya menggunakan beberapa cara di bawah ini.

Cara menambahkan lokasi pada foto yang sudah ada

3 Cara Menambahkan Lokasi pada Foto yang Sudah Ada, Sangat Mudah! - 1000005636
Unsplash/geojango maps

Ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menambahkan lokasi pada foto yang sudah ada. Salah satu cara yang paling mudah dan praktis adalah menggunakan aplikasi atau software yang khusus dibuat untuk tujuan ini.

Berikut ini adalah beberapa contoh aplikasi atau software yang bisa digunakan untuk menambahkan lokasi dengan menggunakan timestamp di foto yang sudah ada

Auto Stamper

Auto Stamper merupakan aplikasi yang tersedia untuk perangkat Android dan juga iOS. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk menambahkan timestamp di foto yang sudah ada dengan berbagai pilihan gaya, warna, ukuran, dan posisi. Aplikasi ini juga bisa menambahkan lokasi dan tanda tangan pada foto kamu.

TimeStamp Photo 

Kemudian ada aplikasi TimeStamp Photo. Aplikasi ini tersedia untuk perangkat iOS. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk menambahkan timestamp di foto yang sudah ada dengan berbagai pilihan format tanggal dan waktu, warna, ukuran, dan posisi. Aplikasi ini juga bisa menambahkan lokasi dan teks lain pada foto kamu.

Photo Stamp Remover

Berikutnya ada aplikasi Photo Stamp Remover. Software ini tersedia untuk komputer Windows. Dengan menggunakan software ini akan memungkinkan kamu untuk menambahkan timestamp di foto yang sudah ada dengan berbagai pilihan font, warna, ukuran, dan posisi.

Tidak hanya itu, sesuai dengan namanya, software ini juga bisa menghapus timestamp atau objek lain yang tidak diinginkan dari foto.

Untuk menggunakan aplikasi atau software tersebut, kamu hanya perlu mengunduh dan menginstalnya di perangkat yang kamu gunakan. Kemudian, kamu bisa membuka foto yang ingin ditambahkan timestamp dan mengatur pilihan-pilihan yang tersedia sesuai dengan keinginan kamu.

Setelah dirasa sesuai, kamu bisa menyimpan foto yang sudah ditambahkan timestamp dengan nama baru agar foto tidak tertukar atau menggantikan foto agar tidak tersimpan dua kali.

Sebenarnya, aplikasi untuk menambahkan timestamp sangat banyak dan sangat mudah untuk didapatkan. Di atas merupakan beberapa contoh aplikasi atau alat yang bisa kamu gunakan. 

Namun, jika kamu tidak ingin mengunduh dan memasang aplikasi tersebut di perangkat yang kamu gunakan, kamu bisa menambahkan timestamp melalui pengaturan yang biasanya ada pada kamera atau hp yang kamu gunakan untuk mengambil gambar. Jangan lupa untuk mengaturnya terlebih dahulu sebelum mengambil gambar agar timestamp dapat muncul pada foto.

Timestamp adalah salah satu cara untuk membuat foto kamu lebih informatif dan bermakna. Dengan timestamp, kamu bisa tahu kapan foto tersebut diambil dan membagikannya kepada orang lain dengan lebih mudah. 

Untuk menambahkan timestamp di foto yang sudah ada, kamu bisa menggunakan aplikasi atau software yang khusus dibuat untuk tujuan ini. Dengan begitu, kamu bisa menambahkan timestamp di foto yang sudah ada dengan mudah dan praktis. Kamu juga bisa menambahkan timestamp melalui pengaturan kamera.

Baca Juga
Topik
notix-artikel-retargeting-pixel