Arti Let Him Cook dalam Bahasa Gaul di Medsos, ‘Masak’ Apa Sih?

Arti Let Him Cook dalam Bahasa Gaul di Medsos, ‘Masak’ Apa Sih?

arti let him cook dalam bahasa gaul

DAFTAR ISI

Sediksi – Pernah dengar istilah ‘let him cook’ yang lagi ngehits di medsos? Istilah ini lagi ngetren banget, terutama di Twitter (sekarang X) dan TikTok, dan sering muncul di berbagai postingan dan kolom komentar.

Tahu nggak sih arti Let Him Cook dalam bahasa gaul yang populer di medsos? Apakah membiarkan seseorang memasak dalam pengertian sebenarnya? Tentu bukan! Pasalnya, ini let him cook adalah kiasan.

Nah, di artikel ini kita bakal ngobrol-ngobrol santai tentang makna dan konteks penggunaan ‘let him cook’.

Yuk, kita ‘masak’ sesuatu yang menarik dari istilah ini!

Asal-usul dan Arti Let Him Cook dalam Bahasa Gaul di Medsos

Siapa yang menyangka kalau istilah gaul yang satu ini punya riwayat dari dunia rap? Yup, ‘let him cook’ dipopulerkan oleh rapper Lil B sejak tahun 2010. Lil B sering menggunakan istilah ini di media sosialnya untuk menunjukkan kebebasan dalam berkarya, khususnya dalam membuat musik rap.

Lil B sering menyebut dirinya sebagai ‘master chef’, dan orang-orang berbakat lainnya, terutama rapper, sebagai ‘cooks’. Bahkan, Lil B menciptakan gerakan joget yang meniru seseorang sedang memasak, yang kemudian menjadi populer.

Namun, istilah ini tidak hanya terbatas di dunia rap. ‘Let him cook’ telah menyebar luas dan digunakan dalam berbagai konteks, baik secara serius maupun bercanda. Misalnya, ketika seseorang akan melakukan sesuatu yang bodoh atau gagal secara spektakuler, netizen sering berkomentar, ‘Hold up…let him cook’.

Jadi, sebenarnya ‘let him cook’ adalah ungkapan yang menghargai proses dan kebebasan seseorang dalam melakukan sesuatu.

Secara alamiah, kita bisa memahami bahwa let him cook artinya adalah ‘biarkan dia beraksi’. Jadi, bukan ‘memasak’ dalam pengertian sesungguhnya, tetapi ‘biarkan dia memasak’ merujuk pada beri seseorang kesempatan untuk menunjukkan kebolehannya saat melakukan sesuatu.

Let Him Cook Digunakan Pada Konteks Apa?

Arti Let Him Cook dalam Bahasa Gaul di Medsos, ‘Masak’ Apa Sih? - let him cook meme

Istilah “Let Him Cook” tuh sering banget dipake buat support temen atau orang yang lagi mau ngelakuin sesuatu dengan bebas dan penuh kepercayaan. Meski kadang-kadang cemas, tapi tak apa karena itu memang alamiah.

Kalo diartikan secara literal, sih, “biarin dia masak,” tapi sebenernya maksudnya lebih ke ngedukung dan percaya kalo orang itu bisa berhasil dalam hal yang lagi dia lakuin.

Jadi, kalo lagi denger istilah ini diucapin, berarti lagi ada semangat positif dan dukungan yang dikirim ke seseorang buat ngejar passion atau keahliannya. Makanya, ga heran kalo “Let Him Cook” makin populer di media sosial dan jadi bahasa gaul di kalangan kita, terutama anak muda!

Arti Let Him Cook dalam Bahasa Gaul di Medsos, ‘Masak’ Apa Sih? - lethimcook
knowyourmeme

Kita bisa memahami arti let him cook dalam bahasa gaul dengan gambaran berikut.

Bayangkan kamu sedang berada di restoran. Kamu memesan suatu makanan, dan yang bisa kamu lakukan adalah menunggu. Sang koki atau chef sedang memproses pesananmu.

Pada momen ini, secara harfiah kamu memang sedang ‘membiarkan dia memasak’. Selain karena itu memang tugasnya, sebagai pembeli kamu memeram ekspektasi pada makanan yang ia sajikan.

Let him cook dalam pengertian ini adalah ‘biarkan dia memasak’ dan kamu cukup menunggu apa yang ia sajikan.

Dalam konteks lain pun demikian. Intinya, biarkan seseorang berkreasi dan tugas kita adalah menunggu apa yang ia sajikan. Ibaratnya: Gausah bacot, nikmati saja hasil karyaku atau karya mereka.

Sederhana kan?

Variasi Penggunaan Let Him Cook

Arti Let Him Cook dalam Bahasa Gaul di Medsos, ‘Masak’ Apa Sih? - meme let him cook
knowyourmeme

Selain Let Him Cook, ada sejumlah frasa lain dengan konteks yang serupa dan punya maksud untuk memberi ruang pada seseorang untuk ‘memasak’. Intinya, biarkan seseorang melakukan hal-hal yang diinginkannya, dan kita menunggu hasilnya.

‘Memasak’ dalam pengertian ini punya makna yang sama dengan berkarya. Kita cukup menunggu mereka menyajikan sesuatu yang Istimewa.

Variasi Let Him Cook:

  • She/He is cooking (Dia sedang memasak)
  • Let them cook (Biarkan mereka memasak (digunakan ketika subyeknya jamak))
  • She/He cooks something (Dia sedang berkarya)

Contoh Penggunaan Let Him Cook dan Variasinya:

  • He is cooking pada meme Sanji (Juru masak kru Bajak Laut Topi Jerami) yang memang jago memasak. Dia memasak sesuatu untuk disajikan pada kru yang lain.
  • Boehly is cooking. Todd Boehly adalah pemilik Chelsea yang menemukan celah pada transfer pemain dan memperoleh keuntungan darinya. Boehly adalah seorang pebisnis dan akuntan profesional yang lihai memanfaatkan peluang.

Demikian penjelasan arti let him cook dalam bahasa gaul. Istilah ini adalah kiasan yang lazim digunakan untuk memberi ruang pada seseorang untuk berkarya. Tugas kita menunggu mereka menyajikan sesuatu yang mereka bikin dan menikmatinya.

Bagaimanapun hasilnya, berikan komentar belakangan dan tak perlu cawe-cawe proses mereka untuk berkarya.

Demikian pula, Sediksi ‘memasak’ artikel ini. Bagaimana, apa komentarmu?

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel