Awas Tertukar, Ini Arti Posisi Alat Makan dalam Table Manner

Awas Tertukar, Ini Arti Posisi Alat Makan dalam Table Manner

table-manners-and-dining-etiquette-1216971_hero_3329-8f2c67ff8b1740f8a4345f5dd38d08d5

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Jamuan resmi merupakan acara makan formal yang sering kali diadakan untuk tujuan tertentu, seperti pertemuan bisnis atau hubungan kerja. Dalam konteks ini, aturan table manner atau etika makan menjadi hal yang penting, termasuk cara menggunakan alat makan. Jangan sampai ketuker karena arti posisi alat makan dalam table manner juga akan mempengaruhi kesan menyantap hidangan bersama.

Di atas meja jamuan resmi, berbagai alat makan seperti sendok, garpu, pisau, piring, cangkir, dan gelas biasanya tersedia. Setiap jenis hidangan memerlukan penggunaan alat makan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pemahaman terhadap fungsionalitas masing-masing alat makan menjadi penting dalam menjaga kesopanan dan keberlanjutan acara jamuan resmi.

Nggak usah bingung, nggak usah galau, ulasan Sediksidi bawah ini akan membantumu pas makan di restoran fine dining untuk yang pertama kalinya!

Arti Posisi Alat Makan dalam Table Manner

Kita sering mendengar ‘posisi menentukan prestasi’, ternyata hal ini juga berlaku dalam table manner. Bukan dalam pengertian posisi duduk ya, tetapi posisi perangkat makan yang sedang digunakan.

Mari memahami arti posisi alat makan dalam table manner agar kita punya bayangan apa yang harus dilakukan dalam situasi yang ada. Pasalnya, setiap susunan memiliki arti yang berbeda. Tidak hanya di restoran, tetapi aturan ini juga secara umum berlaku di momen-momen makan formal.

Dalam hal ini, berbeda bisa dipahami untuk tamu maupun penyaji. Di mata tamu, posisi piring dan sendok tertentu mengisyaratkan apa yang kemudian harus dilakukan oleh penyaji. Demikian halnya dalam sudut pandang penyaji yang mesti memahami kode-kode dari para tamu.

Susunan Sendok, Garpu, dan Piring yang Tepat dalam Table Manner

Menurut informasi dari Fort Hays State University, mengikuti aturan table manner dapat menciptakan kesan yang baik dan sopan terhadap tuan rumah saat menghadiri jamuan resmi.

arti posisi alat makan dalam table manner
Adobe Stock

Dalam konsep makan santai atau kasual, alat makan utama yang digunakan adalah sendok dan garpu. Sebaliknya, pada konsep makan formal, terdapat variasi alat makan seperti pisau dan sendok kecil. Berikut adalah arti dari susunan sendok, garpu, dan piring dalam table manner secara umum.

Sebelum Makan

Sebelum memulai makan, letakkan sendok di sebelah kanan dan garpu di sebelah kiri dengan posisi di antara piring. Penempatan ini menandakan kesiapan untuk memulai makan.

Belum Selesai Makan

arti posisi alat makan dalam table manner
Gentleman’s Gazette

Jika belum menyelesaikan makanan tetapi ingin berhenti sejenak, letakkan sendok di sebelah kanan dan garpu di sebelah kiri membentuk segitiga di atas piring. Ini menunjukkan kondisi pause dalam makanan.

Siap Melanjutkan ke Hidangan Berikutnya

Setelah menyelesaikan hidangan pertama dan siap melanjutkan ke hidangan berikutnya, letakkan sendok secara horizontal di atas piring dan timpa dengan garpu secara vertikal hingga menyerupai tanda tambah.

Tidak Menyukai Makanan

Jika tidak menyukai makanan, susun sendok di posisi bawah dan tumpuk garpu secara menyilang ke atas.

Puas Dengan Makanan yang Disajikan

Jika menyukai makanan, letakkan sendok dan garpu secara horizontal dengan posisi garpu di bagian atas.

Senang Dengan Pelayanan dan Ingin Kembali Lagi

Jika senang dengan pelayanan dan ingin kembali, letakkan garpu ke arah bawah atau terbalik tepat di atas piring.

Tidak Menyukai Pelayanan

Jika tidak menyukai pelayanan, masukkan sendok ke dalam garpu dengan posisi sendok di sebelah kanan dan garpu di sebelah kiri, lalu letakkan di atas piring.

Sudah Selesai Makan

Jika sudah selesai mengonsumsi seluruh hidangan, letakkan sendok atau pisau di sebelah kanan dan garpu di sebelah kiri sejajar tepat di atas piring.

Tips Menggunakan Peralatan Makan di Table Manner yang Benar

Dikutip dari The Spruce, berikut ini beberapa tips cara menggunakan alat makan agar kamu tidak salah memilih saat menyantap hidangan.

arti posisi alat makan dalam table manner
Storeables

Ikuti Petunjuk Tuan Rumah

Jika merasa ragu, ikuti petunjuk tuan rumah. Meskipun demikian, tetaplah bersikap santai dan tersenyum jika tuan rumah sendiri melakukan kesalahan dalam menggunakan alat makan.

Pilih Alat Makan dari Bagian Paling Luar

Untuk jamuan resmi, pilih alat makan dari bagian paling luar terlebih dahulu. Sendok dan pisau untuk hidangan pembuka dan utama biasanya ditempatkan di sebelah kanan, sementara beberapa jenis garpu berjejer di sebelah kiri. Untuk hidangan penutup, pilih alat makan yang berada di bagian atas piring utama.

Menggunakan Teknik Makan Tertentu

Sup

Gunakan sendok berbentuk oval dan berukuran besar. Arahkan sendok ke mulut saat menyeruput tanpa suara dari tepi sendok. Hindari memiringkan mangkuk saat hampir habis, cukup letakkan sendok secara terbalik tepat di atas mangkuk.

Roti

Sobek potongan roti secara perlahan mengikuti ukuran satu gigitan. Tidak perlu menggunakan garpu untuk hidangan ringan seperti roti.

Steak

arti posisi alat makan dalam table manner
Executive Impact International

Pilih teknik memotong daging sesuai preferensi. Misalnya, ala Amerika Serikat dengan tangan kanan memegang pisau dan garpu di tangan kiri. Di Eropa, kamu bisa menyantap daging dengan tetap memegang pisau.

Minum

Untuk minum, letakkan seluruh peralatan makan yang dipegang, lalu minumlah dengan tangan kanan. Setelah itu, taruh gelas tepat di tepi piring kamu.

Ternyata ilmu table manner itu cukup kompleks, ya, Sodik? Salah satunya adalah arti posisi alat makan dalam table manner. Dengan memahami cara menggunakan alat makan ini, kamu dapat tampil lebih percaya diri dan menikmati jamuan resmi dengan lebih santai.

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel