Baekhyun EXO Dirikan Agensi Baru, Rekrut Chen dan Xiumin

Baekhyun EXO Dirikan Agensi Baru, Rekrut Chen dan Xiumin

Baekhyun EXO dirikan agensi baru

DAFTAR ISI

Sediksi.comBaekhyun EXO dirikan agensi baru, dan ia menjadi CEO di tempat tersebut. Agensi baru Baekhyun EXO sendiri bernama I&B100. Dalam pemberitaan media Korea, terungkap bahwa Baekhyun bukan hanya pemilik tetapi juga CEO I&B100. Dia telah berhasil mendaftarkan direktur internal perusahaan.

Seterlah, Baekhyun EXO dirikan agensi baru, ia juga dikabarkan merekrut dua rekannya yaitu Chen dan Xiumin. Seperti apa agensi baru Baekhyun EXO?

Chen dan Xiumin Dikabarkan Bergabung di Agensi Baekhyun

Baekhyun EXO Dirikan Agensi Baru, Rekrut Chen dan Xiumin - EXO CBX jpg
Soompi

Baekhyun EXO dirikan agensi baru, dikabarkan sudah ada sejak 23 Juni 2023. Hal itu menunjukkan Baekhyun mendirikan perusahaan sebelum memperbarui kontraknya dengan SM Entertainment pada bulan Agustus. Lebih lanjut, TenAsia mengabarkan bahwa Chen dan Xiumin, sesama anggota EXO, akan berkolaborasi dengan perusahaan Baekhyun.

Sebelumnya, Baekhyun telah mengungkapkan perannya sebagai direktur eksekutif di sebuah agensi bernama One Signature, sebuah usaha yang didirikan oleh dirinya dan Kasper, seorang koreografer terkenal dan temannya. SM Entertainment telah mengklarifikasi bahwa meskipun kontrak Baekhyun, Chen, dan Xiumin dengan perusahaan tetap berlaku, mereka memiliki fleksibilitas untuk terlibat dalam aktivitas individu di luar SM Entertainment.

“Kontrak eksklusif kami dengan ketiga anggota EXO tetap berlaku. Kami tidak dapat mengungkapkan ketentuan spesifik dari kesepakatan tersebut, namun kami telah memungkinkan ketiga anggota tersebut untuk melakukan aktivitas terpisah sesuai dengan kesepakatan yang dicapai dengan perusahaan,” ujar SM Entertainment.

Ada yang unik dari perusahaannya. Meskipun Baekhyun adalah bintang yang sangat sukses, dilaporkan bahwa ia mengambil pinjaman sebesar 13 miliar Won. untuk mendirikan I&B100. Baekhyun angkat bicara tentang masalah ini, dengan alasan mengapa dia memilih untuk mengambil pinjaman.

“Saya mengambil pinjaman karena janji yang saya buat pada diri saya sendiri. Saya mengeluarkannya dengan maksud bahwa saya tidak boleh mengabaikan operasional setelah mendirikan perusahaan saya sendiri, dan untuk selalu hidup dengan tekanan itu,” ujar Baekhyun.

Tentang Baekhyun EXO

Baekhyun EXO Dirikan Agensi Baru, Rekrut Chen dan Xiumin - 7ebdc41d9f2448e7b98694f6ff8cf44c jpeg
Soompi

Sebelum Baekhyun EXO dirikan agensi baru, ia dikenal sebagai artis Korea Selatan serba bisa. Baekhyun punya banyak bakat mulai dari penyanyi, penulis lagu, model, aktor, dan direktur kreatif.

Ditemukan oleh SM Entertainment pada tahun 2011, Baekhyun bergabung dengan EXO, menjadi anggota subunit EXO-CBX bersama Xiumin dan Chen pada tahun 2016. Sebagai solois, Baekhyun memulai debutnya pada 10 Juli 2019, dengan merilis album mini pertamanya, City Lights, yang menampilkan singel utama UN Village.

Pada bulan Oktober 2019, ia bergabung dengan grup SuperM, menjabat sebagai pemimpinnya, dan mereka memulai debutnya dengan EP self-titled pada tanggal 4 Oktober 2019. Pada tanggal 1 Juni 2023, Baekhyun, bersama dengan Xiumin dan Chen, memberi tahu SM Entertainment tentang keputusannya untuk mengakhiri kontrak eksklusif mereka.

D.O EXO Juga Buat Agensi Sendiri

Baekhyun EXO Dirikan Agensi Baru, Rekrut Chen dan Xiumin - 20240103081623 D.O. 2
Soompi

Sebelum Baekhyun, rekan satu grupnya, D.O juga telah membuat agensi sendiri. SM Entertainment, agensi D.O, mengatakan dalam pernyataan resmi pada tanggal 18, “Kontrak eksklusif dengan Do Kyung Soo akan berakhir pada awal November. Setelah berdiskusi dengan Do Kyung Soo, kami memutuskan untuk melanjutkan aktivitas sebagai EXO dengan SM, dan akting. Dan aktivitas pribadi akan ditangani secara mandiri oleh manajer dari perusahaan.”

Sementara itu D.O sendiri membuat agensi baru bersama managernya.

“Kami berencana untuk memperluas melalui perusahaan baru yang kami dirikan,” ujar D.O.

Penyanyi dan aktor tersebut telah menandatangani kontrak dengan agensi baru, Company Soosoo, yang didirikan oleh mantan manajernya.

Pada tanggal 20 November, Company Soosoo meluncurkan serangkaian foto profil D.O. untuk menandai awal barunya di bawah manajemen baru. Pada tanggal 3 Januari, OSEN melaporkan bahwa D.O. sedang bersiap untuk merilis album solo pada bulan Mei dan secara aktif menerima lagu dari berbagai komposer. Ini menandai proyek pertamanya tahun ini dan album debut di bawah agensi barunya, Company Soosoo, setelah kepergiannya dari agensi lamanya SM Entertainment.

“Memang benar bahwa dia saat ini sedang mempersiapkan album baru dengan tujuan untuk merilisnya pada paruh pertama tahun ini. Namun, belum ada rincian spesifik yang diselesaikan saat ini,” ujar agensinya.

Itu dia info mengenai Baekhyun EXO dirikan agensi baru. Semoga kariernya dapat berkembang terus!

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel