3 Calon Pj Gubernur Jawa Barat Pengganti Ridwan Kamil, Ini Profilnya

3 Calon Pj Gubernur Jawa Barat Pengganti Ridwan Kamil, Ini Profilnya

Calon PJ Gubernur Jabar

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Masa jabatan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil akan segera berakhir pada 5 September 2023 mendatang. Menuju akhir masa jabatannya itu, DRPD Jabar telah mengusulkan daftar nama calon PJ Gubernur Jawa Barat untuk nantinya menggantikan Ridwan Kamil.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Ketua DPRD Jabar Achmad Ru’yatdi terkait siapa saja daftar nama calon Pj Gubernur Jawa Barat. Ada beberapa usulan nama yang muncul terkait calon Pj gubernur Jabar pengganti Ridwan Kamil.

“Usulan dari hasil fraksi, dengan berbagai pertimbangan, maka terpilihlah tiga nama, yakni Asep Mulyana, Keri Lestari, dan Bey Triadi (Machmudin),” ungkapnya pada Rabu, (2/8).

DPRD Jabar sendiri sudah mengajukan nama-nama tersebut, kini tinggal menunggu usulan tiga calon lain Pj Jabar yang diajukan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Daftar nama calon Pj gubernur Jabar tersebut untuk seterusnya nanti diajukan dan dipilih oleh Presiden Joko Widodo untuk bisa menjabat hingga tahun 2024.

Dari ketiga nama calon Pj Gubernur Jabar tersebut sudahkah kamu mengenalnya? Jika belum, mari simak profil dari ketiganya berikut ini.

Daftar nama calon Pj Gubernur Jabar

Asep Mulyana

3 Calon Pj Gubernur Jawa Barat Pengganti Ridwan Kamil, Ini Profilnya - Jepretan Layar 2023 08 03 pukul 11.28.13
Tangkap layar jdih.lampungprov

Asep N. Mulyana lahir di Tasikmalaya pada 14 Agustus 1969. Ia menempuh pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Mataram pada 1994, lalu mendapatkan beasiswa di Universitas Diponegoro pada 2001 demi melanjutkan Program Magister Ilmu Hukum.

Gelar doktor Asep Mulyana dapatkan usai menamatkan S3 di Ilmu Hukum Universitas Padjajaran pada 2012.

Karirnya malang melintang di bidang hukum. Pertama, ia mulai berkarir di Kejaksaan sebagai staf Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI selama dua tahun, dimulai pada 1996.

Selama karirnya, ia pernah menempati posisi berbagai jabatan struktural di Kejaksaan Agung Kejaksaan Tinggi dan Kejaksaan Negeri.

Karirnya pun terus menanjak. Tahun 2011, ia Asep Mulyana menjabat Plt. Kepala Kejaksaan Negeri Sumber, Kepala Kejaksaan Negeri Stabat tahun 2012-2013, Kepala Bagian Sunprolapnil pada Sesjam Pidsus serta Kasubdit Tindak Pidana Khusus Lain di Direktorat Eksekusi dan Eksaminasi pada 2013-2014, dan beberapa jabatan lainnya.

Berkat karir dan pendidikan tingginya, Asep Mulyana sempat menduduki Kepala Kejaksaan Tinggi Banten taun 2020. Hingga, ia dilantik menjadi Direktur Jenderal Peraturan Perundang-undangan di Kementrian Hukum dan HAM RI di 23 Februari 2023 lalu.

Selain melaksanakan tugas-tugas struktural dan fungsionalnya, Asep Mulyana juga seorang penulis buku. Beberapa buku terbarunya seperti Mandat Konstitusional Jaksa Agung Muda Pidana Militer (2020), Hukum Pidana Militer Kontemporer (2020) dan Kejahatan Korporasi dan Bisnis (2021).

Keri Lestari

3 Calon Pj Gubernur Jawa Barat Pengganti Ridwan Kamil, Ini Profilnya - Jepretan Layar 2023 08 03 pukul 10.25.54
Instagram Keri Lestari

Nama berikutnya ada Keri Lestari. Perempuan yang saat ini menjabat Guru Besar Universitas Padjajaran itu, lahir di Bandung pada 27 Desember 1963.

Ia memulai pendidikan tingginya bergelar sarjana di Universitas Padjajaran juruan Farmasi pada 1988. Lalu gelar magister di Institut Teknologi Bandung jurusan Farkmakologi tahun 1998. Di jenjang doktoral ia tempuh di Universitas Padjajaran dan Universitas Yonsei jurusan Kimia dan Farmasi tahun 2006.

Pengalaman kerjanya di pendidikan seperti mengajar bidang Biokimia Kliki, Farmasi Klik, Nutraseutical, Informasi Obat dan Konseling.

Ia juga dipercaya mengembang sejumlah jabatan di Universitas Padjajaran di antaranya, Wkoordinator Sekretaris Rektor/Ketua Protokoler tahun 2008-2010, Wakil Dekan Bidang Akademik, Fakultas Farmasi tahun 2010-2014, Dekan Fakultas Farmasi tahun 2014-2015 dan Wakil Rektor Bidang Riset, Pengabdian pada Masyarakat, Kerjasama, Inovasi dan Koorporasi Akademik 2015-2020.

Bey Triadi

3 Calon Pj Gubernur Jawa Barat Pengganti Ridwan Kamil, Ini Profilnya - Jepretan Layar 2023 08 03 pukul 11.37.23
Tangkap layar niaga.asia

Bey Triadi Machmudin lahir di Cirebon, Jabar pada 15 April 1970. Ia kerap disapa dengan panggilan Mas Bey.

Mas Bey menempuh pendidikan tinggi S1 di Fakultas Ekonomi UNIKA Parahyangan dan S2 Magister Teknik di ITB.

Karirnya sejak awal sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS). Diantaranya, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, juga pernah menjabat Kepala Biro Pers Istana tahun 2015.

Ia kemudian dilantik sebagai Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno pada 20 Januari 2021 lalu.

Itulah daftar nama calon Pj Gubernur Jawa Barat. Siapa yang akan segera gantikan Ridwan Kamil?

Baca Juga
Dokumen untuk Syarat Daftar CPNS 2024
Cara Cek Jurusan dan Formasi CPNS 2024
Abdul Majeed/AFP
Jadwal Cair Kenaikan Gaji PNS 2024
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel