3 Cara Melacak HP dengan Email, Ternyata Gampang!

3 Cara Melacak HP dengan Email, Ternyata Gampang!

3 Cara Melacak HP dengan Email, Ternyata Gampang!

DAFTAR ISI

Sediksi – HP yang hilang tentu akan membuatmu cemas dan tentu sangat merugikan. Hal ini disebabkan karena banyaknya data penting atau rahasia yang tersimpan disana. Di era teknologi yang semakin canggih ini, kamu memiliki banyak alat untuk membantu melacak HP kamu yang hilang. Salah satunya adalah cara melacak HP dengan email.

Cara melacak HP dengan email ini wajib kamu ketahui agar kamu bisa menemukan kembali HP milikmu yang hilang. Untuk membantu kamu, berikut ini telah Sediksi berikan beberapa cara melacak HP dengan email yang mungkin bisa kamu coba jika mengalami masalah tersebut.

Cara melacak HP dengan email

3 Cara Melacak HP dengan Email, Ternyata Gampang! - 1000021640 1024x576 jpg
unsplash/desola lanre-ologun

Menggunakan riwayat lokasi google maps

Cara melacak HP dengan email yang pertama bisa kamu lakukan dengan menggunakan riwayat lokasi di google maps. Saat HP yang kamu gunakan hilang, langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah memeriksa riwayat lokasi Google Maps

Google Maps memiliki fitur yang memungkinkan kamu melacak lokasi HP yang kamu gunakan dengan akurat berdasarkan riwayat lokasi yang tersimpan. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa kamu ikuti jika kamu ingin menggunakan cara melacak HP dengan email yang satu ini:

  • Pertama, pastikan kamu masuk ke akun Google yang terhubung dengan perangkat yang kamu gunakan.
  • Kemudian, buka Google Maps di perangkat lain atau komputer kamu.
  • Selanjutnya, klik ikon menu di sudut kiri atas dan pilih opsi Riwayat Lokasi. Di sini, kamu akan dapat melihat jejak perangkat kamu dalam beberapa hari terakhir.
  • Jika perangkat kamu masih aktif dan terhubung ke internet, maka kamu dapat melihat lokasi terkini.

Metode yang satu ini akan sangat bermanfaat jika perangkat yang kamu gunakan hilang dalam waktu yang relatif baru. Namun, jika perangkat kamu mati atau tidak terhubung ke internet, kamu mungkin perlu mencoba metode lain.

Menggunakan Fitur Find My Phone

Cara melacak HP dengan email berikutnya adalah menggunakan fitur Find My Phone. Fitur ini merupakan salah satu fitur berguna jika HP kamu hilang. Fitur ini memungkinkan kamu melacak HP kamu secara langsung melalui browser web atau aplikasi khusus yang terhubung dengan akun email kamu.

Untuk perangkat Android, kamu dapat menggunakan fitur Find My Device yang terintegrasi dengan akun Google kamu. Cukup buka situs web Find My Device di browser web kamu dan masuk dengan akun Google yang sama yang digunakan pada HP kamu.

Setelah itu, kamu akan dapat melihat lokasi terkini perangkat kamu di peta, serta opsi untuk mengunci perangkat, mengirim pesan kepada orang yang menemukan HP kamu, atau bahkan menghapus data HP kamu jika diperlukan.

Menggunakan google Android Device Manager

Cara melacak HP dengan email yang terakhir dan bisa kamu coba lakukan adalah menggunakan Google Android Device Manager. Jika ingin menggunakannya, kamu dapat mengaksesnya melalui browser web dengan masuk ke akun Google yang sama yang digunakan pada perangkat yang hilang.

Sama seperti fitur Find My Device, kamu dapat melihat lokasi perangkat kamu secara langsung di peta. Selain itu, kamu juga dapat mengunci perangkat kamu secara jarak jauh, memberikan pesan kepada penemu perangkat kamu, atau menghapus data perangkat untuk melindungi informasi pribadi kamu.

Itulah beberapa cara melacak HP dengan email yang bisa kamu lakukan dengan sangat mudah. Beberapa cara  HP dengan email di atas bisa kamu jadikan upaya pertama untuk menemukan lokasi perangkat kamu. 

Kehilangan sebuah HP bisa menjadi pengalaman yang menegangkan sekaligus merugikan, tetapi dengan bantuan teknologi dan fitur pelacak perangkat, kamu memiliki kesempatan yang lebih besar untuk menemukan kembali perangkat kamu lagi.

Dari menggunakan riwayat lokasi Google Maps hingga fitur Find My Phone, kamu memiliki banyak opsi untuk melacak HP kamu dengan cepat dan mudah. Cara ini sekaligus bisa mempersempit peluang seseorang untuk kabur karena lokasinya akan ketahuan.

Meskipun kamu sudah mengetahui bagaimana cara melacak HP dengan email, kamu harus selalu ingat untuk tetap menjaga perangkat yang kamu gunakan entah HP, tablet, atau laptop agar tidak dicuri atau bahkan tertinggal di tempat umum yang berpotensi hilang.

Baca Juga
Topik
notix-artikel-retargeting-pixel