5 Cara Memaksimalkan Kamera HP, Hasil Foto Semakin Keren!

5 Cara Memaksimalkan Kamera HP, Hasil Foto Semakin Keren!

5 Cara Memaksimalkan Kamera HP, Hasil Foto Semakin Keren!

DAFTAR ISI

Sediksi – Seringkali momen-momen yang sangat penting buat kamu tidak terabadikan dengan baik dan sempurna akibat kamera hp yang kamu gunakan tidak maksimal. Entah hasil foto menjadi buram, sisi kiri dan juga kanan tidak simetris, atau bahwa warna yang dihasilkan kurang sempurna. Jika itu terjadi pada kamu, kamu perlu mengetahui cara memaksimalkan kamera hp berikut ini.

Dengan cara memaksimalkan kamera hp berikut ini, kamu bisa meningkatkan karya foto yang kamu hasilkan. Ada banyak faktor yang wajib kamu perhatikan. Dalam sebuah foto, kamu perlu memperhatikan warna, posisi objek dan lain sebagainya.

Untuk mempermudah kamu dalam memaksimalkan kamera hp, berikut ini telah Sediksi berikan beberapa cara memaksimalkan kamera hp yang bisa kamu lakukan dari berbagai sumber.

Cara memaksimalkan kamera hp

5 Cara Memaksimalkan Kamera HP, Hasil Foto Semakin Keren! - 1000021035 1024x576 jpg
unsplash/artem maltsev

Gunakan kontrol manual

Cara memaksimalkan kamera hp yang pertama adalah menggunakan kontrol manual. Di kebanyakan hp terbaru, terdapat fitur kontrol kamera manual. Dengan menggunakan kontrol manual ini, kamu bisa mengatur semua yang dibutuhkan untuk menghasilkan foto jernih.

Berikut ini adalah beberapa kontrol manual yang bisa kamu lakukan dan wajib kamu perhatikan sebelum mengambil sebuah foto, apalagi saat ingin mengambil foto di momen penting:

  • White balance: Kamu wajib menyesuaikan white balance dengan kondisi cahaya di sekitar kamu. White balance ini berfungsi untuk memastikan bahwa warna putih tampak benar-benar putih dalam foto yang kamu hasilkan.
  • Aperture: Aperture berperan penting dalam foto yang kamu hasilkan. Fitur inilah yang mengatur agar fokus objek lebih tajam. Semakin  lebar diafragma terbuka, maka akan semakin banyak cahaya yang masuk. Sehingga mampu menghasilkan gambar dengan cahaya yang cukup.
  • Efek bokeh: Untuk menghasilkan foto yang indah, kamu dapat memanfaatkan efek bokeh ini. Gunakan efek ini untuk mengaburkan latar belakang dan membuat objek utama lebih menonjol.
  • HDR: Fitur yang juga bisa kamu perhatikan adalah fitur HDR. Dengan mengaktifkan fitur ini, kamu dapat menghasilkan foto dengan kontras yang baik.
  • Shutter speed: Shutter speed menjadi hal yang sangat penting untuk kamu perhatikan. Kamu dapat menyesuaikan dengan kondisi pencahayaan dimana tempat kamu mengambil foto.
  • ISO: Fitur ISO ini dapat kamu sesuaikan agar foto yang kamu hasilkan tidak terlalu berisik atau noise.
  • Exposure: Fitur ini akan menyesuaikan cahaya yang masuk pada sensor kamera hp kamu. Kamu dapat menyesuaikan dengan kondisi pencahayaan di tempat tersebut.
  • Format RAW: Kamu dapat menggunakan format ini untuk hasil foto yang lebih baik. Akan tetapi, tidak semua kamera hp memiliki format ini.

Nyalakan grid

Cara memaksimalkan kamera hp berikutnya adalah mengaktifkan fitur grid. Fitur ini akan membantu kamu dalam memperhitungkan komposisi foto. Terapkan prinsip rule of thirds dengan memposisikan objek utama pada garis-garis grid yang ada. Dengan begitu, foto yang akan kamu menghasilkan akan lebih seimbang dan menarik.

Gunakan lensa tambahan

Cara memaksimalkan kamera hp selanjutnya adalah menggunakan lensa tambahan. Lensa tambahan dapat menjadi pilihan kamu jika kamu merasa kurang puas dengan resolusi lensa bawaan, kita bisa mencari lensa tambahan yang berkualitas di pasaran saat ini.

Ada beberapa lensa tambahan yang bisa kamu temui di pasaran dan juga bisa kamu gunakan adalah lensa fisheye, wide-angle, atau macro. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan foto yang lebih bagus dan  memberikan variasi dan hasil foto yang lebih optimal.

Hindari zoom digital

Cara memaksimalkan kamera hp yang satu ini jarang sekali diperhatikan oleh sebagian orang. Zoom digital hanya memperbesar gambar secara digital, hal tersebut jelas akan mengorbankan kualitas foto yang kamu hasilkan. 

Pasalnya, jika kamu menggunakan zoom digital ini foto yang kamu hasilkan akan terpotong (crop). Namun, jika kamu ingin memotret objek dengan jarak dekat, alangkah lebih baiknya mendekati objek secara fisik atau menggunakan lensa tambahan jika memang diperlukan.

Bersihkan lensa kamera

Cara memaksimalkan kamera hp yang terakhir adalah dengan cara membersihkan lensa kamera hp yang kamu gunakan. Semua cara di atas tidak akan berguna jika lensa kamu kotor atau berminyak. Kamu wajib membersihkannya terlebih dahulu.

Kamu dapat membersihkan lensa kamera hp kamu dengan menggunakan kain yang lembut agar tidak merusak lapisan pelindung kamera hp kamu.

Itulah beberapa cara memaksimalkan kamera hp yang bisa kamu lakukan dengan sangat mudah.  Dengan mengikuti cara memaksimalkan kamera hp, kamu bisa menghasilkan foto-foto tajam dan jernih dengan kamera hp kamu.

Baca Juga
Topik
notix-artikel-retargeting-pixel