3 Cara Mengembalikan Foto Terhapus Permanen di HP, Ternyata Mudah!

3 Cara Mengembalikan Foto Terhapus Permanen di HP, Ternyata Mudah!

3 Cara Mengembalikan Foto Terhapus Permanen di HP, Ternyata Mudah!

DAFTAR ISI

Sediksi – Kamu pasti pernah mengalami kejadian yang tidak mengenakkan yaitu foto yang terhapus secara permanen dari hp kamu tanpa disengaja. Jika kamu sering mengalami hal tersebut, kamu perlu mengetahui beberapa cara mengembalikan foto terhapus permanen di hp.

Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kesalahan menghapus, format memori, kerusakan hp, virus pada hp kamu, atau pencurian. Lantas, bagaimana cara mengatasi jika hal tersebut terjadi? Jangan khawatir, Sediksi sudah merangkum beberapa informasi dari berbagai sumber tentang cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di hp.

Cara mengembalikan foto terhapus permanen di hp

3 Cara Mengembalikan Foto Terhapus Permanen di HP, Ternyata Mudah! - 1000018332 1024x576 jpg
freepik/pikisuperstar

Berikut ini adalah beberapa cara mengembalikan foto terhapus permanen di hp yang bisa kamu coba, baik Android maupun iPhone.

Melalui aplikasi pemulihan data

Salah satu cara mengembalikan foto terhapus permanen di hp yaitu dengan menggunakan aplikasi pemulihan data. Aplikasi ini berfungsi untuk memindai dan mengembalikan berkas yang hilang atau terhapus dari memori internal atau eksternal hp kamu.

Ada banyak aplikasi pemulihan data yang bisa kamu unduh dari Google Play atau App Store, seperti DiskDigger, EaseUS MobiSaver, iMyFone D-Back, dan lain-lain. Kamu bisa memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan kompatibilitas hp kamu.

Cara menggunakan beberapa aplikasi di atas cukup mudah, Kamu tinggal mengikuti petunjuk yang ada di dalamnya. Namun sebelum menggunakan salah satu aplikasi tersebut, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, seperti:

  • Kamu harus memiliki cukup ruang penyimpanan untuk menginstal dan menjalankan aplikasi ini.
  • Pastikan hp kamu memiliki akses root atau jailbreak untuk memungkinkan aplikasi ini mengakses memori hp kamu secara penuh.
  • Pastikan hp kamu tidak terhubung dengan internet atau mode pesawat.
  • Terakhir, kamu juga wajib memiliki kapasitas baterai yang cukup untuk menjalankan proses pemulihan data yang bisa memakan waktu cukup lama.

Melalui Google Photos

Cara mengembalikan foto terhapus permanen di hp berikutnya adalah dengan menggunakan Google Photos. Seperti yang sudah kamu tahu, Google Photos adalah layanan penyimpanan foto online yang disediakan oleh Google. 

Jika kamu sudah mengaktifkan fitur sinkronisasi dan cadangan di Google Photos, maka foto yang kamu hapus dari hp kamu akan tetap tersimpan di Google Photos selama 60 hari sebelum benar-benar terhapus. Kamu bisa mengakses Google Photos melalui aplikasi di hp kamu atau melalui situs web di komputer kamu.

Jika kamu ingin melakukan cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di hp yang satu ini, kamu bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

  • Pertama-tama, buka aplikasi Google Photos di hp kamu atau buka situs web Google Photos di komputer kamu.
  • Kemudian, masuk ke akun Google kamu yang terhubung dengan Google Photos.
  • Pilih menu Library atau Perpustakaan di bagian bawah (HP) atau kiri atas (komputer).
  • Setelah itu, pilih folder Trash atau Sampah.
  • Cari dan pilih foto yang ingin kamu kembalikan.
  • Terakhir, ketuk atau klik Restore atau Pulihkan.

Melalui iCloud

Terakhir, kamu bisa menggunakan cara mengembalikan foto terhapus permanen di hp dengan menggunakan iCloud. Mirip denga Google Photo, layanan iCloud ini merupakan layanan penyimpanan data online yang disediakan oleh Apple. 

Jika kamu sudah mengaktifkan fitur iCloud Photo Library, maka foto yang kamu hapus dari iPhone kamu akan otomatis tersimpan di iCloud selama 30 hari sebelum benar-benar terhapus. Kamu bisa mengakses iCloud melalui aplikasi di iPhone kamu atau melalui situs web di komputer kamu.

Buat kamu pengguna iPhone, kamu bisa melakukan cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di hp melalui iCloud berikut ini:

  • Pertama, kamu buka aplikasi Photos di iPhone kamu atau buka situs web iCloud di komputer kamu.
  • Kemudian, masuk ke akun Apple ID kamu yang terhubung dengan iCloud.
  • Selanjutnya, pilih menu Albums atau Album.
  • Setelah itu, kamu pilih folder Recently Deleted atau Baru Dihapus.
  • Cari dan pilih foto yang ingin kamu kembalikan.
  • Terakhir, ketuk atau klik Recover atau Pulihkan.

Itulah beberapa cara mengembalikan foto terhapus permanen di hp yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Kamu bisa mengembalikan foto yang sudah kamu hapus secara permanen ke galeri kamu. Satu hal yang kamu ingat, jangan lupa untuk membackup semua data yang ada di hp kamu.

Baca Juga
Topik
notix-artikel-retargeting-pixel