11 Cara Menghadapi Pacar yang Berubah Sikap, Cobain Deh!

11 Cara Menghadapi Pacar yang Berubah Sikap, Cobain Deh!

cara menghadapi pacar yang berubah sikap

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Cara menghadapi pacar yang berubah sikap adalah topik yang banyak diperbincangkan di kalangan anak muda dan remaja. Banyak kasus di mana seseorang yang awalnya sangat mencintai pasangannya, memberikan perhatian, dan sebagainya, tiba-tiba berubah sikap. Perubahan ini seringkali datang secara mendadak dan mengejutkan, menyebabkan ketidaknyamanan bagi pasangan.

Jangan terlalu cepat membuat asumsi negatif. Perubahan sikapnya tidak selalu berarti perasaannya ikut berubah. Ada banyak faktor yang mungkin belum kamu ketahui yang menyebabkan perubahan tersebut. Sebagai pacar yang baik, penting untuk tidak langsung menuduh atau berpikiran buruk. Lebih baik hadapi dulu situasinya, karena kamu adalah orang terdekatnya saat ini.

Mungkin sulit bagi kamu menghadapinya karena merasa bingung tentang langkah yang harus diambil. Namun, ingatlah bahwa perubahan sikap bukanlah hal yang hanya terjadi pada pacar kamu. Banyak orang di luar sana juga mengalami hal serupa. Karena itu, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghadapinya. Artikel ini cocok untuk kamu yang lagi overthinking soal pasanganmu yang mungkin sedikit berbeda dari biasanya.

Cara Menghadapi Pacar yang Berubah Sikap

Cari Tahu Penyebabnya

cara menghadapi pacar yang berubah sikap
Pexels: Ron Lach

Cara menghadapi pacar yang berubah sikap yang pertama adalah ketika pasanganmu mengalami perubahan sikap yang drastis, tidaklah mudah untuk menerimanya. Namun, tetaplah berpikir dengan jernih dan positif karena setiap perubahan pasti memiliki penyebabnya. Dengan mencari tahu akar masalahnya, kamu akan lebih mudah menyesuaikan sikap. Alih-alih berspekulasi, lebih baik langsung bertanya kepada pasanganmu.

Cari Tempat Kencan yang Berbeda

cara menghadapi pacar yang berubah sikap
Pexels: Katerina Holmes

Jika perubahan sikap pasangan disebabkan oleh rasa bosan, cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan membuat rencana kencan dan waktu berkualitas yang lebih beragam. Jika selama ini kamu yang selalu menerima ajakan kencan, cobalah untuk menjadi inisiatif mengajaknya keluar. Kamu juga dapat merencanakan kencan-kencan yang lebih berbeda, seperti mengunjungi tempat baru yang belum pernah kalian kunjungi bersama.

Berikan Waktu untuk Pasangan

Saat kamu melihat perubahan sikap pada pasangan, berikanlah dia ruang untuk dirinya sendiri. Terkadang, seseorang membutuhkan waktu sendiri untuk mengatasi masalah pribadi. Alih-alih terus menerus menekannya dengan pertanyaan-pertanyaan, tunjukkan bahwa kamu siap memberikan dukungan dan bantuan kapan pun dia butuhkan.

Introspeksi Diri

Perubahan sikap pasangan bisa saja disebabkan oleh perilakumu sendiri yang mungkin tidak disadari. Ada kemungkinan bahwa kamu melakukan sesuatu yang membuat pasangan tidak nyaman. Sebelum mencoba berbagai cara untuk menghadapi perubahan sikap pasangan, penting untuk melakukan introspeksi diri terlebih dahulu. Setelah kalian berdua memahami situasinya, mulailah berbicara tentang kondisi hubungan dan mencari solusinya bersama.

Jaga Komunikasi

cara menghadapi pacar yang berubah sikap
Pexels: sushantphotographyy

Jika kamu merasa tertekan oleh perubahan sikap pasangan, penting untuk mengungkapkan perasaanmu secara terbuka. Ini memungkinkan kalian berdua untuk menemukan solusi terbaik bersama. Pilihlah waktu yang tepat untuk berbicara, hindari melakukannya saat suasana hati sedang tidak baik.

Kurangi Banyak Tanya

Terkadang rasa ingin tahu bisa menjadi sangat besar, namun terlalu banyak bertanya bukanlah cara menghadapi pacar yang berubah sikap dengan bijak. Hal ini justru bisa membuat pasangan merasa terganggu. Tahan diri sejenak, masih ada waktu untuk mendapatkan jawabannya. Mungkin pasanganmu sendiri belum benar-benar mengetahui jawabannya. Terus menerus bertanya hanya akan menambah tekanan pada pasangan. Kamu bisa menemaninya tanpa terlalu banyak bertanya. Namun, biarkan dia memutuskan kapan dia siap bicara.

Hindari Menuntut Terlalu Banyak

Seringkali, tuntutan terlalu banyak berasal dari ego pribadi. Kamu mungkin merasa bahwa kamu layak mendapat perhatian dan prioritas. Namun, sebagai pasangan yang saling mencintai, terkadang diperlukan pengorbanan. Cobalah untuk menahan egomu sendiri demi kebahagiaan pasangan.

Kehadiranmu sudah cukup untuk menunjukkan bahwa kamu akan selalu ada untuknya. Biarkan dia membuat keputusan sendiri, jangan memaksa dia untuk menjelaskan segalanya.

Kenang Kenangan Indah

Pada saat hubungan mulai terasa hambar, penting untuk mengingat kembali kenangan-kenangan indah yang pernah kalian alami bersama. Kenangan tersebut bisa menjadi penyemangat dan mengembalikan kebahagiaan yang pernah dirasakan. Ingat kembali momen-momen indah yang telah kalian lewati bersama, sebelum perubahan sikap terjadi.

Jangan Lupa Bercanda

cara menghadapi pacar yang berubah sikap
Pexels: Andres Ayrton

Selain saling memberi pujian, kadang-kadang mencela dengan humor juga penting dalam hubungan. Ini tidak bermaksud merendahkan, tetapi lebih kepada menerima satu sama lain dengan segala kelebihan dan kekurangan. Bercandaan tentang kebiasaan buruk atau kecerobohan masing-masing adalah cara untuk menunjukkan bahwa kamu menerima pasanganmu apa adanya.

Berikan Ia Hadiah Kecil

cara menghadapi pacar yang berubah sikap
Pexels: Nicole Michalou

Semua orang senang menerima hadiah. Sebagai pasangan, kamu pasti tahu jenis hadiah apa yang akan membuatnya bahagia. Tidak perlu yang mewah, hadiah sederhana yang menggambarkan perhatian dan kasih sayang sudah cukup berarti baginya adalah salah satu dari banyak cara menghadapi cara menghadapi pacar yang berubah sikap. Hadiah kecil ini dapat mengingatkannya bahwa kamu tetap peduli dan memperhatikannya.

Tunjukkan Kedewasaan dan Empati

Cara menghadapi pacar yang berubah sikap yang terakhir adalah penting untuk tetap menjaga kedewasaan dan empati. Cobalah melihat situasi dari sudut pandang pasanganmu. Mungkin dia sedang mengalami kesulitan yang membuatnya berubah sikap. Dengan mempertahankan sikap yang penuh pengertian, kamu dapat membantu membangun kembali kepercayaan dan kedekatan dalam hubungan.

Cara menghadapi pacar yang berubah sikap memang tidak bisa sembarangan dan grasak-grusuk. Kamu bisa kok mencari cara yang menurutmu sendiri paling benar.

Baca Juga
cowok itu suka diapain
pertanyaan deep talk dengan pasangan
kata-kata untuk gebetan biar peka
kelakuan cewek yang bikin cowok tergila-gila
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel