5 Cara Menghidupkan Arang dengan Cepat untuk Tahun Baru

5 Cara Menghidupkan Arang dengan Cepat untuk Tahun Baru

Cara menghidupkan arang dengan cepat tanpa minyak tanah

DAFTAR ISI

Sediksi – Tahun baru, sebuah momen yang dinanti-nantikan oleh banyak orang untuk berkumpul, bercanda, dan tentu saja, menikmati sajian lezat dari panggangan. Namun, di balik kegembiraan itu, seringkali kita terjebak dengan masalah arang yang sulit menghidupkan.

Mengetahui cara menghidupkan arang dengan cepat bakal menghemat waktu agar momen ini bisa lebih dinikmati.

Tidak ada yang ingin menunggu berjam-jam hanya karena arang tidak mau membara dengan cepat, bukan? Oleh karena itu, memahami cara menghidupkan arang dengan cepat tanpa minyak tanah menjadi kunci agar momen bersama saat tahun baru kian semarak.

Dengan trik dan tips yang tepat, momen bakar-bakar kita akan berjalan lancar tanpa hambatan, memastikan semua orang tersenyum lebar sepanjang malam.

Cara Menghidupkan Arang dengan Cepat

Menggunakan Kertas Koran

cara menghidupkan arang dengan cepat
Unsplash

Salah satu trik lama yang tetap efektif adalah dengan memanfaatkan kertas koran. Caranya sederhana: gulung beberapa lembar kertas koran dan letakkan di bawah tumpukan arang. Kemudian, nyalakan kertas tersebut.

Mengapa ini efektif? Kertas koran memiliki sifat mudah terbakar dan menghasilkan api dengan intensitas yang cukup tinggi. Api yang dihasilkan akan dengan cepat menyebar ke arang, memanaskan dan memicu pembakaran arang.

Menggunakan kertas koran memastikan sumber panas yang kuat untuk menghidupkan arang tanpa perlu repot mencari bahan bakar lain.

Fungsi kertas koran di sini adalah untuk menjaga api selalu menyala dan membuat suhu arang meningkat sebelum menjadi bara.

Cara menyalakan:

  • Siapkan panggangan dan arang
  • Potong kertas koran dan letakkan di antara arang
  • Bakar arang dan korannya sekaligus

Membakar Arang di Kompor Terlebih Dahulu

Sebelum arang menemui panggangan, kenapa tidak memberinya sedikit ‘penghangatan’ terlebih dahulu? Cara ini cukup mudah; letakkan beberapa batu arang kecil di atas kompor dan nyalakan.

Alasan di balik keefektifan ini adalah kompor memberikan panas yang konsisten dan intens, mempercepat proses membara arang. Setelah arang tampak membara dengan baik, pindahkan ke panggangan.

Dengan metode ini, kita bisa memastikan arang siap pakai dengan kualitas pembakaran yang optimal.

Cara menyalakan:

  • Siapkan arang di sebuah tatakan
  • Pisahkan arang yang diletakkan di panggangan dan yang akan dibakar di atas kompor
  • Nyalakan kompor
  • Letakkan beberapa arang di atas kompor sebelum dipindahkan ke panggangan
  • Saat arang di atas kompor sudah menyala, pindahkan ke panggangan kemudian kipasi arang agar bara terus menyala

Meletakkan Kayu Kering di Bawah Arang

Kayu kering adalah pilihan ideal lainnya. Mengapa? Karena kayu kering mudah terbakar dan memberikan panas dengan cepat. Sebelum menumpuk arang, letakkan beberapa potongan kayu kering di bawahnya.

Proses pembakaran kayu kering akan membantu menghangatkan dan memicu pembakaran arang di atasnya.

Ini adalah cara alami dan sederhana untuk memastikan arang siap digunakan dengan segera.

  • Potong kayu kering dari ranting tanaman
  • Letakkan kayu kering di bawah tumpukan arang
  • Bakar kayu kering dahulu agar memanaskan arang
  • Saat arang sudah panas, jadi lebih mudah menyala

Menumpuk Arang Berbentuk Piramida

5 Cara Menghidupkan Arang dengan Cepat untuk Tahun Baru - Cara menyalakan arang yang mudah 1024x683 jpg
Unsplash

Membentuk arang menjadi piramida atau kubah memiliki manfaat signifikan. Dengan struktur seperti ini, udara dapat sirkulasi dengan lebih baik di antara arang. Di tengah tumpukan, tempatkan bahan bakar seperti kertas koran atau serbuk kayu kering.

Alasan utama struktur ini efektif adalah distribusi panas yang merata. Ketika mulai menyalakan bahan bakar di tengah, panas akan merata ke seluruh arang, memastikan semua arang membara dengan efisien.

  • Tumpuk arang berbentuk piramida
  • Sebarkan potongan kertas atau serbuk kayu
  • Bakar arang dari sisi manapun bisa

Memecah Arang Jadi Kecil

Ukuran memang penting! Arang dengan ukuran besar memerlukan waktu lebih lama untuk membara. Oleh karena itu, pecahkan arang menjadi potongan yang lebih kecil. Alasan di balik efektivitas ini adalah luas permukaan kontak.

Dengan potongan yang lebih kecil, area permukaan yang terpapar api menjadi lebih banyak, mempercepat proses pembakaran secara keseluruhan.

  • Siapkan arang di panggangan
  • Pecah beberapa arang menjadi serpihan kecil
  • Sebar potongan arang di panggangan
  • Bakar arang dengan bantuan nyala api yang konstan

Dengan mempraktikkan metode-metode di atas, kita akan menjadi tuan rumah yang jago menyiapkan acara, dan bisa menikmati momen bersama sajian makanan lezat dalam waktu yang singkat. Selamat mencoba!

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel