10 Cara Menghilangkan Luntur Pada Baju Berwarna, Auto Cantik Kembali!

10 Cara Menghilangkan Luntur Pada Baju Berwarna, Auto Cantik Kembali!

Cara Menghilangkan Luntur Pada Baju Berwarna

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Pakaian berwarna memang bisa menjadikan penampilan tidak monoton dan menyenangkan. Namun, mereka harus diberikan perawatan ekstra agar warnanya tidak mudah rusak atau luntur. Jadi, tidak ada salahnya jika kamu mempelajari bagaimana cara menghilangkan luntur pada baju berwarna agar mereka bisa tetap mempercantik tampilanmu.

Hal ini dikarenakan ada beberapa pakaian dengan menggunakan metode atau pewarna tertentu yang akan melunturkan warnanya ketika terkena air. Jika kamu mencucinya secara sembarangan dan bersamaan, maka warna itu bisa saja meresap ke pakaian lainnya. Bahkan tidak sedikit orang membuang pakaian mereka yang kelunturan karena dirasa sudah tidak cantik lagi.

Kabar baiknya, kamu tidak perlu ikut-ikutan membuang baju karena Sediksi akan membagikan cara menghilangkan luntur pada baju berwarna menggunakan bahan yang mudah ditemukan. Yuk simak pembahasan selengkapnya di bawah ini!

Cara Menghilangkan Luntur Pada Baju Berwarna

Rendam dengan Air Panas dan Detergen

Cara Menghilangkan Luntur Pada Baju Berwarna
Pixabay / habelfrank

Jika pakaian berwarna kamu kelunturan dalam waktu kurang dari 24 jam, maka segera atasi dengan menggunakan air panas yang dicampurkan dengan detergen secukupnya. Semakin cepat penanganan, maka semakin cepat pula noda bisa menghilang.

Caranya, kamu bisa menggunakan detergen biasa atau produk khusus untuk menghilangkan noda pakaian. Rendam baju kurang lebih selama satu jam, kemudian bilas menggunakan air dingin. Selanjutnya, jemur hingga kering dan pakaian kamu sudah siap digunakan kembali.

Campuran Soda Kue dan Detergen

Cara menghilangkan luntur pada baju berwarna selanjutnya adalah dengan menggunakan campuran soda kue dan detergen. Caranya, masukkan soda kue dan detergen secukupnya ke dalam air panas. Rendam pakaian kamu kurang lebih selama 15 menit dan kucek secara perlahan hingga nodanya menghilang. Bilas menggunakan air bersih yang dingin dan keringkan.

Gunakan Jeruk Nipis dan Garam

Cara Menghilangkan Luntur Pada Baju Berwarna
Pexels / Jessica Lewis

Kamu juga bisa menghilangkan noda luntur dengan menggunakan sepotong jeruk nipis segar yang dicampur dengan garam. Caranya, gunakan sikat gigi bekas bersih atau sikat lain yang berbulu lembut. Ambil garam yang telah dicampurkan tetesan jeruk nipis dan gosokkan pada noda luntur. Gosok dengan lembut hingga nodanya menghilang. Diamkan pakaian selama 30 menit dan bilas hingga bersih.

Pakai Alkohol

Cairan alkohol ternyata juga bisa kamu manfaatkan sebagai cara menghilangkan luntur pada baju berwarna. Caranya, teteskan cairan alkohol ke bagian yang terdapat noda luntur. Tunggu selama beberapa menit dan gosok secara perlahan. Jangan biarkan alkohol mengering di atas kain karena itu justru akan meninggalkan residu baru.

Walaupun begitu, kamu harus berhati-hati dalam penggunaannya karena alkohol justru bisa merusak warna pada jenis kain tertentu. Sebaiknya gunakan sarung tangan dan cuci pakaian dengan bersih agar kulit kamu tetap aman.

Bersihkan dengan Larutan Baking Soda

Cara Menghilangkan Luntur Pada Baju Berwarna
Pexels / Kaboompics

Baking soda adalah bahan dapur yang tidak hanya digunakan untuk masak, tetapi juga membersihkan noda di berbagai permukaan, mulai dari keramik hingga kayu. Selain itu, ternyata mereka juga mampu menghilangkan noda luntur di pakaian berwarna.

Caranya pun sangatlah mudah, yaitu dengan campurkan baking soda, detergen, dan air secukupnya. Rendam baju dan biarkan kurang lebih selama 15 – 25 menit. Setelah itu, kucek baju secara perlahan dan bilas menggunakan air bersih.

Campuran Vetsin atau MSG dan Detergen

Vetsin atau MSG (monosodium glutamate) adalah bumbu dapur yang bertugas sebagai penyedap rasa. Tidak hanya bisa memperbaiki rasa makanan, tetapi bahan ini juga bisa kamu gunakan sebagai cara menghilangkan luntur pada baju berwarna.

Caranya, kamu hanya perlu mencampurkan MSG dengan detergen ketika mencuci pakaian yang terkena noda luntur. Setelah itu, kucek pakaian secara perlahan hingga nodanya mulai memudar. Bilas menggunakan air bersih dan keringkan.

Pakai Pasta Gigi Non Gel

Cara Menghilangkan Luntur Pada Baju Berwarna
Pexels /  I覺l 

Tidak hanya untuk membersihkan gigi, bahan ini juga bisa membantu kamu untuk menghilangkan noda luntur di pakaian berwarna. Caranya, oleskan pasta gigi non gel atau yang berwarna putih pada noda luntur. Selanjutnya, gosok secara perlahan dengan menggunakan sikat gigi bekas atau sikat lain yang berbulu lembut.

Diamkan pasta selama beberapa menit, tetapi jangan sampai mereka mengering di kain. Kemudian, bilas dengan menggunakan air atau cuci seperti biasa. Keringkan dan pakaian kamu sudah cantik kembali!

Hilangkan dengan Cuka Dapur

Cara menghilangkan luntur pada baju berwarna selanjutnya adalah menggunakan cuka dapur. Tidak hanya bisa menghilangkan noda luntur, tetapi cuka juga mampu menghempas jamur pada pakaian atau noda kekuningan. Double kill!

Cara menggunakannya, cukup campurkan cuka secukupnya, detergen, garam dan air hangat. Rendam pakaian kurang lebih selama 15 – 30 menit dan bilas hingga bersih.

Manfaatkan Buah Belimbing Wuluh

Cara Menghilangkan Luntur Pada Baju Berwarna
Pixabay / Kerala

Ternyata buah yang biasa dijadikan sebagai lalapan dan mempunyai cita rasa super asam ini bisa kamu gunakan untuk menghilangkan noda luntur pada baju berwarna. Caranya cukup mudah, yaitu potong belimbing wuluh menjadi beberapa bagian, kemudian gosokkan daging buahnya pada noda luntur. Diamkan selama sekitar 30 menit sebelum dibilas menggunakan air dan detergen.

Hilangkan Noda dengan Larutan Aseton

Cara menghilangkan luntur pada baju berwarna yang terakhir adalah dengan menggunakan larutan aseton. Cairan ini ternyata tidak hanya bisa digunakan untuk menghilangkan kuteks pada kuku, tetapi juga noda luntur pada pakaian berwarna. Meskipun begitu, cairan ini hanya bisa digunakan pada pakaian yang mempunyai warna sangat muda dan mendekati putih.

Caranya, gunakan cotton bud untuk mengoleskan aseton pada noda luntur. Selanjutnya, diamkan aseton selama 30 menit dan kucek pakaian secara perlahan. Jika sudah, bilas menggunakan air bersih dan cuci seperti biasa.

Jadi, cara menghilangkan luntur pada baju berwarna mana yang ingin kamu coba duluan?

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda.

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel