Contoh Pidato Isra Miraj untuk Anak SD, Singkat dan Mudah Dipahami!

Contoh Pidato Isra Miraj untuk Anak SD, Singkat dan Mudah Dipahami!

Contoh Pidato Isra Miraj untuk Anak SD

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Contoh pidato Isra Miraj untuk anak SD ini bisa dijadikan referensi bagi siswa-siswi yang ingin membawakan pidato di peringatan Isra Miraj sekolah ataupun untuk lomba keagamaan. Biasanya, agenda ini disisipkan dalam acara Isra Miraj di sekolah.

Sebagai informasi, Isra Miraj merupakan peristiwa sangat penting dan luar biasa dalam sejarah Islam, karena pada saat itu Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha, dan dari sana naik ke langit hingga bertemu dengan Allah SWT.

Pada peristiwa itu pula, Nabi Muhammad SAW mendapatkan perintah untuk menunaikan sholat lima waktu sehari semalam yang menjadi salah satu rukun Islam.

Menjelang peringatan Isra Miraj ini, biasanya akan ada banyak kegiatan yang dilakukan seperti, membaca Al-Quran, membaca puisi tentang Isra Miraj, membaca pantun, hingga lomba pidato Isra Miraj.

Nah, untuk di tingkat jenjang sekolah dasar, biasanya lomba pidato dibawakan dengan lebih singkat dan mudah dipahami. Tentu saja, ini demi membuat pesan dari pidato tersebut tersampaikan dengan baik kepada anak-anak.

Berikut, ada dua contoh pidato Isra Miraj untuk anak SD yang bisa dijadikan referensi.

Contoh pidato Isra Miraj untuk anak SD

Assalamualaikum wr.wb

Hadirin yang saya hormati, marilah kita bersyukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat iman dan Islam. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, yang merupakan suri tauladan bagi kita semua.

Sahabat-sahabat, tahukah kalian apa itu Isra Miraj? Isra Miraj adalah perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW pada suatu malam dari Masjidil Haram di Mekah ke Masjidil Aqsha di Palestina, dan dari sana naik ke langit hingga sidratul muntaha, tempat tertinggi di langit yang menjadi batas antara makhluk dan pencipta.

Perjalanan ini bukan perjalanan biasa, melainkan perjalanan yang penuh keajaiban dan kebesaran Allah SWT. Nabi Muhammad SAW ditemani oleh Malaikat Jibril, dan mengendarai seekor binatang bernama Buraq, yang berwujud seperti kuda, tetapi lebih cepat dari cahaya. Dalam perjalanan ini, Nabi Muhammad SAW melihat berbagai pemandangan yang menakjubkan, seperti bintang-bintang, malaikat-malaikat, surga dan neraka, dan para nabi terdahulu.

Salah satu hal yang paling istimewa dalam perjalanan ini adalah ketika Nabi Muhammad SAW bertemu langsung dengan Allah SWT, yang memberikan perintah untuk menunaikan sholat lima waktu sehari semalam. Ini adalah suatu kehormatan yang tidak pernah diberikan kepada nabi lain sebelumnya. Nabi Muhammad SAW juga mendapatkan salam dari Allah SWT, dan berdoa untuk umatnya agar mendapatkan kemudahan dan kebaikan.

Perjalanan ini hanya berlangsung dalam waktu satu malam, tetapi seakan-akan berlangsung selama ribuan tahun. Ketika Nabi Muhammad SAW kembali ke Mekah, tempat tidurnya masih hangat, dan ranting yang dipatahkannya masih basah. Ini menunjukkan bahwa Allah SWT mampu melakukan segala sesuatu di luar batas akal manusia.

Itulah kisah singkat tentang Isra Miraj, yang merupakan salah satu mukjizat terbesar Nabi Muhammad SAW. Kisah ini mengajarkan kita untuk percaya dan mengagumi kekuasaan dan kebesaran Allah SWT, serta untuk mengikuti jejak dan sunnah Nabi Muhammad SAW.

Wassalamualaikum wr.wb

Contoh pidato singkat tentang isra’ miraj di sekolah

Assalamualaikum wr.wb

Hadirin yang saya hormati, marilah kita bersyukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kita hidayah dan petunjuk. Shalawat dan salam semoga selalu terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW, yang merupakan rahmat bagi seluruh alam.

Salah satu peristiwa yang penuh hikmah adalah Isra Miraj, yaitu perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha, dan dari sana naik ke langit hingga bertemu dengan Allah SWT.

Apa saja hikmah yang bisa kita petik dari Isra Miraj? Ada banyak hikmah yang bisa kita pelajari, tetapi saya akan menyebutkan tiga hikmah yang paling penting tersebut.

Pertama, hikmah tentang sholat. Sholat adalah perintah yang diberikan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW pada saat Isra Miraj. Ini menunjukkan bahwa sholat adalah ibadah yang sangat utama dan mulia, karena merupakan cara kita untuk berkomunikasi dan bermunajat dengan Allah SWT.

Sholat juga merupakan tiang agama, yang jika ditegakkan maka tegaklah agama kita, dan jika dirobohkan maka robohlah agama kita. Oleh karena itu, kita harus menjaga sholat kita dengan baik, dan melaksanakannya dengan khusyu dan taat.

Kedua, hikmah tentang cinta kepada Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad SAW adalah nabi yang paling dicintai oleh Allah SWT, sehingga diberikan keistimewaan untuk bertemu langsung dengan Allah SWT pada saat Isra Miraj.

Nabi Muhammad SAW juga adalah nabi yang paling mencintai umatnya, sehingga berdoa untuk umatnya agar mendapatkan kemurahan dan keberkahan dari Allah SWT. Oleh karena itu, kita harus mencintai Nabi Muhammad SAW dengan sepenuh hati, dan meneladani akhlak dan ajarannya dengan sebaik-baiknya.

Ketiga, hikmah tentang keimanan. Isra Miraj adalah peristiwa yang menguji keimanan kita, karena tidak masuk akal bagi manusia biasa. Namun, sebagai umat Islam yang beriman, kita harus meyakini bahwa Allah SWT mampu melakukan segala sesuatu, dan tidak ada yang mustahil bagiNya.

Isra Miraj juga adalah peristiwa yang menguatkan keimanan kita, karena menunjukkan betapa besarnya kasih sayang dan rahmat Allah SWT kepada kita. Allah SWT memberikan kita petunjuk dan bimbingan melalui Nabi Muhammad SAW, dan memberikan kita nikmat dan karunia melalui sholat dan ibadah lainnya.

Itulah tiga hikmah yang bisa kita ambil dari Isra Miraj, yang merupakan salah satu peristiwa teragung dalam sejarah Islam. Hikmah ini mengajarkan kita untuk bersyukur dan beribadah kepada Allah SWT, serta untuk mencintai dan menghormati Nabi Muhammad SAW.

Demikianlah pidato tentang hikmah Isra Miraj yang dapat saya sampaikan. Akhir kata, apabila ada kesalahan dalam penyampaian pidato tersebut saya mohon maaf.

Wassalamualaikum wr.wb

Itulah dua contoh pidato Isra Miraj untuk anak SD yang bisa dijadikan referensi. Semoga pidato ini bermanfaat!

Baca Juga
Contoh Susunan Acara Isra Miraj di Sekolah
Puisi tentang Isra Miraj untuk Anak SD
Contoh Teks Pembawa Acara Isra Miraj
Contoh Surat Undangan Isra Miraj
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel