Penyedia Dana Hibah Gratis Langsung Cair dari Dalam Maupun Luar Negeri

Penyedia Dana Hibah Gratis Langsung Cair dari Dalam Maupun Luar Negeri

Penyedia dana hibah gratis langsung cair

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Dana hibah gratis langsung cair adalah pemberian uang atau barang dan jasa dari suatu lembaga baik badan independen, swasta maupun pemerintah. Diberikan kepada organisasi masyarakat, badan yang lain, UMKM, IKM, UKM dan juga masyarakat umum yang sudah ditetapkan secara khusus.

Dana ini sifatnya tidak mengikat dan diberikan dalam rangka mendukung sebuah kegiatan. Tidak seperti yang berlaku seperti pinjaman online. Dana ini diberikan secara gratis oleh sebuah organisasi atau perusahaan untuk misi kemanusiaan seperti pendirian sekolah, usaha kecil dan lain sebagainya.

Sumber Dana Hibah Gratis Langsung Cair

Ada banyak cara untuk mendapatkan dana hibah gratis, baik dari dalam maupun luar negeri. Sumber dana hibah gratis langsung cair yang dapat Anda peroleh adalah sebagai berikut:

Dana Hibah Dari Pemerintah

Sumber dana hibah yang pertama adalah dana hibah dari pemerintah, yang biasanya diberikan melalui perwakilan kementerian. Beberapa diantaranya adalah bantuan yang berasal dari Kementerian Koperasi dan UKM dengan program wirausaha pemula.

Namun untuk mendapatkannya tidak mudah begitu saja harus ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dengan lengkap dan sesuai.

Berbagai persyaratan yang harus dilengkapi tersebut adalah sebagai berikut:

  • Sudah berusia maksimal 45 tahun. 
  • Jika calon penerima individu maka harus memiliki usaha yang terbukti produktif atau paling tidak usahanya sudah berjalan selama 6 bulan dan memiliki waktu maksimal 3 tahun.
  • Usaha yang diajukan adalah yang belum pernah mendapatkan bantuan yang berasal dari kemenkop dan UKM. 
  • Mempunyai pendidikan minimal SLTP/sederajat. 
  • Mempunyai KTP elektronik dan masih berlaku.
  • Dana Hibah Kementerian Badan Ekonomi Kreatif

Selain dari kementerian koperasi dan UKM, badan ekonomi kreatif juga memberikan dana hibah yang berupa bantuan insentif pemerintah. Skema bantuan biasanya berupa modal non perbankan.  Lembaga ini mengalokasikan dana bagi tiap pelaku usaha dengan nominal Rp200.000.000.

Pada pemberian modal non perbankan yaitu penambahan modal kerja serta investasi aktiva tetap. Namun kalau Anda ingin mendapatkannya, maka dapat mencobanya dengan mendaftar secara online melalui situs Bekraf.

Dana Hibah Dari BUMN

Selain dua kementerian di atas, badan usaha milik negara juga sering memberikan bantuan berupa dana hibah. Beberapa BUMN ini pada umumnya dilengkapi dengan program yang bertujuan untuk membantu UMKM.

Anda mungkin pernah mendengar program tersebut yang lebih populer dengan nama program kemitraan & bina lingkungan atau PKBL Biasanya yang dapat memperoleh hibah dari BUMN ini adalah bina lingkungan, program kemitraan itu bukanlah hibah.

Dana Hibah dari Pemerintah Daerah

Pemerintah daerah rupanya juga akan memberikan dana hibah gratis langsung cair dengan syarat mempunyai kepengurusan jelas serta berkedudukan di dalam wilayah administrasi pemda bersangkutan.

Bahkan yayasan juga bisa mendapatkan Dana Hibah dari Pemerintah Daerah dengan syarat berkedudukan di dalam wilayah atau daerah administrasi pemda yang bersangkutan.

Syarat penting lainnya sudah didaftarkan di pemerintah daerah paling lambat 3 tahun serta memiliki sekretariat tetap. Pada umumnya penerima bantuan dari pemerintah daerah tingkat provinsi ini adalah LSM, Majelis, LSM dan lain sebagainya..

Dana Hibah dari Perusahaan Swasta

Selain BUMN, Perusahaan Swasta adalah salah satu sumber dana hibah gratis langsung cair yang memberikannya melalui program CSR (Corporate Social Responsibility). Dimana program ini yang menunjukkan kepedulian perusahaan swasta terhadap lingkungan sekitar.

Pada beberapa Perusahaan Swasta lain bantuan yang diberikan bukan hanya memperoleh Hibah modal saja, namun biasanya juga mendapatkan pembinaan dari perusahaan pemberi dana hibah agar UMKM dapat meningkatkan skill dan profitnya.

Langkah Mudah Mendapatkan Dana Hibah Gratis dari Luar Negeri

Selain mendapatkan dana hibah dari dalam negeri, Anda juga dapat mencoba mendapatkan dana hibah dari luar negeri. Apa itu dana hibah luar negeri?

Misalnya dana hibah dari Facebook, yang berbentuk berupa kredit dan uang. Semua orang bisa mendapatkan bantuan dengan mendaftarkan bisnis kecil ini untuk mendapatkan bantuan dari Facebook.

Sementara itu untuk organisasi Anda juga dapat bisa mendapatkan dana hibah untuk kemanusiaan dari SC Johnson. Sementara itu juga dapat memohon dana hibah serupa dari program Grassroots dari pemerintah Jepang.

Cara untuk mendapatkan dana hibah gratis dari luar negeri ini adalah sebagai berikut:

  • Pihak yang mendapatkan bantuan merupakan lembaga amal, LSM, atau organisasi non profit.
  • Namun jika perorangan maka Anda harus mencari dana hibah yang diperuntukkan  khusus kepada perorangan.
  • Selalu update informasi mengenai pemberian dana hibah dari luar negeri.
  • Buat daftar email perusahaan luar negeri yang memberikan dana hibah gratis.
  • Kirimkan proposal mengenai program organisasi Anda ke beberapa email perusahaan yang didata.
  • Jika proposal Anda disetujui, maka proses pencairan dana hibah bisa segera dilakukan.
  • Kirimkan juga data mengenai kegiatan organisasi yang bermanfaat untuk banyak orang yang telah dilakukan oleh perusahaan Anda.
  • Kirimkan laporan dari hasil kegiatan ketika sudah mendapatkan dana hibah  secara gratis.

Demikianlah beberapa hal penting yang harus dipersiapkan saat ingin mendapatkan dana hibah gratis langsung cair dari berbagai pihak. Memang mungkin ada yang tidak langsung disetujui, namun dengan mencoba berbagai jalan pasti akan ada satu yang berhasil.

Baca Juga
Topik
notix-artikel-retargeting-pixel