Fitur Generative Eraser, Hapus Objek Foto Jadi Makin Mudah

Fitur Generative Eraser, Hapus Objek Foto Jadi Makin Mudah

Fitur Generative Eraser, Hapus Objek Foto Jadi Makin Mudah

DAFTAR ISI

Sediksi – Jika kamu menggunakan Windows 10 atau Windows 11, kamu beruntung karena Microsoft telah menghadirkan fitur baru yang dapat membantu kamu menghapus objek foto yang tidak diinginkan dengan mudah dan cepat. Fitur tersebut adalah fitur Generative Eraser.

Fitur ini berbasis kecerdasan buatan (AI) yang ada di aplikasi Windows Photos. Fitur ini dapat mengenali objek yang ingin kamu hapus dan mengisi bagian yang kosong dengan gambar yang sesuai dengan konteks foto. Hasilnya, foto kamu akan terlihat lebih natural dan realistis tanpa jejak penghapusan.

Agar kamu mengetahui fitur Generative Eraser ini dengan lebih jelas, mulai dari apa itu fitur Generative Eraser, Apa fungsi utamanya, dan bagaimana cara menggunakan fitur Generative Eraser ini? Berikut sudah Sediksi berikan sedikit informasi untuk kamu dari berbagai sumber.

Fitur Generative Eraser

Fitur Generative Eraser, Hapus Objek Foto Jadi Makin Mudah - 1000019562 1024x576 jpg
microsoft

Apa itu fitur Generative Eraser di Windows Photo?

Generative Eraser adalah fitur pengeditan foto yang menggunakan teknologi AI untuk menghapus objek tertentu dalam foto dan mengisi bagian yang kosong dengan gambar yang dihasilkan oleh AI. Fitur ini merupakan peningkatan dari fitur Spot Fix yang sudah ada sebelumnya di Windows Photos. 

Fitur Generative Eraser dapat menghapus objek yang lebih besar dan lebih kompleks dengan hasil yang lebih baik. Fitur yang kemarin diumumkan oleh microsoft ini, saat ini masih dalam tahap preview untuk pengguna Windows Insider, yaitu kelompok pengguna yang mencoba fitur baru sebelum dirilis secara umum.

Nah, buat kamu yang tidak termasuk dalam pengguna Windows Insider, jangan khawatir. Kemungkinan fitur ini akan tersedia untuk semua pengguna Windows 10 dan Windows 11 dalam beberapa minggu kedepan setelah beberapa perbaikan dan penyempurnaan dilakukan oleh Microsoft.

Fungsi fitur Generative Eraser di Windows Photo

Fungsi utama dari fitur Generative Eraser di Windows Photo adalah untuk membersihkan atau menghapus foto kamu dari objek atau visual yang mengganggu, seperti photobomb, sampah, kabel, noda, dan lain-lain. Dengan menggunakan fitur ini, kamu dapat membuat foto kamu terlihat lebih rapi dan indah tanpa harus menggunakan aplikasi pengeditan foto lain yang mungkin lebih rumit dan mahal.

Selain itu, fitur Generative Eraser di Windows Photo ini juga dapat membantu kamu untuk mengubah komposisi foto kamu sesuai dengan keinginan kamu. Misalnya, kamu ingin menghapus orang yang berdiri di depan gedung bersejarah, atau kamu ingin menghilangkan mobil yang parkir di pinggir jalan. Dengan fitur ini, kamu dapat melakukannya dengan mudah dan cepat.

Cara Menggunakan Fitur Generative Eraser di Windows Photo

Jika nanti sudah rilis secara publik, kamu bisa menggunakan fitur fitur Generative Eraser ini untuk membantu pekerjaan, atau aktivitas edit foto yang biasanya memakan waktu cukup lama. Untuk menggunakan fitur Generative Eraser di Windows Photo, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama-tama, kamu buka foto yang ingin kamu edit dengan aplikasi Windows Photos. Sebelum itu, pastikan aplikasi tersebut sudah versi terbaru.
  • Kemudian, kamu pilih opsi Edit Image di menu atas.
  • Setelah itu, pilih opsi Erase di menu samping kanan.
  • Pilih opsi Generative Erase di bawah opsi Spot Fix.
  • Sesuaikan ukuran brush yang ingin kamu gunakan dengan menggeser slider di bawah opsi Generative Erase. Kamu dapat memperbesar atau memperkecil brush sesuai dengan ukuran objek yang ingin kamu hapus.
  • Selanjutnya, kamu tinggal sapukan brush di atas objek yang ingin kamu hapus. Kamu dapat menghapus beberapa objek sekaligus dengan mematikan toggle Auto Apply di bawah opsi Generative Erase.
  • Setelah selesai, tunggu beberapa detik hingga AI menghapus objek dan mengisi bagian yang kosong dengan gambar yang sesuai.
  • Jika kamu sudah merasa puas dengan hasilnya, pilih opsi Save a copy di menu atas. Jika kamu ingin mengulang proses penghapusan, pilih opsi Undo di menu atas.

Fitur Generative Eraser ini merupakan salah satu contoh dari penerapan AI dalam bidang pengeditan foto yang dapat mempermudah dan mempercepat pekerjaan kamu. Dengan fitur ini, kamu dapat menghapus objek tidak diinginkan di foto dengan mudah dan cepat tanpa mengurangi kualitas foto.

Namun, kamu masih harus bersabar karena saat ini fitur Generative Eraser ini hanya bisa digunakan oleh pengguna Windows Insider saja.

Baca Juga
Topik
notix-artikel-retargeting-pixel