Fitur Polling di WhatsApp Channel, Ini Cara Menggunakannya!

Fitur Polling di WhatsApp Channel, Ini Cara Menggunakannya!

Fitur Polling di WhatsApp Channel, Ini Cara Menggunakannya!

DAFTAR ISI

Sediksi – Salah satu fitur menarik yang ada di WhatsApp Channel dan baru saja diluncurkan adalah fitur polling. Fitur ini memungkinkan kamu membuat jajak pendapat atau polling di channel kamu, untuk mendapatkan umpan balik, opini, atau preferensi dari pengikut kamu.

Fitur polling di WhatsApp Channel ini dirancang untuk menjaga anonimitas pengguna, sehingga kamu tidak bisa melihat siapa saja yang memberikan suara atau pilihan di sana. Fitur ini bisa menjadi cara baru untuk berinteraksi dengan pengikut kamu, meningkatkan keterlibatan, dan mengetahui apa yang mereka inginkan.

Jika kamu penasaran dengan fitur Polling di WhatsApp Channel ini, berikut ini sudah Sediksi rangkumkan buat kamu dari berbagai sumber tentang penjelasan fitur ini dan bagaimana cara menggunakan fitur ini di channel yang kamu miliki.

Fitur Polling di WhatsApp Channel 

Fitur Polling di WhatsApp Channel, Ini Cara Menggunakannya! - 1000013668 jpg
channel Mark Zuckerberg

Kapan Fitur Polling di WhatsApp Channel Diluncurkan?

Fitur polling di WhatsApp Channel pertama kali diperkenalkan oleh Mark Zuckerberg, CEO Meta, melalui channel miliknya pada hari ini tanggal 18 Januari 2024. Sebelumnya, fitur ini hanya tersedia untuk kamu yang terganbung dengan beta WhatsApp versi 2.24.2.11 pada tanggal 16 Januari 2024 kemarin dan hari ini sudah dirilis untuk publik.

Mark Zuckerberg mengatakan dalam channelnya “kami mengumumkan sejumlah fitur baru untuk WhatsApp Channel termasuk Voice Notes, Multiple Admin hingga berbagi ke WhatsApp status serta polling”.

Fitur polling di WhatsApp Channel merupakan salah satu dari beberapa fitur baru yang ditambahkan oleh WhatsApp untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Fitur-fitur lain yang ada di WhatsApp Channel antara lain adalah fitur pesan suara, multiple admin, dan berbagi ke WhatsApp Status.

Fitur-fitur ini bertujuan untuk membuat channel kamu lebih menarik, informatif, dan interaktif. Sehingga kamu bisa lebih interaktif dengan pengikut yang kamu miliki. Sementara itu, berdasarkan channel milik Mark Zuckerberg, tampilannya masih terlihat seperti WhatsApp Polling biasanya.

Cara menggunakan fitur Polling di WhatsApp Channel

Untuk menggunakan fitur polling di WhatsApp Channel, kamu harus terlebih dahulu membuat channel kamu sendiri. Kamu bisa melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut jika ingin membuat channel kamu sendiri:

  • Pertama-tama, kamu bisa membuka aplikasi WhatsApp
  • Kemudian, pilih ikon tiga titik yang berada di pojok kanan atas
  • Setelah itu, kamu pilih opsi Channel
  • Selanjutnya, kamu bisa klik ikon plus (+) di pojok kanan bawah
  • Kemudian, masukkan nama, deskripsi, dan foto channel yang kamu buat
  • Terakhir, pilih opsi Publish untuk mempublikasikan channel kamu

Setelah kamu membuat channel sendiri, kamu bisa mulai membuat polling di channel tersebut. Kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini untuk membuat polling sendiri di channel kamu:

  • Pertama-tama, kamu bisa membuka channel yang sudah kamu buat sebelumnya.
  • Setelah itu, pilih ikon penjepit kertas (Attachment) yang ada pada kolom chat.
  • Kemudian, pilih ikon diagram yang bertuliskan “Poll”.
  • Setelah kamu memilihnya, kamu bisa menuliskan pertanyaan yang ingin diajukan beserta pilihan jawabannya.
  • Setelah semuanya siap, kamu bisa klik ikon “Send” di bagian sisi kanan bawah.

Setelah polling terkirim, kamu bisa melihat hasilnya dengan mengetuk tulisan “View Votes”. Kamu juga bisa menghapus polling yang sudah dibuat dengan mengetuk ikon tiga titik di pojok kanan atas polling, lalu pilih opsi Delete.

Dengan hadirnya fitur baru ini, kamu bisa semakin intens untuk berinteraksi dengan pengikut kamu. Namun, jika kamu sebagai pengikut sebuah channel yang sedang membuat polling, kamu bisa berkontribusi dengan polling tersebut dengan cara memilih salah satu pilihan yang tersedia.

Fitur ini sangat cocok buat kamu yang memiliki WhatsApp Channel dan sedang ingin melakukan jejak pendapat dalam hal pekerjaan atau ide bisnis yang bisa kamu lakukan di rumah atau menentukan ide  untuk mengembangkan usaha kamu.

Kamu juga bisa melihat hasil polling secara langsung dengan melihat grafik warna hijau yang terletak di bawah masing-masing pilihan yang tersedia atau kamu bisa melihat angka yang ada di samping kanan setiap pilihan jawaban.

Satu hal yang paling penting adalah pastikan aplikasi WhatsApp yang kamu miliki sudah melakukan pembaruan ke yang paling baru. Sehingga kamu bisa mengakses fitur polling di WhatsApp Channel ini.

Baca Juga
Topik
notix-artikel-retargeting-pixel