5 Grup Kpop yang Tidak Memiliki Leader, Tetap Sukses

5 Grup Kpop yang Tidak Memiliki Leader, Tetap Sukses

grup kpop yang tidak memiliki leader

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Dalam dunia Kpop, leader atau pemimpin adalah salah satu posisi yang penting dalam sebuah grup. Leader biasanya bertugas sebagai juru bicara, penghubung, dan panutan bagi member lainnya.  naming, ada grup Kpop yang tidak memiliki leader.

Leader juga sering menjadi member yang paling tua, paling berpengalaman, atau paling bertanggung jawab dalam grup. Namun, tidak semua grup Kpop memiliki leader. Ada beberapa grup yang memilih untuk tidak menunjuk seorang leader, karena berbagai alasan.

Mereka membuktikan bahwa mereka tetap bisa kompak, solid, dan sukses tanpa adanya seorang leader. Siapa saja mereka? Berikut adalah daftar grup Kpop yang tidak memiliki leader.

Grup Kpop yang Tidak Memiliki Leader

1. BLACKPINK

5 Grup Kpop yang Tidak Memiliki Leader, Tetap Sukses - 20231206104920 BLACKPINK 1
Soompi

BLACKPINK adalah salah satu grup Kpop paling populer saat ini, baik di Korea maupun di dunia. Grup yang beranggotakan Jennie, Jisoo, Rosé, dan Lisa ini debut pada tahun 2016 di bawah naungan YG Entertainment. Sejak awal, mereka tidak memiliki leader resmi, karena mereka merasa semua member memiliki peran yang setara dan saling mendukung.

Mereka juga sudah bersama-sama sejak trainee, sehingga mereka sudah sangat dekat dan mengenal satu sama lain. BLACKPINK juga berhasil mencetak berbagai rekor dan prestasi, seperti menjadi grup Kpop pertama yang tampil di Coachella, memiliki video musik dengan jumlah penonton terbanyak di YouTube, dan berkolaborasi dengan artis-artis internasional ternama, seperti Lady Gaga, Selena Gomez, dan Cardi B.

2. 2PM

5 Grup Kpop yang Tidak Memiliki Leader, Tetap Sukses - b90e76ec6721435d916b53d17fb43011 jpeg
Soompi

2PM adalah salah satu grup Kpop senior yang debut pada tahun 2008 di bawah naungan JYP Entertainment. Grup yang beranggotakan Jun.K, Nichkhun, Taecyeon, Wooyoung, Junho, dan Chansung ini awalnya memiliki leader, yaitu Jay Park. Namun, pada tahun 2009, Jay Park memutuskan untuk keluar dari grup karena terlibat dalam kontroversi.

Sejak saat itu, 2PM tidak memiliki leader baru, karena mereka merasa tidak ada yang bisa menggantikan posisi Jay Park. Mereka juga merasa sudah saling menghormati dan mempercayai satu sama lain sebagai member. 2PM dikenal sebagai grup yang memiliki konsep yang maskulin, seksi, dan energik.

3. Miss A

5 Grup Kpop yang Tidak Memiliki Leader, Tetap Sukses - miss A jpg
Soompi

Grup Kpop yang tidak memiliki leader selanjutnya yaitu Miss A. Miss A adalah salah satu grup Kpop generasi kedua yang debut pada tahun 2010 di bawah naungan JYP Entertainment. Grup yang beranggotakan Fei, Jia, Min, dan Suzy ini tidak memiliki leader sejak awal, karena mereka merasa semua member sudah saling dekat dan memiliki kemampuan yang seimbang.

Mereka juga tidak ingin ada perbedaan perlakuan atau tanggung jawab di antara member. Miss A dikenal sebagai grup yang memiliki konsep yang mandiri, percaya diri, dan berbakat. Sayangnya, pada tahun 2017, Miss A resmi bubar setelah dua member, yaitu Jia dan Min, memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak mereka dengan JYP Entertainment. 

4. iKON

5 Grup Kpop yang Tidak Memiliki Leader, Tetap Sukses - dummy 14 jpeg
Soompi

iKON, Grup yang beranggotakan B.I, Bobby, Jinhwan, Yunhyeong, Junhoe, Donghyuk, dan Chanwoo ini awalnya memiliki leader, yaitu B.I. Namun, pada tahun 2019, B.I memutuskan untuk hengkang dari grup karena terlibat dalam skandal narkoba. Sejak saat itu, iKON tidak memiliki leader baru, karena mereka merasa tidak ada yang bisa mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh B.I.

Mereka juga merasa sudah saling mengenal dan bekerja sama dengan baik sebagai member. iKON dikenal sebagai grup yang memiliki konsep yang hip hop, swag, dan fun. Selain itu, mereka juga sering berpartisipasi dalam acara-acara variety show, seperti Kingdom, Knowing Brothers, dan Running Man. 

5. KARD

5 Grup Kpop yang Tidak Memiliki Leader, Tetap Sukses - KARD jpg
Soompi

KARD adalah salah satu grup Kpop yang unik, karena mereka adalah grup campuran yang beranggotakan dua pria dan dua wanita, yaitu BM, J.Seph, Somin, dan Jiwoo. Mereka debut pada tahun 2016 di bawah naungan DSP Media. Mereka tidak memiliki leader resmi, karena mereka merasa semua member memiliki kepribadian dan karakter yang berbeda-beda, sehingga mereka tidak perlu menunjuk seorang leader.

Mereka juga merasa sudah saling menghargai dan mendengarkan satu sama lain sebagai member. KARD dikenal sebagai grup yang memiliki konsep yang tropis, modern, dan dinamis. KARD juga populer di luar Korea, terutama di Amerika Latin, karena mereka sering melakukan tur dan konser di sana. 

Itulah daftar grup Kpop yang tidak memiliki leader. Meskipun tidak memiliki leader, mereka tetap bisa menunjukkan kualitas dan kinerja yang baik sebagai grup. Mereka membuktikan bahwa tidak adanya leader bukanlah halangan bagi mereka untuk meraih kesuksesan dan popularitas.

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel