Wow! Korea Selatan Luncurkan Visa KPop untuk Para Penggemarnya

Wow! Korea Selatan Luncurkan Visa KPop untuk Para Penggemarnya

visa kpop

DAFTAR ISI

Sediksi.comKorea Selatan telah mengumumkan akan meluncurkan visa baru khusus untuk peminat budaya Korea Hallyu atau K-Wave. Visa KPop, juga disebut “visa pelatihan K-culture,” akan memungkinkan warga non-Korea yang mendaftar di akademi seni pertunjukan lokal untuk tinggal di negara tersebut hingga dua tahun.

Hallyu sendiri yang diterjemahkan menjadi “Gelombang Korea,” mengacu pada popularitas global yang sangat besar dari ekonomi budaya Korea Selatan yang mengekspor budaya KPop melalui musik, film, dan media artistik lainnya.

Tujuan Diluncurkan Visa KPop

Wow! Korea Selatan Luncurkan Visa KPop untuk Para Penggemarnya - 1704226214 untitled 1 jpg
Allkpop

Rencana bisnis Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan menyebut seni sebagai “pendorong K-culture untuk generasi berikutnya,” dan menyebut dukungan terhadap seniman dan penulis muda sebagai salah satu dari enam strategi utama untuk memikat lebih banyak pengunjung.

Selain itu, negara tersebut juga berencana meluncurkan K Tourism Road Show di negara-negara seperti Amerika Serikat dan Swedia. Meskipun masih wacana, pengumuman visa KPop ini diharapkan rilis pada paruh kedua tahun 2024.

Dari sudut pandang pariwisata, memupuk loyalitas penggemar KPop dan KDrama sangat bermanfaat secara finansial. Pertimbangkan bahwa industri KPop senilai $10 miliar telah menjadi sangat penting bagi perekonomian Korea Selatan sehingga PDB negara tersebut terpukul tahun lalu setelah raksasa musik BTS mengumumkan akan mengambil istirahat sementara sementara para anggotanya mengeksplorasi karier solo.

Keuntungan yang Diperoleh Korea Selatan dari Hallyu

Wow! Korea Selatan Luncurkan Visa KPop untuk Para Penggemarnya - methode sundaytimes prod web bin aa05e20c 2855 11ec 9d22 0dd3fe23334c 1024x683 jpg
The Times

Industri hiburan Korea Selatan sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19, namun berhasil kembali bangkit dan menjadi penggerak perekonomian yang signifikan. Menurut laporan terbaru Dewan Perjalanan & Pariwisata Dunia memperkirakan bahwa sektor pariwisata di negara ini akan tumbuh rata-rata sebesar 4,8% per tahun hingga tahun 2032, jauh melampaui proyeksi tingkat pertumbuhan perekonomian nasional secara keseluruhan sebesar 1,8%.

KPop disebut telah menjadi alasan utama wisatawan mengunjungi Korea Selatan, menurut sebuah laporan yang dirilis pada bulan Oktober oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Korea Selatan. Selain itu, selama tiga tahun para peneliti melacak penyebutan budaya Korea di media sosial dan online di 20 negara teratas yang mendorong pariwisata inbound.

Studi itu juga menyebutkan bahwa KPop disebut sebanyak 37 juta kali, dan 2.6 kali lebih sering dibandingkan alasan lainnya. Selanjutnya ada kuliner Korea yang menempati posisi kedua alasan wisatawan asing mengunjungi negeri ginseng tersebut.

Visit Korea semakin banyak menampilkan K-culture dalam kampanye pemasarannya, dan meraih kesuksesan besar. Sebuah video berjudul “Challenge Korea: Hello Future” yang dibintangi aktor “Squid Game” Lee Jung-jae telah ditonton 142 juta kali di YouTube sejak dirilis enam bulan lalu.

Dan “Feel the Rhythm of Korea,” serangkaian lebih dari tiga lusin video yang menampilkan megabintang K-pop seperti BTS dan Blackpink untuk mempromosikan berbagai destinasi Korea, telah ditonton lebih dari 2,1 miliar kali di YouTube dalam tiga tahun.

Jadi tak heran kalau visa KPop nantinya diharapkan akan lebih banyak menarik pengunjung.

Tokoh Penghasil Uang Terbanyak di Korea Tahun 2023

Wow! Korea Selatan Luncurkan Visa KPop untuk Para Penggemarnya - 0 GettyImages 1817075949
Football Londo

Bukan sosok idol KPop, sosok yang menjadi penghasil uang terbanyak untuk Korea Selatan adalah pesepakbola Son Heung Min. Menurut laporan HRI, nilai insentif produksi yang dihasilkan pemain berusia 31 tahun ini mencapai 590 miliar Won (6,8 triliun Rupiah). Son juga menghasilkan insentif nilai tambah yang ditaksir mencapai 184 miliar Won (2,1 triliun Rupiah).

Jika trennya terus berlanjut, nilai pemasukan ekonomi seorang bintang olahraga top dunia terhadap ekspor barang konsumsi diproyeksikan dapat mencapai 1,35 triliun Won (15,5 triliun Rupiah).

Selain itu, hal ini juga dapat merangsang nilai produksi sebesar 2,95 triliun Won (33,9 triliun Rupiah) untuk 5 tahun ke depan.

Dampak ekonomi yang dibawa oleh Son ini sebenarnya sudah pernah menjadi perbincangan pada akhir 2022 kemarin.

Kementrian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata serta Institut Sport Science Korea mengatakan bahwa efek ekonomi Son Heung Min diestimasi mencapai total nilai 1.988,5 miliar Won (22,9 triliun Rupiah). Jumlah tersebut saat itu melampaui total nilai efek ekonomi yang dihasilkan oleh grup BTS di angka 1.712,5 miliar Won (19,7 triliun Rupiah).

Semoga visa KPop benar-benar terealisasikan, ya!

Baca Juga
Topik
notix-artikel-retargeting-pixel