Headset Mixed Reality Sony, Spesifikasi dan 5 Keunggulannya!

Headset Mixed Reality Sony, Spesifikasi dan 5 Keunggulannya!

Headset Mixed Reality Sony, Spesifikasi dan 5 Keunggulannya!

DAFTAR ISI

Sediksi – Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang MR (Mixed Reality) adalah Sony, yang bekerja sama dengan Siemens, menghadirkan headset mixed reality Sony terbarunya pada awal tahun 2024.

Headset ini ditujukan untuk para konten kreator spasial, yaitu mereka yang berkecimpung di bidang desain produk, arsitektur, seni, film, dan sebagainya. Headset ini memiliki fitur-fitur canggih yang dapat membantu para kreator menghasilkan karya-karya yang menakjubkan dengan menggunakan MR.

Bagaimana spesifikasi, keunggulan dan berapa harganya? Berikut sudah Sediksi rangkumkan buat kamu sedikit informasi headset mixed reality Sony berikut ini.

Headset Mixed Reality Sony

Headset Mixed Reality Sony, Spesifikasi dan 5 Keunggulannya! - 1000013277 1024x640 jpg
Youtube: the verge

Apa itu headset mixed reality Sony?

Headset mixed reality Sony adalah perangkat yang terdiri dari sebuah head-mounted display yang dilengkapi dengan layar. Layar ini dapat menampilkan gambar-gambar baik dari dunia nyata maupun dari dunia virtual.

Selain itu, headset mixed reality Sony juga dilengkapi kamera dan sensor, yang dapat mendeteksi posisi, orientasi, dan gerakan kepala dan tubuh pengguna. Headset ini juga dilengkapi dengan dua kontroler unik, yaitu sebuah cincin dan sebuah pointer. 

Headset ini juga terintegrasi dengan NX Immersive Designer Software dari Siemens, yang merupakan sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat dan mengedit konten spasial dengan menggunakan MR.

Spesifikasi Headset Mixed Reality Sony

Agar kamu lebih mengenal headset mixed reality Sony ini, berikut adalah spesifikasi teknis dari Headset MR ini:

Headset mixed reality Sony dengan tipe Head-mounted display (HMD) dengan video see-through. Selain itu, headset ini juga dibekali dengan dua OLED micro 1.3-inci dengan resolusi 4K dan cakupan warna DCI-P3 96%.

Headset mixed reality Sony ini ditenagai dengan chipset Qualcomm Snapdragon XR2+ Gen 2 yang cocok digunakan untuk aktivitas berat dan didukung dengan memori berkapasitas 8 GB LPDDR5 dengan penyimpanan 128 GB UFS 3.0.

Untuk menunjang kecanggihan alat ini, headset mixed reality Sony juga dilengkapi dengan enam kamera (empat kamera untuk pelacakan spasial, dua untuk video see-through). Selain itu, headset VR ini juga dibekali dengan beberapa sensor seperti sensor Gyroskop, akselerometer, magnetometer, proximity sensor, light sensor.

Karena headset MR ini diciptakan untuk konten kreator khusus, untuk itu headset mixed reality Sony ini juga dibekali dengan dua speaker stereo, dua mikrofon, dan jack audio 3.5 mm. Tidak hanya itu, headset MR ini juga dilengkapi dengan Wi-Fi 6, Bluetooth 5.2, USB-C.

Headset MR ini dibekali dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh dengan pengisian cepat. Dengan demikian, headset ini bisa digunakan dalam jangka waktu cukup lama. Headset MR ini memiliki bobot 450 gram yang bisa digunakan pada sistem operasi Windows 10, MacOS, Linux dengan menggunakan aplikasi NX Immersive Designer Software dari Siemens.

Keunggulan headset mixed reality Sony

Headset mixed reality Sony memiliki beberapa keunggulan yang dapat memberikan pengalaman MR yang luar biasa bagi para kreator konten spasial. Berikut adalah beberapa keunggulan dari headset MR ini:

Kualitas gambar yang sangat tinggi

Headset VR ini bisa menampilkan gambar dengan resolusi tinggai berkat layar OLED micro 4K yang dapat menampilkan warna-warna yang kaya dan kontras yang tinggi. Layar ini juga memiliki refresh rate yang tinggi, sehingga mengurangi motion blur dan latency.

Mampu menangani model 3D

Headset VR ini mampu melibas model 3D yang kompleks dan besar berkat prosesor Snapdragon XR2+ Gen 2 yang memiliki performa yang tinggi. Prosesor ini juga mendukung teknologi split rendering, yang membagi beban komputasi antara headset dan komputer, sehingga meningkatkan efisiensi dan kualitas rendering.

Mampu rendering tekstur dan ekspresi wajah

Kemampuan tersebut bisa dilakukan berkat algoritma-algoritma canggih yang dapat menghasilkan gambar-gambar yang detail dan hidup. Headset ini juga dapat rendering cahaya dan bayangan yang akurat, sehingga menciptakan suasana yang mendekati nyata.

Mampu berinteraksi dengan objek-objek virtual

Adanya fitur pelacakan spasial yang dapat mendeteksi gerakan-gerakan pengguna dengan presisi tinggi membuat headset MR berinteraksi dengan objek virtual. Fitur ini juga memungkinkan kamu untuk bergerak bebas di ruang nyata. Fitur ini juga didukung oleh dua kontroler unik yang dapat digunakan untuk memanipulasi objek-objek 3D dengan berbagai cara.

Kemampuan membuat dan mengedit konten spasial

Kemampuan tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi NX Immersive Designer Software dari Siemens, yang merupakan aplikasi yang kaya fitur dan mudah digunakan. 

Aplikasi ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti desain produk, arsitektur, seni, film, dan sebagainya. Aplikasi ini juga dapat mengimpor dan mengekspor file-file 3D dari format-format populer, sehingga memudahkan kolaborasi dan distribusi.

Namun, untuk harga dari headset VR ini masih belum diumumkan. Akan tetapi headset VR ini akan menjadi pesaing ketat dari Apple Vision Pro yang juga memiliki fitur yang sangat canggih. Jika Headset VR ini masuk ke pasar Indonesia, apakah kamu berminat untuk membelinya?

Baca Juga
Topik
notix-artikel-retargeting-pixel