5 Jajanan yang Nggak Pernah Absen di Hari Raya

5 Jajanan yang Nggak Pernah Absen di Hari Raya

Jajanan lebaran
Image from Pinterest

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Apa yang paling ditunggu pada momen lebaran? Berkumpul dengan keluarga? Kerabat? Tetangga? Itu semua benar, tapi ada yang kurang, yakni jajanan atau kudapan.

Tentu saja ada banyak jajanan lebaran yang disuguhkan di meja tamu kan. Yap, Lebaran selalu identik dengan kue-kue kering atau jajanan khas Indonesia yang menjadi hidangan wajib saat berkunjung ke rumah sanak saudara.

Ada berbagai jenis jajanan lebaran yang bisa dicoba dan cocok disajikan sebagai hidangan saat berkumpul bersama keluarga. Berikut adalah 5 macam jajanan lebaran yang hampir tidak pernah absen pada momen lebaran:

Jajanan Lebaran Paling Populer

Kue Nastar

sumber: pinterest

Kue nastar, salah satu jajan hari raya yang paling dicari-cari pada momen lebaran. Saking enaknya kue ini, sampai ada yang bikin tim penggemar kue nastar loh! Kue nastar memiliki rasa yang manis dan gurih serta diisi dengan selai nanas. Aih! Alangkah kezatnya.

Sobat bisa membelinya maupun membuatnya sendiri di rumah. Kalau ingin membuat sendiri, simak resepnya berikut ini.

Bahan yang dibutuhkan antara lain: tepung terigu, tepung maizena kuning telur, gula, vanili susu, margarin, sedikit susu bubuk, dan selai nanas. Sementara, bahan olesan adonannya yakni, putih telur, sedikit minyak, dan kental manis. Bahan ini tentu silakan disesuaikan dengan sebarapa banyak kue nastar yang akan dibuat, ya.

Cara membuat:

  • Pertama, campurkan telur, gula, vanili, susu bubuk, dan royal palmia. Kemudian kocok di dalam satu wadah hingga merata. Campurkan tepung maizena dan tepung terigu yang sudah disangrai secara berkala.
  • Cetak adonan nastar sampai berbentuk pipih untuk mengisi isian nanas. Kalau sudah, bulatkan kembali.
  • Panggang kue nastar di dalam oven. Setelah kurang lebih 15 menit (kondisi nastar menjelang matang ya), angkat adonan tersebut untuk diolesi dengan bahan-bahan oles yang ada.
  • Masukkan kembali ke dalam oven hingga matang. Biasanya memakan waktu kurang lebih 10 menit.

Kue Putri Salju

sumber: youtube/devina hermawan

Abis ngomongin kue nastar, tak lengkap rasanya jika tidak menyandingkan kue itu dengan kue putri salju dong. Rivalitas di antara kedua kue ini cukup ketat, sama-sama populer ibarat Barcelona dan Real Madrid. Kue Putri Salju memiliki rasa manis yang lembut dan tekstur yang renyah.

Seperti kue nastar, jajanan lebaran yang satu ini bisa dibeli maupun dibuat sendiri. Kalau ingin membuat sendiri, berikut ini bahan dan cara membuatnya:

Bahan-bahan yang diperlukan meliputi tepung terigu serbaguna, gula, margarin, beberapa butir telur, keju cheddar parut, susu bubuk, dan selai nanas. Untuk toppingnya yakni keju cheddar parut dan gula mint/dextrose utnuk putri salju. Sesuaikan bahan dengan jumlah kue yang ingin dibuat ya.

Cara membuat:

  • Pertama, campurkan bahan-bahan seperti kuning telur, gula pasir halus, butter menggunakan mixer sampai merata.
  • Ke dalam adonan itu masukkan bahan-bahan seperti susu bubuk dan keju cheddar sampai halus merata. Lalu tambahkan tepung terigu serbaguna sambil disortir. Dan ratakan hingga tekstur adonan menjadi kalis.
  • Kemudian, cetak adonan menggunakan cookie cutter seperti yang kamu inginkan. Lalu masukkan  ke dalam oven di bawah suhu 170 derajat celcius.
  • Setelah matang taburkan gula halus pada saat keadaan masih panas ya, karena dalam keadaan itu gula akan lebih mudah lekat ke permukaan kue.

Kue kastengel

sumber: pinterest/sipendik.com

Pasti kalian sudah tahu kue ini. Kue kastengel merupakan kue kering yang dibuat dengan bahan dasar keju. Memiliki rasa yang gurih dan renyah sehingga menjadi favorit saat lebaran. Jajanan lebaran ini juga sering banget jadi rebutan.

Kalau ingin membuatnya, perlu menyiapkan bahan-bahan seperti tepung terigu dan maizena, mentega, keju parut, sedikit susu bubuk, beberapa butir telur, dan baking powder. Sesuaikan kebutuhan kue dengan bahannya ya.

Cara membuat:

  • Pertama, campurkan mentega dan kuning telur menggunakan mixer hingga adonan berubah warna menjadi putih dan tampak mengembang.
  • Setelah itu, tambahkan tepung terigu dan maizena. Lalu tambahkan keju dan aduk hingga merata.
  • Masukkan baking powder dan aduk selama 1 menit. Setelah itu, simpan adonan ke dalam kulkas selama 1 jam.
  • Sambil menanti 1 jam, campurkan telur dan susu bubuk (yang telah dilarutkan bersama air) lalu kocok hingga berbusa.
  • Setelah menginjak 1 jam, cetak adonan menggunakan cetakan kastengel dan letakkan pada Loyang. Lalu panggang ke dalam oven dalam suhu 180 derajat celcius selama kurang lebih 30 menit.
  • Saat sudah matang, olesi lah kue kastangel itu dengan mentega dan taburkan keju parut. Kalau bisa masih dalam keadaan panas ya, agar topingnya melekat betul.

Kue lapis legit

sumber: pinterest/topwisata.info

Kalau gak ada kue lapis legit di meja suguhan, rasanya kayak gimana gitu. Kue ini memiliki tekstur yang padat dan rasa yang manis serta aroma yang khas. Tahu nggak, proses pembuatannya ternyata gak segampang yang dikira loh.

Untuk membuatnya siapkan bahan-bahan seperti, tepung terigu serbaguna, sedikit susu bubuk, mentega, margarin, krimer, coklat bubuk, ekstrak vanila, garam secukupnya, beberapa butir telur, bumbu spekuk, dan gula pasir halus.

Cara pembuatan:

  • Pertama, siapkan Loyang pemanggang terlebih dulu. Olesi wadah itu dengan margarin secukupnya, lalu kasih alas menggunakan dua helai kertas roti.
  • Campurkan bahan-bahan seperti tepung terigu, susu bubuk, dan susu krimmer, dan ekstrak vanila. Campur hinga rata ya cuy.
  • Kocok kuning telur, putih telur, dan gula halus hingga adonan mengental. Lalu masukkan ke dalam adonan pertama.
  • Kocok campuran mentega dan margarin hingga lembut, lalu masukkan ke adonan utama dan aduk lah sampai merata.
  • Cara pemanggangannya begini. Tuangkan dua sendok sayur adonan ke dalam Loyang, lalu panggang menggunakan api bawah saja. proses pemanggangan hanya berlangsung 5 menit saja. setelah itu, keluarkan adonan dari oven, tekan permukaan roti, lalu taburi dengan coklat bubuk dan spekuk.
  • Tuang kembali adonan di atas taburan tersebut, dan lakukan hal di atas sampai adonan benar-benar habis.
  • Setelah adonan habis, baru lah setting suhu oven sampai titik 180 derajat celcius.

Kue Bolu Gulung

sumber: pinterest/cookpad.com

Siapa yang gak ngiler jika di meja tamu ada kue bolu gulung. Kue ini kerap kali disajikan untuk tamu pada hari-hari besar keagamaan. Kue ini memiliki rasa yang lembut serta diisi dengan selai kacang atau selai buah sesuai selera.

Jika ingin membuatnya, siapkan bahan-bahan seperti 6 butir telur, gula halus, 70 gram tepung protein rendah, ovalet, maizena dan susu bubuk secukupnya, 1 sdt vanila, dan margarin.

Cara pembuatan:

  • Pertama, campur bahan-bahan seperti telur, gula, tepung rendah protein, ovalet, maizena, susu bubuk, dan vanila ke dalam satu wadah. Dan gunakan mixer (kecepatan  tinggi) hingga adonan mengental.
  • Tambahkan royal palmia margarin ke dalam adonan dan aduk hingga merata.
  • Siapkan Loyang persegi, bubuhkan sehelai kertas roti di atasnya. Lalu tuangkan adonan ke atas Loyang tersebut.
  • Panggang adonan dengan suhu kurang lebih 200 derajat Celsius selama kurang lebih (10 menit)
  • Setelah matang, oleskan selai pada bagian roti. Lalu gulung pelahan hingga jadi bolu gulung

Itulah 5 jenis jajanan lebaran yang wajib dicoba saat berkumpul bersama keluarga pada saat hari raya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Lihat tulisan lainnya di Google News

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM