7 Menu Makanan Anak Kos Tanpa Kompor Anti Ribet

7 Menu Makanan Anak Kos Tanpa Kompor Anti Ribet

makanan anak kos tanpa kompor

DAFTAR ISI

Memasak masakan sendiri bisa menjadi pilihan yang lebih sehat dan hemat bagi anak kos. Namun, banyak kos-kosan yang tidak memiliki dapur sehingga menghambat kegiatan memasak.

Jadi, selain membeli, makanan anak kos tanpa kompor juga bisa dibuat dengan memanfaatkan penanak nasi saja lho. Hemat dan tak ribet!

Walau memasak biasanya menggunakan kompor, ada beberapa resep makanan yang bisa dibuat tanpa perlu kompor.

Memasak tanpa kompor cocok untuk anak kos yang tidak mempunyai dapur atau mungkin tengah kehabisan gas untuk memasak. Simak rekomendasi makanan anak kos tanpa kompor yang bisa dengan mudah dibuat berikut ini.

Pilihan makanan anak kos tanpa kompor

Bubur

Bubur bisa menjadi pilihan makanan yang cocok untuk anak kos karena mudah disiapkan, lezat, dan varian rasanya dapat disesuaikan dengan selera.

Bahan yang diperlukan adalah nasi, air, dan penyedap lalu dimasak dan diaduk menjadi satu hingga lembut dalam ricecooker atau panci elektrik. Kamu bisa menambahkan ayam, kerupuk, atau lauk lainnya sebagai pelengkap.

Makanan satu ini cocok dikonsumsi untuk sarapan, atau hanya ketika kamu sedang ingin memasak sesuatu yang tidak ribet.

Nasi Goreng

Rekomendasi makanan selanjutnya adalah nasi goreng. Walau beragam variasi nasi goreng di luar sana, kamu bisa membuat versi dirimu sendiri yang lebih mudah.

Bahan-bahan yang kamu butuhkan hanya nasi, telur, bumbu nasi goreng instan dan pelengkap seperti ayam atau sosis. Dengan sedikit minyak, kamu bisa menumis semua bahan dan memasaknya dengan rice cooker atau panci elektrik.

Nasi goreng adalah masakan pilihanmu jika masih ada sisa nasi di rice cooker atau nasi sisa kemarin yang bisa diolah menjadi makanan yang lezat.

Sup Telur

Sup telur adalah makanan berkuah yang lezat dan mudah dibuat bagi kamu anak kosan.

Sesuai dengan namanya, kamu hanya butuh telur, air, bawang putih dan penyedap sesuai seleramu. Kamu bisa menambahkan sayuran lain seperti wortel dan daun bawang, atau protein seperti sosis.

Sup telur cocok untuk dikonsumsi dalam cuaca dingin. Tak cuma itu, makan telur juga cukup mengenyangkan kok!

Sayur Bayam

Sayur bayam atau sayur bening adalah rekomendasi makanan berkuah lainnya yang sehat dan lezat untuk dikonsumsi.

Bahan yang kamu butuhkan adalah air, bayam, bawang putih fan merah, dan penyedap. Cara memasaknya dicampur menjadi satu sembari dimasak dalam rice cooker atau panci elektrik.

Sayur bayam bagus untuk dikonsumsi karena kaya akan nutrisi dan serat. Sebagai anak kos, jangan sampai lupa akan kebutuhan sayur dalam makananmu ya.

Sarden

Makanan anak kos tanpa kompor ini juga cukup mudah untuk dibuat. Kamu cukup beli sarden kalengan dan rice cooker maupun panci elektrik.

Masukkan sarden kalengan ke dalam alat itu, kemudian panaskan. Ditambah dengan nasi yang telah dimasak sebelumnya juga sangat oke. Sajikan sarden sebagai lauk pelengkap nasi.

Ikan sarden adalah protein bergizi tinggi yang baik untuk dikonsumsi. Selain itu sarden juga memiliki beragam varian rasa yang tentunya bisa kamu sesuaikan dengan selera.

Roti tawar isi

Roti tawar isi bisa jadi opsi makanan anak kos tanpa kompor yang hemat dan mengenyangkan. Caranya, siapkan roti tawar berikut topping yang kamu inginkan. Pilihan topping pun juga amat beragam, seperti meses, gula, selai maupun kental manis.

Biasanya, orang-orang mengoleskan mentega atau margarin pada roti terlebih dahulu agar topping bisa lengket dan tak berceceran.

Roti tawar juga bisa dihangatkan dengan rice cooker kok. Tak perlu khawatir jika memang mencari makanan yang hangat, kan?

Roti tawar umumnya dimakan sebagai makanan untuk sarapan. Selain cukup kenyang, juga bukan makanan yang terlalu berat dikonsumsi pada pagi hari.

Mie Instan

7 Menu Makanan Anak Kos Tanpa Kompor Anti Ribet - makanan anak kos tanpa kompor

Sudah bukan rahasia lagi jika mie instan adalah makanan andalan anak kos terutama di akhir bulan. Makanan anak kos tanpa kompor ini merupakan opsi sempurna buat orang-orang yang suka mager.

Saat tak ada kompor yang bisa dimanfaatkan, alat lain pun jadi. Sejumlah alat yang bisa digunakan untuk merebus air tentu bisa digunakan. Mulai dari rice cooker, panci elektrik, dan bahkan water heater sekalipun.

Rebus air dengan alat yang tersedia. Siapkan mie instan di piring atau mangkok. Rebus air bersama mie instan, dan tunggu hingga matang sebelum siap disantap.

Jangan khawatir bosan dengan rasa, sebab ada banyak sekali varian rasa mie instan yang tersedia. Namun, harus diingat bahwa mie instan sebaiknya tak terlalu sering dikonsumsi. Pasalnya, makanan ini mengandung pengawet, karbohidrat, lemak jenuh, dan garam atau natrium yang tinggi.

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel