Mengapa Pengalaman Kerja itu Penting?

Mengapa Pengalaman Kerja itu Penting?

Work Experience

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Pengalaman kerja itu penting untuk dua hal utama. Pertama, meningkatkan kesempatan lamaran kerja kalian diterima karena sudah berpengalaman. Kedua, mengasah kemampuan baik softskill maupun hardskill agar terus mengembangkan diri sampai akhirnya kalian bisa mewujudkan karier yang diimpikan.

Mengingat umumnya, untuk menciptakan dan mempertahankan karier yang mapan diperlukan upaya untuk terus mengembangkan diri dan tidak pernah terputus.

Artikel ini akan menyampaikan beberapa alasan pentingnya pengalaman kerja dari segi dua hal tersebut.

Membuat kalian berbeda dari kandidat lainnya

Mengapa Pengalaman Kerja itu Penting? - image 107
Foto: greenwood calendar

Dunia pasar lowongan kerja sangat kompetitif dan kondisi akan terus bertahan sampai di waktu yang akan datang sekalipun. Generasi saat ini dituntut untuk segera menyesuaikan perubahan zaman agar berhasil dalam upaya beradaptasi.

Sehingga punya pengalaman kerja itu penting untuk alasan ini.

Calon perekrut bisa lebih cepat mengenali dan tertarik dengan profil kalian karena sudah ada pengalaman kerja.

Perlu diketahui bahwa pengalaman kerja yang lebih cepat menarik mereka adalah yang relevan dengan bidang atau posisi yang dilamar.

Meningkatkan rasa percaya diri

Mengapa Pengalaman Kerja itu Penting? - image 108
Foto: S1 jobs

Mendapatkan pengalaman kerja  bisa meningkatkan kepercayaan diri secara maksimal karena kalian dinilai sudah pernah merasakan ‘beratnya kehidupan’. Inilah perbedaan utama antara belajar di sekolah. Kalian jadi bisa melihat manfaat pekerjaan kalian di situasi kehidupan nyata.

Mungkin ada tantangan yang tidak kalian temui dan hadapi di sekolah atau universitas, tapi tantangan ini akan membangun ketahanan kalian. Semua ini akan membantu kalian mengatasi tantangan di masa depan.

Selain karena meningkatnya kemampuan dalam memecahkan masalah, kalian jadi bertemu orang baru dalam lingkungan profesional dan dengan begitu, keterampilan komunikasi juga meningkat.

Tentukan minat kalian dan tidak ragu untuk mengambil kesempatan

Memiliki pengalaman kerja bisa membantu kalian memutuskan karir seperti apa yang ingin dijalani di masa depan. Dan semua ini pastinya dimulai dengan langkah pertama.

Pepatah ‘kalian tidak akan pernah tahu sampai akhirnya mencoba’ sangat berlaku untuk alasan ini. 

Untuk mengetahui apakah pekerjaan tersebut cocok untuk kalian atau tidak. Satu-satunya cara untuk mengetahuinya dengan mencobanya. Dan proses ini tidak akan berlangsung untuk waktu yang singkat.

Tidak mungkin kalian langsung menemukan jawaban besarnya hanya dalam seminggu misalnya.

Namun, rajin mengembangkan pengalaman kerja bisa memberi kalian indikasi tentang apa yang cocok dan tidak. Misalnya, menentukan kalian lebih cocok kerja kantoran atau di luar ruangan. Pengalaman kerja dapat memberi kalian gambaran tentang apa yang ingin dilakukan setelah meninggalkan sekolah.

Mungkin kalian ingin tahu mana industri atau pekerjaan yang cocok untuk kalian. Misalnya, kalian mungkin berpikir karier di bidang keuangan itu sempurna dan cocok untuk kalian.

Tetapi ketika akhirnya mengerjakannya, ternyata tidak sesuai dengan ekspektasi. Masa-masa seperti inilah kalian memikirkan gambaran yang lebih jelas tentang apa yang mungkin tepat bagi kalian.

Bahan obrolan yang sempurna untuk wawancara

Memiliki pengalaman kerja juga merupakan hal yang bagus untuk dibicarakan dalam sebuah wawancara dan bisa membantu kalian dalam menjawab pertanyaan. 

Misalnya, jika pewawancara meminta kalian menceritakan cara pemecahan masalah atau menyebutkan waktu saat kalian bangga pada diri sendiri dan pencapaian, inilah saat yang tepat untuk membicarakan pengalaman kerja. 

Berbeda halnya dengan kandidat yang tidak punya pengalaman kerja semali yang cenderung punya topik yang terbatas untuk dibahas saat wawancara kerja.

Ada baiknya juga menggunakan kesempatan wawancara untuk membicarakan bagaimana kalian tertantang selama kerja dan bagaimana Anda menanganinya serta belajar dari situasi yang sulit tersebut. 

Kalau kalian ragu-ragu apakah pengalaman kerja penting atau tidak, artikel ini harapannya sudah cukup menyakinkan bahwa pengalaman kerja sangat penting dalam membantu menyukseskan perjalanan karier kalian yang akan berlangsung panjang itu. 

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel