10 Menu Buka Puasa Bersama Keluarga Besar, Bisa Dicoba!

10 Menu Buka Puasa Bersama Keluarga Besar, Bisa Dicoba!

Menu Buka Puasa Bersama Keluarga Besar

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu saat bulan Ramadhan yaitu buka puasa bersama keluarga besar. Buka puasa bersama keluarga besar menjadi kesempatan untuk saling berbagi, bercerita, dan bersyukur atas nikmat yang Allah SWT berikan.

Tentu saja, buka puasa bersama keluarga besar juga harus disiapkan dengan menu yang lezat, sehat, dan variatif. Apa saja menu buka puasa bersama keluarga besar?

Mengingat ada beberapa menu yang perlu kamu siapkan untuk memasaknya, berikut Sediksi rekomendasikan menu buka puasa bersama keluarga besar.

Menu Buka Puasa Bersama Keluarga Besar

Ayam Panggang Bumbu Kecap

Menu buka puasa bersama keluarga besar yang pertama bisa kamu sajikan berupa ayam panggang bumbu kecap. Ayam panggang bumbu kecap menjadi menu yang sederhana tapi nikmat.

Ayam yang dibumbui dengan kecap, bawang putih, jahe, gula merah, dan rempah-rempah lainnya, kemudian dipanggang hingga matang dan harum. Ayam panggang bumbu kecap bisa disajikan dengan nasi putih, lalapan, dan sambal.

Sop Ayam Makaroni

Lainnya, ada sop ayam makaroni sebagai menu yang segar dan bergizi. Sop ayam makaroni terbuat dari kaldu ayam yang dicampur dengan makaroni, wortel, kentang, buncis, dan daun seledri.

Sop ayam makaroni bisa disajikan dengan roti tawar, kerupuk, atau sambal. Menu ini bisa membuat keluarga besar kamu merasa hangat dan sehat.

Bakso

Bakso, menu andalan satu ini pastinya banyak disukai oleh keluarga besar. Bakso terbuat dari daging sapi yang digiling dan dibentuk menjadi bola-bola, kemudian direbus dalam kaldu sapi yang gurih.

Bakso bisa disajikan dengan mie, bihun, tahu, pangsit, dan sayuran. Bakso bisa disajikan dengan saus sambal, kecap, dan bawang goreng.

Tumis Udang Asam Manis

10 Menu Buka Puasa Bersama Keluarga Besar, Bisa Dicoba! - fried prawn shrimp with garlic 1024x682 jpg
Freepik

Tumis udang asam manis sebagai menu yang lezat dan menggugah selera ini terbuat dari udang yang ditumis dengan bawang bombay, bawang putih, nanas, saus tomat, saus tiram, gula, dan cuka. Tumis udang asam manis bisa disajikan dengan nasi putih, nasi goreng, atau kwetiau.

Rawon

Rawon menjadi menu buka puasa bersama keluarga besar lainnya yang khas dan kaya rasa. Rawon terbuat dari daging sapi yang direbus dalam kaldu yang berwarna hitam karena menggunakan kluwek.

Rawon juga menggunakan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, jahe, lengkuas, dan serai. Rawon bisa disajikan dengan nasi, tauge, daun bawang, dan kerupuk. Rawon paling enak disantap saat masih hangat.

Tempe Orek

Menu satu ini begitu sederhana tapi lezat. Tempe orek terbuat dari tempe yang dipotong-potong, kemudian digoreng dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kecap, gula, dan cabai.

Tempe orek bisa disajikan dengan nasi, lalapan, atau sambal. Menu ini bisa membuat keluarga besar kamu merasa kenyang dan sehat.

Pepes Tahu Jamur

Menu lainnya yang bisa kamu andalkan saat buka puasa yakni pepes tahu jamur. Terbuat dari tahu yang dihancurkan, kemudian dicampur dengan jamur, kemangi, bawang merah, bawang putih, cabai, garam, dan gula.

Pepes tahu jamur kemangi dibungkus dengan daun pisang, kemudian dikukus hingga matang. Pepes tahu jamur kemangi bisa disajikan dengan nasi, lalapan, atau sambal. Rasanya begitu nikmat!

Ayam Bakar Madu

Kamu bisa mencoba menu ayam bakar madu satu ini. Makanan ini terbuat dari ayam yang dibumbui dengan madu, kecap, bawang putih, jahe, garam, dan merica, kemudian dibakar hingga matang dan berwarna kecoklatan. Ayam bakar madu bisa disajikan dengan nasi, lalapan, atau sambal.

Nasi Goreng Jawa

10 Menu Buka Puasa Bersama Keluarga Besar, Bisa Dicoba! - american fried rice 1024x683 jpg
Freepik

Menu sederhana yang bisa disantap saat buka puasa bersama keluarga besar lainnya ada nasi goreng jawa. Menu praktis dan enak ini terbuat dari nasi yang digoreng dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kecap, garam, dan gula, kemudian dicampur dengan telur, ayam, udang, dan sayuran.

Nasi goreng jawa bisa disajikan dengan kerupuk, acar, atau sambal. Menu ini bisa membuat keluarga besar kamu merasa kenyang sesudah berbuka.

Es Teler dan Puding

Jika kesembilan menu buka puasa bersama keluarga besar di atas adalah makanan berat, kamu bisa menyuguhkan minuman dan cemilan manis satu ini juga.

Es teler terbuat dari buah-buahan seperti alpukat, kelapa muda, nangka, dan cincau, kemudian disiram dengan santan, sirup, dan susu kental manis.

Puding terbuat dari susu, agar-agar, gula, dan vanili, kemudian dikukus atau didinginkan hingga mengeras. Es teler dan puding bisa disajikan dengan es batu atau es serut.

Itulah 10 menu buka puasa bersama keluarga besar yang bisa kamu sajikan saat berbuka. Menu-menu ini bisa membuat keluarga besar kamu merasa kenyang, sehat, dan bahagia. Selain itu, menu-menu ini juga bisa membuat keluarga besar kamu merasa lebih dekat dan harmonis.

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel