4 Faktor Penyebab Kulit Kering dan Cara Mengatasinya, Bisa Timbulkan Jerawat?

4 Faktor Penyebab Kulit Kering dan Cara Mengatasinya, Bisa Timbulkan Jerawat?

penyebab kulit kering dan cara mengatasinya

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Kulit kering terjadi seiring kamu kehilangan air dalam tubuh dan dehidrasi. Selain itu, usia, riwayat kesehatan, musim, dan kebiasaan mandi yang kurang tepat dapat menyebabkan kulit kering.

Kondisi kulit kering sendiri biasanya ditandai dengan kulit berisisik, gatal, dan pecah-pecah. Ia biasanya memengaruhi bagian tubuh seperti tangan, lengan, dan kaki. Kebiasaan seperti sering mencuci tangan dan penggunaan hand sanitizier juga bisa menyebabkan tangan menjadi kering.

Ada beberapa jenis kulit kering yang sebaiknya kamu simak, ini penting sebagai langkah tepat untuk mengatasinya.

Jenis Kulit Kering

Paparan kondisi cuaca kering, air panas, dan bahan kimia tertentu dapat menyebabkan kulit mengering. Demikian halnya dengan keadaan kebersihan di tempat kita berada.

Kulit kering juga bisa didasari dari kondisi medis tertentu. Setiap orang punya jenis kulit yang berbeda, dan tentu saja penanganannya juga bakal berbeda.

Dilansir dari Healthline, ada istilah dalam medis untuk kulit kering disebut dermatitis. Beberapa jenis kulit kering, diantaranya:

  • Dermatitis kontak

Ini berkembang saat kulit bereaksi terhadap sesuatu yang disentuhnya, menyebabkan peradangan lokal.

Dermatitis kontak iritan ini terjadi ketika kulit terpapar bahan kimia yang mengiritasi seperti pemutih.

Sementara, dermititis kontak alergi terjadi saat kulit terpapar zat yang membuat kulit jadi alergi, seperti nikel.

  • Dermatitis Seborik

Ini terjadi ketika kulit menghasilkan terlalu banyak minyak. Kulit akan menjadi ruam merah dan bersisik, biasanya terjadi pada kulit kepala. Jenis ini sering terjadi pada bayi.

  • Dermatitis atopik

Istilah lainnya dikenal dengan eksim. Ini merupakan kondisi kulit kronis yang menyebabkan bercak bersisik kering pada kulit. Terjadi umumnya pada anak kecil.

Jenis penyakit seperti psoriasis dan diabetes tipe 2 juga bisa menyebabkan kulit mengering. Itulah mengapa keadaan kulit amat dipengaruhi oleh kondisi kesehatan.

4 Faktor Penyebab Kulit Kering

Kulit kering adalah sesuatu yang normal. Terlebih, seiring bertambahnya usia, kulit biasanya akan lebih mengering dari waktu ke waktu. Pasalnya, pori-pori kulit menghasilkan minyak lebih sedikit.

Kulit kering juga bisa menyerang siapa saja, ia tidak mengenal gender atau umur. Namun, biasanya kulit kering terjadi karena 4 faktor berikut ini.

Usia

Pada orang dewasa yang lebih tua, kulit kering berpeluang terjadi lebih besar. Seiring bertambahnya usia, pori-pori alami dalam kulit menghasilkan sedikit minyak sehingga rentan terhadap risiko kulit kering.

Riwayat kesehatan

Jika kamu memiliki riwayat kondisi kulit kering atau penyakit alergi dari keluarga, potensi mengalami eksim atau dermatitis sangat mungkin terjadi.

Penyakit tiroid, diabetes, atau penyakit ginjal juga berpeluang bisa menyebabkan kulit kering.

Musim atau cuaca

Kulit kering lebih sering terjadi pada musim dingin atau pergantian musim dari musim panas menuju musim hujan, saat tingkat kelembapan relatif rendah.

Sementara, saat musim panas tingkat kelembapannya lebih tinggi yang dapat mencegah kulit mengering.

Kebiasaan mandi

Kebiasaan sering mandi atau mencuci dengan air panas dapat meningkatkan risiko kulit kering. Dianjurkan untuk tidak berlama-lama saat mandi. 10 menit rasanya sudah cukup.

Kulit Kering Menyebabkan Jerawat

Jerawat tidak hanya terjadi pada kulit berminyak. Kulit kering juga bisa menyebabkan jerawat. Kulit kering yang mengalami dehidrasi dapat membuat pori-pori nampak lebih besar. Sumbatan pori-pori inilah yang akan menyebabkan jerawat.

Dalam mengatasi kulit kering dan berjerawat, gunakanlah perawatan seperti biasa mulai dari mengoleskan pelembab pada kulit berjerawat dua kali sehari. Hindarilah bahan kimia seperti alkohol yang justru bisa membuat kulit semakin kering.

Dianjurkan untuk menggunakan bahan-bahan alami yang bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit.

Cara Mengatasi Kulit Kering

Perubahan gaya hidup sederhana dapat membantu mengatasi meredakan kulit kering. Cobalah beberapa hal ini!

  • Hindari menggunakan air panas untuk mandi atau berendam
  • Kurangi waktu mandi, cukup hanya 10 menit
  • Gunakanlah sabun pelembab saat mandi
  • Segera oleskan pelembab setelah mandi
  • Tepuk kulit kering dengan handuk lembut, bukan menggosok
  • Minumlah banyak air
  • Perhatikan cara pemilihan pelembab yang tepat untuk kulit

Apabila terjadi dan mengalami kulit kering yang semakin parah, sebaiknya segera pergi ke puskesmas atau dokter terdekat untuk mengatasinya!

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel