4 Perbedaan Layar IPS dan AMOLED, Mana yang Lebih Unggul?

4 Perbedaan Layar IPS dan AMOLED, Mana yang Lebih Unggul?

4 Perbedaan Layar IPS dan AMOLED, Mana yang Lebih Unggul?

DAFTAR ISI

Sediksi – Saat ini, teknologi layar telah berkembang pesat dan menjadi salah satu faktor penting dalam memilih perangkat elektronik, seperti hp, tablet, laptop, atau TV. Dua jenis teknologi layar yang paling populer saat ini adalah IPS dan AMOLED. Oleh karena itu, kamu wajib tahu perbedaan layar IPS dan AMOLED.

Kedua teknologi layar ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, serta memberikan pengalaman visual yang berbeda bagi penggunanya. Lalu, apa saja perbedaan antara layar IPS dan AMOLED, dan manakah yang lebih unggul dari segi kualitas, efisiensi, dan daya tahan? Berikut ini sudah Sediksi rangkum buat kamu.

Perbedaan layar IPS dan AMOLED

4 Perbedaan Layar IPS dan AMOLED, Mana yang Lebih Unggul? - 1000011562 jpg
Tech Advisor

Apa itu layar IPS dan AMOLED?

Biar kamu lebih tahu, mari mulai dengan definisi keduanya sekaligus bagaimana cara kedua panel layar tersebut bekerja sehingga bisa menampilkan gambar di hp kamu. Layar IPS merupakan jenis layar LCD (Liquid Crystal Display) yang menggunakan panel berteknologi canggih yang memungkinkan tampilan yang lebih jernih, akurat, dan kaya akan warna.

Layar IPS menggunakan kristal cair yang diletakkan di antara dua lapisan polarisator yang berfungsi untuk mengatur intensitas cahaya yang melewati kristal cair tersebut.

Cahaya yang melewati cairan kristal ini kemudian terpolarisasi dan akan dikontrol oleh filter horizontal dan vertikal yang terdapat di sisi susunan kristal, sehingga dapat menyaring beberapa warna. Di belakang susunan kristal cair ini ada backlight yang menjadi sumber cahaya utama.

Sementara itu, layar AMOLED merupakan jenis layar OLED (Organic Light-Emitting Diode) yang menggunakan piksel organik yang masing-masing dapat memancarkan cahaya sendiri tanpa memerlukan backlight.

Layar AMOLED menggunakan anoda dan katoda untuk mengalirkan elektron melalui lapisan film yang sangat tipis. Kecerahan yang keluar akan ditentukan oleh kuat tidaknya elektron yang mengalir, sedangkan warna diatur oleh emitting dioda merah, hijau, dan biru yang tertanam di layar.

Apa saja perbedaannya?

Dari penjelasan di atas, kamu dapat mengetahui beberapa perbedaan antara layar IPS dan AMOLED, berikut ini merupakan beberapa perbedaan antara keduanya:

Reproduksi warna

Perbedaan layar IPS dan AMOLED yang pertama terlihat dari warna yang dihasilkan. Layar AMOLED akan menampilkan warna yang lebih jenuh dan kontras yang lebih tinggi, sedangkan layar IPS lebih akurat dalam menghasilkan warna yang alami.

Konsumsi daya

Perbedaan layar IPS dan AMOLED selanjutnya yaitu dari konsumsi daya yang dibutuhkan. Layar AMOLED lebih efisien karena hanya memerlukan daya pada piksel yang aktif, sementara itu, layar IPS memerlukan daya untuk mengaktifkan semua piksel yang ada.

Sayangnya, layar AMOLED lebih rentan terhadap burn-in atau retensi gambar yang terjadi ketika gambar yang statis ditampilkan dalam waktu yang cukup lama.

Sudut pandang

Perbedaan layar IPS dan AMOLED berikutnya dari segi sudut pandang. Layar IPS memiliki sudut pandang yang lebih luas daripada layar AMOLED, yang berarti tampilan akan tetap baik dari berbagai sudut dan tetap terlihat jelas.

Ketebalan

Kamu juga bisa melihat perbedaan layar IPS dan AMOLED dari segi ketebalan panel layarnya. Layar AMOLED lebih tipis daripada layar IPS, karena layar AMOLED tidak memerlukan backlight seperti halnya IPS.

Lantas, dari segala kelebihan dan kekurangan, serta perbedaan antara keduanya, manakah yang lebih unggul?

Manakah yang lebih unggul?

Setelah mengetahui perbedaan layar IPS dan AMOLED, kamu mungkin bertanya-tanya, manakah yang lebih unggul dari segi kualitas, efisiensi, dan daya tahan? Jawabannya adalah tergantung pada kebutuhan dan preferensi masing-masing.

Jika kamu mengutamakan warna yang jenuh, kontras yang tinggi, dan kualitas gambar yang tajam, maka layar AMOLED adalah pilihan yang tepat. Namun, jika kamu lebih mengutamakan akurasi warna dan sudut pandang yang luas, maka layar IPS adalah pilihan yang lebih baik. 

Selain itu, kamu juga perlu mempertimbangkan faktor lain seperti harga, ketersediaan, dan kompatibilitas dengan perangkat yang kamu gunakan. Dua jenis teknologi layar yang paling populer saat ini adalah IPS dan AMOLED. 

Kedua teknologi layar ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, serta memberikan pengalaman visual yang berbeda bagi penggunanya. Perbedaan layar IPS dan AMOLED terletak pada cara kerja, reproduksi warna, konsumsi daya, sudut pandang, dan ketebalan. 

Oleh karena itu, sebelum memilih antara layar IPS dan AMOLED, sebaiknya kamu mengetahui perbedaan dan karakteristik masing-masing teknologi layar tersebut, serta membandingkan dengan perangkat yang kamu gunakan.

Baca Juga
Topik
notix-artikel-retargeting-pixel