Proyek Jalan Listrik, Baterai Mobil Listrik Jadi Full Terus!

Proyek Jalan Listrik, Baterai Mobil Listrik Jadi Full Terus!

Proyek Jalan Listrik, Baterai Mobil Listrik Jadi Full Terus!

DAFTAR ISI

Sediksi – Bayangkan jika kamu bisa mengisi baterai mobil listrik kamu hanya dengan mengendarainya di jalan raya. Tidak perlu mencari stasiun pengisian, tidak perlu menunggu berjam-jam, tidak perlu khawatir kehabisan daya. Itulah salah satu visi yang mendorong proyek jalan listrik di Amerika Serikat ini.

Proyek jalan listrik di Amerika Serikat ini merupakan sebuah inovasi energi yang berpotensi mengubah cara kamu bertransportasi dan mengurangi emisi karbon. Tenang saja, Sediksi sudah merangkumkan buat kamu tentang proyek jalan listrik ini, mulai dari lokasi, fungsi, dan bagaimana cara kerjanya.

Proyek jalan listrik di Amerika Serikat

Proyek Jalan Listrik, Baterai Mobil Listrik Jadi Full Terus! - 1000012771 1024x576 jpg
onwalkbout

Lokasi jalan listrik

Proyek jalan listrik di Amerika Serikat masih dalam tahap pengembangan dan pengujian. Salah satu proyek yang paling terkenal adalah Interstate H-3, sebuah jalan raya sepanjang 26 kilometer yang melintasi Lembah Moanalua di Hawaii.

Jalan ini dilengkapi dengan kabel bawah tanah yang menghasilkan medan magnet, yang kemudian dapat ditangkap oleh kumparan di bawah mobil listrik dan diubah menjadi listrik. Proyek ini sudah dimulai pada tahun 2018 lalu dan diharapkan selesai pada tahun 2024 ini.

Selain itu, ada juga proyek lain yang sedang berlangsung di berbagai negara bagian, seperti California, Texas, New Mexico, dan Oregon. Beberapa proyek ini menggunakan teknologi yang berbeda, seperti panel surya di permukaan jalan, kabel induktif di bahu jalan, atau kabel bawah laut untuk mengimpor listrik bertenaga air.

Tujuan akhir dari proyek-proyek ini adalah untuk menciptakan jaringan jalan listrik yang saling terhubung dan dapat mendistribusikan energi terbarukan ke seluruh wilayah Amerika Serikat.

Fungsi jalan listrik

Jalan listrik memiliki beberapa fungsi yang dapat memberikan manfaat bagi lingkungan, ekonomi, dan masyarakat. Berikut adalah beberapa fungsi dari jalan listrik ini:

Mengurangi emisi karbon

Dengan menggunakan jalan listrik, mobil listrik dapat mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil, yang merupakan sumber utama polusi udara dan pemanasan global. Selain itu, jalan listrik juga dapat memanfaatkan energi terbarukan, seperti angin, matahari, dan air, yang tidak menghasilkan emisi karbon sama sekali.

Meningkatkan efisiensi energi

Dengan menggunakan jalan listrik, mobil listrik dapat menghemat energi yang biasanya terbuang saat mengisi baterai atau saat berhenti di lampu merah. Jalan listrik juga dapat mengatur aliran listrik sesuai dengan kebutuhan, sehingga tidak ada pemborosan atau kelebihan suplai.

Meningkatkan keselamatan berkendara

Dengan menggunakan jalan listrik, mobil listrik dapat berkomunikasi dengan infrastruktur jalan, seperti lampu lalu lintas, rambu, atau kamera. Hal ini dapat membantu menghindari kecelakaan, kemacetan, atau pelanggaran.

Dengan menggunakan teknologi yang ada, nantinya jalan listrik tersebut juga dapat memberikan informasi tentang kondisi cuaca, jalan, atau lalu lintas kepada pengemudi, sehingga mereka dapat mengambil keputusan yang tepat.

Jika dilihat dari manfaat yang akan dirasakan, sepertinya proyek jalan listrik ini akan menjadi salah satu proyek inovasi paling mengagumkan dan juga canggih. Lantas, bagaimana cara kerja jalan listrik ini sehingga bisa memberikan berbagai manfaat buat pengendara?

Cara kerja jalan listrik

Jalan listrik bekerja dengan menggunakan prinsip induksi elektromagnetik, yaitu fenomena di mana medan magnet dapat menghasilkan arus listrik di dalam kumparan. Jalan listrik memiliki dua komponen utama, yaitu kabel bawah tanah dan kumparan di bawah mobil listrik.

Kabel bawah tanah merupakan kabel yang ditanam di bawah permukaan jalan dan dialiri oleh arus listrik bervoltase tinggi. Kabel ini menghasilkan medan magnet yang bergerak searah dengan arah jalan. Medan magnet ini kemudian dapat ditangkap oleh kumparan di bawah mobil listrik, yang berfungsi sebagai penerimanya.

Nah, kumparan di bawah mobil listrik merupakan kumparan yang dipasang di bagian bawah mobil listrik dan terhubung dengan baterai. Kumparan ini berfungsi sebagai pengubah medan magnet yang diterima menjadi arus listrik bervoltase rendah. Arus listrik ini kemudian dapat digunakan untuk menggerakkan motor listrik atau mengisi baterai.

Dengan cara ini, mobil listrik dapat mendapatkan listrik secara terus-menerus selama berada di atas jalan listrik, tanpa perlu berhenti atau mengisi ulang. Jalan listrik juga dapat mengirimkan data atau sinyal melalui medan magnet, yang dapat digunakan untuk mengontrol lalu lintas, mengatur tarif, atau memberikan informasi.

Proyek jalan listrik di Amerika Serikat menjadi salah satu inovasi energi masa depan yang dapat memberikan solusi bagi tantangan lingkungan, ekonomi, dan masyarakat. Dengan menggunakan jalan listrik, kamu dapat mengurangi emisi karbon, meningkatkan efisiensi energi, dan meningkatkan keselamatan berkendara.

Jalan listrik juga dapat mendukung pengembangan mobil listrik, yang merupakan kendaraan ramah lingkungan yang semakin diminati oleh masyarakat. Meskipun masih dalam tahap pengembangan dan pengujian, proyek jalan listrik di Amerika Serikat menunjukkan potensi dan kemajuan yang signifikan.

Proyek ini juga mendapat dukungan dari pemerintah, swasta, dan akademisi, yang berkolaborasi untuk mewujudkan visi jalan listrik. Jalan listrik bukan lagi mimpi, tetapi kenyataan yang dapat kamu saksikan dalam waktu dekat.

Baca Juga
Topik
notix-artikel-retargeting-pixel