SGIE Itu Apa? Trik Gibran Bikin Cak Imin Gelagapan

SGIE Itu Apa? Trik Gibran Bikin Cak Imin Gelagapan

SGIE Itu Apa? Trik Gibran Bikin Cak Imin Gelagapan

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Ada yang menarik dalam debat perdana cawapres 2024 di JCC pada Jumat (22/12) kemarin. Hal itu terjadi saat sesi Gibran memberikan satu pertanyaan kepada Cak Imin soal SGIE.

SGIE itu apa? Pertanyaan itulah yang pertama kali dilontarkan oleh Cak Imin usai Gibran bertanya tentang “bagaimana langkah Gus Muhaimin untuk menaikkan peringkat Indonesia di SGIE?”

Mendengar kata SGIE, Cak Imin gelagapan dan mengaku tak pernah mendengar kata itu sebelumnya.

Singkatan itu, kemudian juga ramai membuat netizen penasaran mengenai SGIE itu apa?

SGIE Itu Apa?

SGIE adalah singkatan dari State of the Global Islamic Economy. SGIE ini merupakan report atau laporan yang diluncurkan DinarStandart di Dubai, Uni Emirate Arab pada pertengahan 2022 lalu.

Laporan itu mencakup sektor keuangan syariah, makanan dan minuman halal, farmasi halal, kosmetik halal, perjalanan ramah untuk muslim, hingga media dan rekreasi bertema islam.

Pada laporan itu, didukung oleh data dari Departemen Ekonomi dan Pariwisata (DET) di Dubai yang menyebut peluang dan tantangan negara pada sektor-sektor tersebut.

Pada laporan SGIE 2022 yang mencakup 81 negara, Indonesia tercatat sebagai negara keempat dengan pengembangan ekosistem ekonomi syariah yang kuat. Di atas Indonesia, ada negara Malaysia, Arab Saudi, dan Uni Emirate Arab.

Indonesia dilaporkan menempati posisi peringkat dua dunia di sektor produk makanan halal atau halal food.

SGIE Itu Apa? Trik Gibran Bikin Cak Imin Gelagapan - Jepretan Layar 2023 12 23 pukul 09.58.05
cdn.salaamgateway

Respon Netizen soal SGIE “ChatGPT aja Nggak Tahu”

SGIE Itu Apa? Trik Gibran Bikin Cak Imin Gelagapan - Salinan Jepretan Layar 2023 12 23 pukul 09.46.40 jpg
Tangkapan layar YouTube Narasi TV

Penyebutan istilah SGIE saat debat cawapres itu langsung memanas di dunia maya, termasuk X. Banyak netizen yang menyayangkan kenapa Gibran harus bertanya menggunakan singkatan.

Seorang netizen membagikan cuitannya saat dia bertanya tetang “SGIE itu apa” di ChatGPT.

“Bahkan CahtGPT pun nggak tahu,” tulisnya.

Dalam beberapa menit, pemilik akun @ainunnajib itu memberikan informasi kembali bahwa ChatGPT langsung update mengenai istilah SGIE.

Dalam capture yang ia bagikan, pertanyaan yang ia tulis “SGIE itu apa dalam konteks debat calon wakil presiden, topiknya adalah ekonomi”.

Chatbot AI itu dengan singkat menjelaskan pengertian SGIE yang menjadi topik Gibran saat debat cawapres 2024.

Buzzwords jadi Trik Gibran Serang Lawannya

Tak hanya soal singkatan dari SGIE, penyebutan Gibran soal istilah itu pun juga panas dibicarakan oleh warganet.

Banyak yang mempertanyakan penyebutan Gibran dalam bahasa Indonesia “ES G I E” padahal istilah tersebut memiliki arti bahasa Inggris yang harusnya dibaca dengan “ES JI AI I” dalam alphabet bahasa Inggris.

Bukan netizen Indonesia namanya kalau nggak kreatif bikin sindiran. Beberapa netizen, ada aja yang menyinggung Gibran dengan bikin plesetan singkatan yang mirip dengan SGIE.

“Bayangkan pertanyaan debat begini: “Bagaimana strategi bapak untuk memperkuat PKI di Indonesia demi ketahanan nasional?” tulis seorang netizen.

PKI yang ia maksud di sini yaitu Public Key Infrastructure.

Netizen lainnya, mengatakan bahwa pertanyaan dari Gibran itu bukan untuk menguji lalu mendapatkan jawaban, tetapi cuma mencari ketidaktahuan lawan menggunakan istilah yang sebenarnya ga penting-penting amat.

“Dia sendiri pas ditanya balik SGIE itu apa juga harus baca teks. Kelakuan pengkoleksi buzzwords,” tulis Pendiri Ethical Hacker Indonesia, Teguh Aprianto di akunnya @secgron.

Sementara, tim sukses paslon 3 Ganjar-Mahfud, Islah Bahrawi, menilai kalau Gibran sengaja mendesain pertanyaan itu seolah-olah sesuatu yang tidak dikuasai oleh lawan bicaranya.

“Masalahnya kalau memang ini menggunakan literatur inggris tapi, dia ngomongnya SGIE tapi kepanjangan bahasa inggris, jadi saya nggak dapet (nggak paham),” ujarnya saat menjadi narasumber dalam Musyawarah Nobar Debat Cawapres 2024 di YouTube Narasi TV.

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel