Sinopsis Film Kartolo Numpak Terang Bulan (2024), Drama Komedi dengan Kearifan Lokal

Sinopsis Film Kartolo Numpak Terang Bulan (2024), Drama Komedi dengan Kearifan Lokal

Sinopsis Film Kartolo Numpak Terang Bulan

DAFTAR ISI

Sediksi.com ‚Äď Di tengah hiruk-pikuk dunia perfilman Indonesia, muncul sebuah karya yang menggugah tawa sekaligus menghangatkan hati. Kartolo Numpak Terang Bulan, bukan hanya sekadar film, melainkan sebuah perjalanan yang akan membawamu ke sudut-sudut Surabaya yang penuh warna dan kejutan.

Sinopsis film Kartolo Numpak Terang Bulan akan mengisahkan tentang Cak Kartolo, sebagai duda tua yang membuka kost mahasiswa.

Tayangnya film drama komedi ini sebagai dedikasi untuk dua komedian ludruk. Mereka adalah Cak Sapari yang meninggal pada 15 September 2022 dan Cak Eko Tralala yang meninggal pada 24 November 2023. Cak Kartolo sendiri dikenal sebagai ikon komedian ludruk dari Surabaya.

Film yang disutradarai dan diproduseri oleh M. Ainun Ridho ini akan segera tayang di bioskop pada Kamis, 14 Maret 2024. Simak berikut, ulasan dari Sediksi berupa sinopsis film Kartolo Numpak Terang Bulan, beserta daftar pemain, dan fakta menariknya.

Sinopsis Film Kartolo Numpak Terang Bulan

Sinopsis film Kartolo Numpak Terang Bulan kisahnya akan berpusat pada Cak Kartolo, seorang duda tua yang membuka kost untuk mahasiswa. Empat mahasiswa dengan latar belakang beragam, Simon, Yusuf, Mat, dan Boncel, menjadi penghuni kost yang unik.

Mereka tidak hanya berbagi atap, tetapi juga berbagi tawa, duka, dan persaingan untuk mendapatkan hati Sari, putri Cak Kartolo yang sangat cantik jelita.

Selain itu, cerita dalam film Kartolo Numpak Terang Bulan makin kaya dengan hadirnya banyak karakter unik dan berbeda. Tetangga Cak Kartolo, ada Ning Tini yang merupakan seorang janda beranak satu, Jon. Di depan rumahnya, juga ada warkop Cak Sapari dan istrinya, Mbak Dewi. Lainnya, ada sosok hansip bernama Bendoyo yang kurang pendengerannya.

Namun, tiba-tiba Cak Kartolo jatuh sakit dan membuat anaknya, Sari yang sebelumnya tinggal di Jakarta pergi merawat ayahnya itu. Hubungan Cak Kartolo dan Sari sebelumnya juga kurang baik.

Selain adanya persaingan antara empat mahasiswa yang ingin mendekati Sari, ada juga Jon, teman masa kecil Sari. Lantas, siapakah yang akan memenangkan hati Sari? Dan akankah Cak Kartolo dan Sari berdamai? Serta, apa penyakit Cak Kartolo?

Daftar Pemain Kartolo Numpak Terang Bulan

Selain Cak Kartolo, sang ikon ludruk, yang memerankan dirinya sendiri sebagai tokoh utama. Di sampingnya, ada beberapa aktor dan aktris lainnya dengan karakter yang memberikan nuansa komedi autentik Jawa Timuran. Setiap pemain membawa esensi karakternya masing-masing ke dalam cerita yang penuh gelak tawa ini. Ada siapa sajakah mereka?

Berikut, daftar pemain film Kartolo Numpak Terang Bulan.

  • Cak Kartolo berperan sebagai Kartolo
  • Cak Sapari berperan sebagai Cak Sapari
  • Ning Kastini berperan sebagai Ning Tini
  • Alda Yunalvita berperan sebagai Sari
  • Arief Wibhisono berperan sebagai Jon
  • Eko Tralala berperan sebagai Bendoyo
  • Dewi Triani Kartolo berperan sebagai Dewi
  • Rizky Boncel berperan sebagai Boncel
  • Yulawan Krisdianto
  • Wandi Marzuki
  • Beta Sofiyansyah

Fakta Menarik Film Kartolo Numpak Terang Bulan

Setelah menyimak sinopsis film Kartolo Numpak Terang Bulan, totonan yang mengangkat kearifan lokal ini akan menjadi tayangan yang menghibur pada bulan Ramadhan 2024.

Kartolo Numpak Terang Bulan menjadi bentuk penghormatan bagi dua legenda ludruk, Cak Sapari dan Cak Eko Tralala, yang telah berpulang. Dengan dialog dan humor khas Surabaya, penonton akan melihat tayangan yang tak hanya menghibur tetapi juga mengangkat keunikan budaya lokal.

Film yang diproduksi oleh AIR Film dan Smekdor Pictures ini sekaligus menjadi bukti bahwa komedi bisa menjadi sarana yang indah untuk merayakan keberagaman dan kekayaan budaya.

Film ini mengajak untuk tertawa, merenung, dan tentu saja, untuk jatuh cinta dengan kehidupan. Jangan lewatkan kesempatan untuk menyaksikan film ini di bioskop kesayanganmu pada Kamis, 14 Maret 2024. Kamu juga bisa menyaksikan trailer Kartolo Numpak Terang Bulan terlebih dahulu berikut ini.

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.‚Äč

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel