7 Judul Film Komedi Indonesia Terbaik yang Sayang Dilewatkan

7 Judul Film Komedi Indonesia Terbaik yang Sayang Dilewatkan

judul film komedi indonesia

DAFTAR ISI

Selain penuh dengan judul film horror, bioskop Indonesia juga kerap dipenuhi dengan rentetan judul film komedi Indonesia yang layak ditonton untuk mencari hiburan. Komedi menjadi salah satu genre dengan banyak peminat dan penggiat film di Indonesia.

Nggak sedikit bahkan sineas yang membuat film hibrida komedi seperti komedi-thriller, komedi-horror, komedi-romantis.

Pasalnya, menurut amatan praktisi perfilman banyak yang memproduksi film komedi selain karena biaya produksi yang rendah juga karena tingginya minat pada genre ini di Indonesia. Sehingga memberikan potensi keuntungan yang lebih besar.

Kita juga pasti nggak asing dengan trio pelawak Warkop DKI yang namanya besar dengan film-film komedi. Untuk saat ini, film komedi Indonesia apa aja sih yang bikin ngakak kenceng? Simak rekomendasinya!

Judul Film Komedi Indonesia yang Wajib Ditonton

Berdasarkan data dari Ideasource Film Fund (IFF) 2018, pada 10 tahun terakhir industri film Indonesia. Film genre komedi selalu berhasil masuk ke daftar top in 15 film yang mana sebanyak 55% dibandingkan genre lainnya. Untuk itu, kamu bisa cek nih film komedi Indonesia mana aja yang belum kamu tonton?

Kapan Kawin? (2015)

judul film komedi indonesia
  • Genre: Drama/Komedi Romantis
  • Durasi: 1 jam 55 menit
  • Pemain: Reza Rahadian, Adinia Wirsati, Erwin Cortez, Feby Febiola, Adi Kurdi, irman Ferdiansyah
  • Sutradara: Ody C. Harahap

Pertanyaan wajib bagi usia 24 tahun ke atas yang masih melajang pas lebaran di Indonesia: Kapan Kawin? Film ini mengantarkan ketiga pemeran utamanya menjadi nominasi Piala Citra tahun 2015. Film ini sudah bisa ditonton secara legal di aplikasi penyedia jasa streaming.

Cerita bemula dari telpon dari orang tua Dinda yang menginkan kepulangan anaknya ke Kota Yogyakarta. Karena orang tua terus menuntut mantu, Dinda pun menyewa Satrio yang merupakan aktor teater. Mereka bersandiwara sebagai sepasang kekasih.

Hingga orang tua Dinda malah benar-benar menyukai Satrio dan meminta keduanya segera melangsungkan pernikahan. Bisa dibayangkan bagaiaman kelucuan yang akan terjadi dengan akting Reza yang memang sudah mumpuni membintangi berbagai macam genre.

Gara-Gara Warisan (2022)

film komedi indonesia
  • Genre: Drama Komedi
  • Durasi: 1 jam 59 menit
  • Pemain: Indah Permatasari, Sheila Dara Aisha, Oka Antara, Yayu Unru, Ge Pamungkas, Ernest Prakasa
  • Sutradara: Mukadkly Acho

Drama keluarga dan perebutan warisan selalu menjadi topic menarik untuk diikuti apalagi jika sudah melabelkannya dengan genre komedi. Pasti kelucuannya dijamin bikin tertawa.

Berkisah tentang 3 bersaudara: Adam, Laras dan Dicky yang diberi tantangan oleh ayahnya. Pemenang pun berhak mendapatkan warisan berupa guest house.

Persaingan sengit antar tiga bersaudara itu pun berlangsung dan menimbulkan banyak dengki dan dendam masa lalu yang tak usai antar anggota keluarga.

Imperfect (2019)

film indonesia
  • Genre: Drama/Komedi Romantis
  • Durasi: 1 jam 53 menit
  • Pemain: Jessica Mila, kiki Saputri, Reza Rahadian. Zsazsa Utari, Aci resti, Ernest Prakarsa, Neneng Wulandari

Film yang digarap Ernest Prakarsa ini mampu menghadirkan topic yang hangat, membahas tentang penerimaan terhadap diri. Terinspirasi dari karya istrinya sendiir yang berjudul Imperfect: A Journey to Self Acceptance film ini mampu menyertikana perjuangan seorang perempuan untuk mencintai dirinya sendiri.

Rara sebagai seorang wanita karier di perusahaan kosmetik harus menghadapi krisis kepercayaan diri terhadap penampilannya sejak bosnya menawarkan dia naik pangkat. Ia merasa penampilannya kurang mencerminkan image perusahaan kecantikan.

Ia juga memiliki pacar bernama Dika yang sangat mencintainya. Hingga hubungan mereka jadi merenggang karena Rara sibuk untuk melakukan perbaikan penampilan, dan mulai menjauh dari Dika dengan kesibukannya.

Dengan menghadirkan Kiki Saputri. Neneng dan Aci yang memang terkenal dengan lawakannya, Imperfect bisa dibilang sebagai salah satu judul film komedi Indonesia yang memberikan bumbu komedi berimbang.

Bucin (2020)

film lucu indonesia
  • Genre: Drama/Komedi
  • Durasi: 1 jam 37 menit
  • Pemain: Kezia Aletheia, Widika Sidmore, Susan SAmeh, Jovial da Lopez, Chandra Low, Deddy Corbuzier, Gading Marten
  • Sutradara: Chandra Liow

Diproduksi oleh RAPI Films, film ini mencoba memberikan pelajaran berharag tentang cinta yang dikemas dengan humor. Film ini menjadi debut dari Chandra Liow. Film ini sudah tersedia dan bisa dinikmati di Netflix.

Kisah 4 sahabat yang merasa sudah diperbudak oleh cinta dan sudah dibatas wajar, mereka pun mengikuti program kelas anti bucin. Kelas ini dikelola oleh seorang psikolog terenal, Vania. Mereka ditempatkan di sebuah escape room dan harus menjalankan petunjuk yang ada untuk bisa keluar dari ruangan itu.

Ketika sudah berhasil nantinya mereka akan tersadar dan tidak lagi menjadi bucin. Diperankan oleh para Youtuber, film ini menghadirkan humor dan adegan jenaka yang tak biasa. Sangat bisa mengocok perut.

Mendarat Darurat (2022)

film komedi terbaik
  • Genre: Drama/Romance
  • Durasi: 1 jam 53 menit
  • Pemain: Reza Rahadian, Luna Maya, Marissa Anita
  • Sutradara: Pandji Pragiwaksono

Tak puas berselingkuh dengan Anya Geraldine di series Layangan Putus. Di film ini, Reza Rahadian berselingkuh dengan Luna Maya.

Dikisahkan, Glen berselingkuh dari Maya dengan teman sekantornya, Kania. Suatu hari ia bohong pada istrinya untuk perjalanan bisnis ke luar kota dengan menaiki pesawat. Namun sebenarnya ia staycation di hotel dengan Kania.

Hingga akhirnya tersiar kabar kalau pesawat yang Glen (harusnya) tumpangi itu terjatuh. Hal itu membuat namanya muncul di mana-mana sebagai korban jatuhnya pesawat.

Ashiap Man (2022)

  • Genre: Drama/Family/Komedi
  • Durasi: 102 menit
  • Pemain: Atta Halilintar, Aurel Hermansyah, Rizky Billar, Nasya Marcella, Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Reza Rahadian, Acha Septriasa
  • Sutradara: Atta Halilinta

Melesat sebagai konten creator Youtube dengan jargon popular ashiap, Atta kini melakukan debut filmnya dengan drama keluarga komedi berjudul Ashiap Man.

Ceritanya tentang seorang pemuda bernama Zul yang punya mimpi jadi pahlawan super. Karena kegemarannya membantu tetangga dan selalu siap, ia pun dipanggil Ashiap Man oleh penduduk Desa setempat.

Zul juga terlibat cinta segitiga dengan dua gadis cantik di desanya, Aisyah dan Kiara. Bagaimana petualangan Zul sebagai super hero bagi desanya? Akan berakhir dengan siapakah dia? Film ini dapat ditornton di aplikasi Prime Video.

Srimulat: Hil yang Mustahal (2022)

  • Genre: Drama/Komedi
  • Durasi: 1 jam 50 menit
  • Pemain: Bio One, Zulfa maharani, Erick Estrada, Elang El Gibran, Inayma, Dimas Anggara, Indah Permatasari
  • Sutradara: Fajar Nugros

Film ini sebagai tribute bagi grup pelawak Srimulat yang selalu dicintai di Indonesia. Film besutan sutradara Fajar Nugros ini pun juga berhasil meraih 4 nominasi di Festival Film Indonesia.

Cerita film ini bukan tentang sejarah didirikannya Srimulat hingga membuatnya sukses dan besar di Indonesia. Tapi tentang Gepeng, salah seorang pemula yang berusaha untuk mengejar ketertinggalan. Agar bisa setara dengan rekan-rekannya dan diterima.

Di antara deretan judul film komedi Indonesia yang sudah disebutkan di atas. Manakah yang sudah kamu tonton dan kamu approve kelucuannya?