Ampuh! Inilah 5 Solusi Baterai HP Berkurang saat Dicas

Ampuh! Inilah 5 Solusi Baterai HP Berkurang saat Dicas

Ampuh! Inilah 5 Solusi Baterai HP Berkurang saat Dicas

DAFTAR ISI

Sediksi – Salah satu masalah yang sering muncul adalah baterai hp berkurang pada saat dicas. Jika kamu salah satu yang mengalaminya, kamu harus tahu beberapa penyebab dan solusi baterai hp berkurang saat dicas.

Seperti yang kamu ketahui, baterai adalah salah satu komponen penting dalam hp yang menentukan performa dan daya tahan perangkat. Tanpa baterai yang baik, hp tidak bisa digunakan secara optimal. Lalu, apa saja penyebab baterai hp berkurang saat dicas? Dan bagaimana solusi baterai hp berkurang saat dicas? 

Berikut ini sudah Sediksi rangkum buat kamu tentang penyebab dan solusi baterai hp berkurang saat dicas dari berbagai sumber agar kamu bisa mencobanya.

Solusi baterai hp berkurang saat dicas

Ampuh! Inilah 5 Solusi Baterai HP Berkurang saat Dicas - 1000019430 1024x683 jpg
unsplash/steve johnson f

Penyebab baterai hp berkurang saat dicas

Sebelum membahas tentang solusi baterai hp berkurang saat dicas, Alangkah baiknya kamu mengetahui beberapa penyebabnya terlebih dahulu. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan baterai hp berkurang saat dicas, antara lain:

Kabel data atau adaptor yang rusak

Kabel data atau adaptor yang rusak Ini adalah penyebab yang paling umum dan mudah ditemukan. Jika kabel data atau adaptor yang kamu gunakan untuk mengisi daya baterai hp sudah rusak, maka arus listrik yang masuk ke baterai tidak akan stabil. 

Akibatnya, baterai tidak bisa terisi dengan baik, bahkan bisa berkurang. Kabel data atau adaptor bisa rusak karena sering tergulung, terjepit, terkena air, atau terbakar.

Port USB hp yang kotor atau rusak

Port USB adalah tempat dimana kabel data terhubung dengan hp. Jika port USB ini kotor atau rusak, maka koneksi antara kabel data dan baterai hp akan terganggu. Kotoran bisa berasal dari debu, tanah, atau air yang masuk ke port USB. Kerusakan bisa disebabkan oleh benturan, goresan, atau karat.

Baterai hp yang sudah aus atau bocor

Baterai hp memiliki usia pakai yang terbatas. Semakin lama kamu menggunakan baterai hp, semakin menurun kualitasnya. Baterai hp yang sudah aus biasanya tidak bisa menyimpan daya dengan baik, sehingga cepat habis dan sulit terisi.

Baterai hp juga bisa bocor karena terkena panas berlebih, terjatuh, atau terbentur. Baterai hp yang bocor bisa menyebabkan kerusakan pada komponen lainnya, termasuk IC charger.

Sistem hp yang bermasalah

Sistem hp adalah perangkat lunak yang mengatur semua fungsi dan fitur hp. Jika sistem hp bermasalah, maka bisa mempengaruhi kinerja baterai hp. Misalnya, sistem hp mengalami bug, virus, atau malware yang membuat baterai hp boros dan tidak bisa terisi. Atau, sistem hp membutuhkan pembaruan yang bisa meningkatkan efisiensi baterai hp.

Aplikasi yang berat atau tidak kompatibel

Aplikasi yang kamu instal dan jalankan di hp bisa memakan daya baterai yang cukup besar, terutama jika aplikasinya berat atau tidak kompatibel dengan sistem hp. Aplikasi yang berat biasanya membutuhkan proses yang kompleks dan memori yang besar, sehingga membuat baterai hp bekerja keras. Aplikasi yang tidak kompatibel bisa menyebabkan error yang menguras baterai hp.

Cara mengatasi baterai hp berkurang saat dicas 

Setelah mengetahui penyebab baterai hp berkurang saat dicas, sekarang mari bahas tentang solusi baterai hp berkurang saat dicas yang bisa kamu lakukan. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu coba berdasarkan beberapa penyebab di atas:

Ganti kabel data atau adaptor yang rusak

Solusi baterai hp berkurang saat dicas yang pertama adalah kamu harus mengganti kabel dan adaptor yang rusak dengan yang baru dan sesuai dengan spesifikasi hp. Pastikan kabel data dan adaptor yang kamu beli memiliki kualitas yang baik dan terjamin atau original.

Bersihkan port USB

Solusi baterai hp berkurang saat dicas berikutnya adalah membersih port USB dengan hati-hati. Kamu bisa menggunakan cotton bud, sikat gigi, atau alat lain yang lembut dan bersih untuk mengusap port USB hp. 

Jangan menggunakan alat yang keras atau tajam, karena bisa merusak port USB. Jika port USB hp kamu rusak, maka kamu bisa membawanya ke service center untuk diperbaiki.

Ganti baterai yang sudah aus atau bocor

Solusi baterai hp berkurang saat dicas selanjutnya adalah mengganti baterainya dengan yang baru dan asli. Jangan menggunakan baterai hp yang palsu atau tidak sesuai dengan spesifikasi hp kamu, karena bisa menimbulkan masalah lain. Pastikan baterai hp yang kamu beli memiliki garansi dan kualitas yang terjamin.

Perbaiki sistem yang bermasalah

Jika sistem hp kamu bermasalah, solusi baterai hp berkurang saat dicas lain yang bisa kamu coba adalah memperbaiki sistem yang bermasalah. kamu bisa memperbaikinya dengan beberapa cara, seperti: melakukan restart hp melakukan update sistem, melakukan scan virus, melakukan reset pabrik, atau melakukan flashing.

Cara-cara ini bisa membantu mengatasi bug, virus, atau malware yang mengganggu baterai hp. Namun, sebelum melakukan cara-cara ini, pastikan kamu sudah membackup data penting yang ada di hp kamu.

Hapus atau nonaktifkan aplikasi yang berat atau tidak kompatibel

Solusi baterai hp berkurang saat dicas yang terakhir adalah menghapus atau menonaktifkan aplikasi yang berat atau tidak kompatibel. Cara ini bisa menghemat daya baterai hp dan membuatnya lebih mudah terisi. Kamu bisa melihat daftar aplikasi yang ada di hp dan memilih mana yang perlu dihapus atau dinonaktifkan.

Itulah beberapa solusi baterai hp berkurang saat dicas yang bisa kamu coba jika kamu mengalami masalah tersebut. Dengan melakukan beberapa cara di atas, secara tidak langsung kamu sudah menambah masa pakai hp yang kamu miliki.

Baca Juga
Topik
notix-artikel-retargeting-pixel