4 Solusi HP Xiaomi Tidak Support MIUI Terbaru, Coba Cara Ini!

4 Solusi HP Xiaomi Tidak Support MIUI Terbaru, Coba Cara Ini!

4 Solusi HP Xiaomi Tidak Support MIUI Terbaru, Coba Cara Ini!

DAFTAR ISI

Sediksi – Solusi hp Xiaomi tidak support MIUI terbaru ini perlu kamu ketahui jika kamu seorang mi fans. Seperti yang sudah diketahui, tidak semua hp Xiaomi bisa mendapatkan update MIUI terbaru. 

Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi, seperti varian MIUI yang berbeda, ROM distributor abal-abal, custom recovery, atau file ROM yang corrupt. Tentu saja, hal ini sangat menjengkelkan bagi pengguna Xiaomi yang ingin menikmati fitur-fitur terbaru dari MIUI.

Lantas, apa solusi hp Xiaomi tidak support MIUI terbaru? Apakah kamu harus membeli hp baru yang lebih canggih? Tentu saja tidak. Kamu bisa mencoba beberapa solusi ini untuk mengatasi masalahnya.

Apa saja solusi hp Xiaomi tidak support MIUI terbaru yang bisa kamu lakukan? Simak artikel yang sudah Sediksi rangkumkan buat kamu dari berbagai sumber berikut ini.

Solusi hp Xiaomi tidak support MIUI terbaru

4 Solusi HP Xiaomi Tidak Support MIUI Terbaru, Coba Cara Ini! - 1000016323 1024x512 jpg
Unsplash/n tho duc

Penyebab hp Xiaomi tidak support MIUI terbaru

Namun, sebelum membahas solusi hp Xiaomi tidak support MIUI terbaru, ada baiknya kamu mengetahui penyebab hp Xiaomi kamu tidak support MIUI terbaru. Berikut ini adalah beberapa penyebab yang umum terjadi pada hp kamu jika mengalami masalah tersebut.

Beda varian MIUI

Pada ROM MIUI, ada empat varian yang berbeda, yaitu Global Stable, Global Developer, China Stable, dan China Developer. Setiap varian memiliki fitur dan update yang berbeda-beda. kamu harus memastikan bahwa kamu mengunduh file ROM yang sesuai dengan varian MIUI yang kamu gunakan.

Distributor abal-abal

Beberapa hp Xiaomi yang dijual di Indonesia tidak resmi dari Xiaomi, melainkan dari distributor abal-abal. Distributor ini biasanya mengubah ROM asli Xiaomi dengan ROM buatan mereka sendiri, yang berisi bloatware, iklan, dan malware.

ROM ini tidak mendapatkan update resmi dari Xiaomi, sehingga kamu tidak bisa memperbarui MIUI kamu. Cara mengetahui apakah kamu menggunakan ROM distributor abal-abal adalah dengan memeriksa versi MIUI kamu.

Jika versi MIUI kamu tidak sesuai dengan versi resmi yang ada di situs Xiaomi, kemungkinan besar kamu menggunakan ROM distributor abal-abal.

Custom recovery

Custom recovery adalah program yang digunakan untuk menginstal ROM, backup, restore, dan melakukan operasi lainnya pada sistem Android. Beberapa pengguna Xiaomi yang suka oprek hp mereka biasanya memasang custom recovery, seperti TWRP, untuk menginstal ROM custom atau modifikasi.

Namun, custom recovery ini bisa mengganggu proses update MIUI melalui updater. Jika kamu menggunakan custom recovery, kamu harus menginstal file ROM melalui custom recovery tersebut, bukan melalui updater.

File ROM corrupt

File ROM ini bisa corrupt atau rusak karena beberapa hal, seperti koneksi internet yang tidak stabil, kinerja komputer yang buruk, atau virus. Jika file ROM yang kamu unduh corrupt, kamu tidak akan bisa menginstalnya. Kamu harus mengunduh file ROM yang utuh dan tidak rusak.

Solusi hp Xiaomi tidak support MIUI terbaru

Setelah mengetahui penyebabnya, sekarang kamu bisa mencoba beberapa solusi hp Xiaomi tidak support MIUI terbaru berikut untuk mengatasi masalah pada hp Xiaomi kamu.

Periksa update keamanan End-of-Life

Solusi hp Xiaomi tidak support MIUI terbaru pertama yang bisa kamu lakukan adalah memeriksa update keamanan terakhir untuk hp kamu. Meski tidak memberikan akses terhadap OS update terbaru, Xiaomi tetap secara berkala akan menerbitkan dan memperbarui daftar produk end-of-life (EOL) mereka.

Jika hp kamu ada di daftar tersebut, kamu masih bisa mengunduh dan menginstal pembaruan keamanan terbaru untuk menjaga keamanan hp kamu. Namun, jika hp kamu tidak masuk ke dalam daftar tersebut kamu tidak bisa mengunduh atau menginstal pembaruan keamanan terbaru.

Perlu kamu ingat bahwa daftar ini tidak bersifat mutlak, jika ditemukan kerentanan keamanan serius pada model tertentu, Xiaomi tetap memberi update keamanan yang diperlukan pengguna.

Pertimbangkan untuk menginstal custom ROM

Solusi hp Xiaomi tidak support MIUI terbaru berikutnya adalah menginstal custom ROM. Jika hp Xiaomi kamu sudah tidak mendukung versi MIUI terbaru, kamu mungkin bisa mempertimbangkan untuk menginstal custom ROM.

Custom ROM adalah versi modifikasi dari sistem operasi Android yang dirancang untuk berfungsi di hp kamu. Menginstal custom ROM bisa membuka pintu ke fitur dan update baru yang tidak tersedia pada versi resmi MIUI.

Namun, ada kekurangannya, yaitu proses penginstalan yang cukup rumit untuk pengguna awam, sehingga disarankan untuk melakukan backup terlebih dahulu untuk mencegah kehilangan data.

Flashing melalui Fastboot Mode

Jika hp kamu masih menggunakan ROM distributor abal-abal, kamu harus mengganti ROM tersebut dengan ROM resmi dari Xiaomi. Cara mengganti ROM ini disebut dengan flashing, yaitu proses menghapus dan menginstal ulang sistem operasi pada hp kamu.

Flashing bisa dilakukan melalui fastboot mode, yaitu mode khusus yang digunakan untuk menghubungkan antara hp dan komputer. Untuk melakukan flashing melalui fastboot mode, kamu membutuhkan beberapa hal, seperti file ROM resmi Xiaomi, Mi Flash Tool, dan driver USB.

Unduh file ROM yang tidak corrupt

Solusi hp Xiaomi tidak support MIUI terbaru yang terakhir adalah unduh file ROM yang tidak corrupt. Jika file ROM yang kamu unduh corrupt atau rusak, kamu harus mengunduh file ROM yang utuh dan tidak rusak.

Pastikan kamu memiliki koneksi internet yang stabil dan kinerja komputer yang baik saat mengunduh file ROM. Kamu juga bisa memeriksa integrated file ROM dengan menggunakan aplikasi seperti MD5 Checker atau Hash Calculator.

Jika nilai hash file ROM yang kamu unduh sama dengan nilai hash yang tertera di situs Xiaomi, berarti file ROM kamu tidak corrupt. Itulah beberapa solusi hp Xiaomi tidak support MIUI terbaru yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah di hp kamu.

Dengan solusi ini, kamu bisa menikmati fitur-fitur terbaru dari MIUI tanpa harus membeli hp baru. Namun, kamu harus berhati-hati saat melakukan solusi ini, karena ada risiko yang bisa terjadi, seperti bootloop, brick, atau hilangnya data. Oleh karena itu, selalu lakukan backup data penting kamu sebelum melakukan solusi ini.

Baca Juga
Topik
notix-artikel-retargeting-pixel