Tips Membuat Commuting ke Kantor Lebih Produktif

Tips Membuat Commuting ke Kantor Lebih Produktif

Tips Membuat Commuting ke Kantor Lebih Produktif

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Commuting ke kantor menjadi salah satu pertimbangan utama ketika melamar kerja. Ada yang bingung antara mending tempat kerja jauh dari tempat tinggal tapi gaji tinggi atau gaji rendah asal jarak dekat. 

Dan ada juga yang tidak punya pilihan sehingga mau tidak mau, terima saja rutinitas commuting ke kantor meskipun butuh waktu yang lama. Dan betapa melelahkannya rutinitas tersebut.

Prinsip di kehidupan ini, jika tidak bisa mengubah sesuatu sesuai yang diinginkan, ubah perspektif kita lebih dulu. 

Jika kalian mulai merasa betapa melelahkannya commuting ke kantor dan butuh tips agar bisa bertahan, baca artikel selengkapnya berikut ini.

Apa yang dimaksud dengan commuting?

Tips Membuat Commuting ke Kantor Lebih Produktif - image 6
Sumber gambar: wild & stone

Commuting adalah mobilitas yang dilakukan seseorang dengan bepergian ke daerah tujuan untuk melakukan kegiatan tertentu (bekerja atau sekolah) kemudian kembali lagi ke daerah asal (rumah atau domisili) pada hari yang sama. 

Sehingga aktivitas commuting ke kantor ini tidak terbatas merujuk pada pekerja yang menggunakan transportasi umum, tapi juga pribadi. Adapun orang yang melakukan kegiatan ini disebut sebagai commuter.

6 Tips membuat commuting ke kantor lebih produktif

Kalian mungkin sudah punya kebiasaan sendiri terkait apa yang dilakukan ketika sedang commuting, apalagi untuk yang jarak jauh. Kalian bisa ikuti tips-tips berikut untuk membuat rutinitas perjalanan panjang itu lebih bisa ditolerir.

Dengarkan musik

Buat playlist yang berisi lagu-lagu kesukaan kalian yang bisa diputar selama commuting. Aktivitas ini bisa memberikan keuntungan psikologis seperti memberikan kenyamanan, meningkatkan mood atau mengurangi stres. Pertimbangkan untuk membuat playlist berbeda untuk didengarkan setiap hari dalam seminggu, suasana hati kalian, atau sesuatu yang mungkin kalian alami selama hari kerja.

Menghubungi orang terdekat

Gunakan commuting yang lama ini sebagai kesempatan untuk menelepon dan bertemu dengan orang yang dicintai. Ini mungkin sesederhana menelepon seseorang untuk memberi tahu bahwa kalian sedang memikirkannya atau untuk berbagi cerita menarik atau kabar terbaru tentang hidup kalian.

Gunakan headphone agar penumpang lain tidak terganggu. Gunakan loudspeaker jika mengendarai mobil pribadi. Dan sebaiknya tidak menelepon untuk kalian yang mengugnakan motor. 

Baca buku atau mendengarkan audiobook

Pilihan baca buku ini bisa untuk kalian yang suka baca buku dan tidak mual ketika membaca buku di perjalanan. Tapi jika kalian tipe yang tidak nyaman dengan membaca buku tapi masih ingin baca buku, kalian bisa pilih mendengarkan audiobook.

Untuk menambah motivasi, pilihlah buku yang selalu ingin dibaca, tetapi tidak pernah punya waktu. Kalian juga bisa bergantian antara mendengarkan atau membaca buku fiksi untuk kesenangan dan buku nonfiksi yang dapat membantu meningkatkan pekerjaan, kesehatan, atau kehidupan pribadi kalian.

Kerjakan pekerjaan ringan yang bisa diselesaikan sambil commute

Tips Membuat Commuting ke Kantor Lebih Produktif - working commute jpg
Sumber gambar ;Monkey Business Images

Jawab dan kirim email, kalian bisa menghabiskan waktu perjalanan dengan membaca email dan menyusun balasan untuk email apa pun yang mudah ditanggapi saat masih dalam perjalanan.

Selain soal email, bisa selesaikan tugas-tugas ringan seperti refleksi diri, membuat to-do list untuk kegiatan besok, dan lain sebagainya. 

Perlu diketahui bahwa bahkan menyelesaikan sedikit pekerjaan akan membuat waktu perjalanan terasa produktif. Sehingga ketika kembali bekerja keesokan harinya, beberapa tugas ringan sudah selesai dari hari sebelumnya. 

Meditasi

Meditasi membantu memastikan kalian merasa segar dan siap menjalani hari, dan bermeditasi dalam perjalanan pulang dapat membantu menghilangkan stres atau kecemasan yang mungkin kalian rasakan selama hari kerja.

Cara sederhana yang bisa dilakukan adalah mencoba box breathing, yaitu salah satu teknik tarik napas dalam yang digunakan pada latihan pernapasan berirama.

Tarik napas selama empat detik, tahan napas selama empat detik, buang napas selama empat detik, dan tahan selama empat detik. Ulangi langkah-langkah ini sampai kalian akhirnya merasa rileks kembali.

Jika sedang mengendarai kendaraan, cara yang bisa dilakukan adalah fokus pada pernapasan dan apa yang ada di sekitar serta lagu yang membuat rileks. 

Belajar

Tidak ada aktivitas yang lebih produktif lagi selain belajar, apalagi jika sedang menjalani commuting. Meskipun sudah tidak sekolah, kalian bisa menjalani rutinitas commuting dengan belajar agar lebih produktif.

Misalnya belajar bahasa asing, kalian bisa gunakan buku atau main games dari smartphone untuk belajar bahasa asing. 

Tentu saja tips satu ini tidak berlaku jika kalian commuting menggunakan kendaraan pribadi. 

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel