4 Tips Memilih Parfum yang Sesuai dengan Kepribadian dan Kesukaanmu

4 Tips Memilih Parfum yang Sesuai dengan Kepribadian dan Kesukaanmu

Tips Memilih Parfum

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Parfum, salah satu produk kecantikan yang penting ini tidak hanya membuatmu wangi, tetapi juga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan menunjukkan kepribadian.

Namun, memilih parfum yang tepat tidaklah mudah. Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan, seperti jenis kulit, aroma, kesesuaian, dan tentu saja, harga.

Lalu bagaimana tips memilih parfum yang sesuai dengan kepribadian dan kesukaan? Nah dalam artikel ini Sediksi gak hanya ngasih tips memilih parfum yang cocok dengan kepribadian, tapi juga memberikan sebuah cara bagaimana pengaplikasian yang benar agar tahan lama.

Penarasan apa saja tipsnya? Simak artikel berikut ini sampai selesai.

Tips Memilih Parfum

Beberapa tips simpel memilih parfum berikut ini dijamin akan sesuai dengan kepribadianmu, berikut adalah cara-caranya:

Kenali jenis kulitmu

4 Tips Memilih Parfum yang Sesuai dengan Kepribadian dan Kesukaanmu - perbedaan kulit lembab dan berminyak doktersehat jpg
Image from Doktersehat

Tips memilih parfum yang pertama adalah kenali dulu jenis kulitmu. Jenis kulit tentu akan mempengaruhi cara parfum bereaksi dan bertahan di tubuh.

Jika kamu memiliki kulit kering, kamu mungkin perlu menggunakan parfum yang lebih pekat dan tahan lama, seperti eau de parfum atau eau de toilette.

Namun jika memiliki kulit berminyak, kamu dapat menggunakan parfum yang lebih ringan dan segar, seperti eau de cologne atau eau fraiche.

Pilih aroma yang sesuai dengan kepribadian

4 Tips Memilih Parfum yang Sesuai dengan Kepribadian dan Kesukaanmu - Aroma Parfum 1024x576 jpg
Image from Pinterest

Aroma parfum dapat mencerminkan kepribadian, seperti apakah seorang yang romantis, sporty, elegan, atau santai. Pilihlah aroma parfum berdasarkan kategori utama, yaitu floral, oriental, woody, dan fresh.

Floral adalah aroma yang feminin dan manis, seperti bunga mawar, melati, atau lavender. Oriental adalah aroma yang eksotis dan sensual, seperti vanila, amber, atau musk.

Lalu woody adalah aroma yang hangat dan maskulin, seperti kayu cendana, vetiver, atau patchouli. Fresh adalah aroma yang segar dan menyegarkan, seperti jeruk, mint, atau teh hijau.

Cobalah sebelum membeli

4 Tips Memilih Parfum yang Sesuai dengan Kepribadian dan Kesukaanmu - Mencoba Parfum jpg
Image from Plumhealthyfine

Tips memilih parfum selanjutnyaa adalah coba dahulu sebelum membeli, jangan hanya mengandalkan deskripsi atau ulasan parfum di internet. Kamu harus mencobanya sendiri di kulitmu untuk mengetahui apakah suka atau tidak.

Caranya, semprotkan sedikit parfum di pergelangan tangan atau belakang telinga, dan tunggu beberapa saat. Jika merasa nyaman dan menyukai aromanya, langsung gas beli.

Jika tidak, cob acari parfum lain yang lebih cocok. Hindari mencium botol parfum langsung, karena kamu tidak akan mendapatkan aroma yang sebenarnya.

Perhatikan waktu dan kesempatan

4 Tips Memilih Parfum yang Sesuai dengan Kepribadian dan Kesukaanmu - How To Properly Apply Perfume During The Winter jpg
Image from Sospedro

Tips memilih parfum yang terakhir adalah coba perhatikan dari waktu dan kesempatan, parfum yang kamu pakai sehari-hari mungkin tidak cocok untuk acara khusus, seperti pesta, kencan, atau rapat.

Tentu kamu harus menyesuaikan parfum dengan waktu dan kesempatan yang sedang kamu hadapi. Secara umum, gunakan parfum yang lebih ringan dan segar di siang hari, dan parfum yang lebih pekat dan sensual di malam hari.

Kamu juga dapat menggunakan parfum yang lebih fun dan playful saat bersantai, dan parfum yang lebih formal dan elegan saat bekerja.

Cara Memakai Parfum yang Benar

Nah, selain tips memilih parfum yang tepat sesuai kepribadian, penting juga untuk mengetahui bagaimana cara memakai parfum yang benar pula.

Kenapa ini penting? Mungkin kebanyakan orang  merasa kurang puas dengan parfum karena aromanya tidak dapat bertahan lama atau cepat hilang.

Nah, penyabab cepat hilangnya aroma parfum ini bukan hanya karea aktivitas yang intens saja, namun bisa jadi karena kamu salah saat memakai atau mengaplikasikannya, sehingga aromanya cepat menguap.

Untuk itu, selain tips memilih parfum di atas, perlu diperhatikan cara mengaplikasikan parfum yang tepat berikut ini:

Pilih waktu yang tepat

Waktu yang paling baik untuk memakai parfum adalah setelah mandi, ketika kulit masih lembap dan pori-pori terbuka. Hal ini akan membuat parfum menempel lebih baik di kulit dan tidak mudah menguap.

Jangan memakai parfum ketika kulit sedang kering, kotor, atau berkeringat, karena hal ini akan mengurangi efektivitas dan kesegaran parfum.

Semprotkan di titik nadi

Titik nadi adalah bagian tubuh yang memiliki aliran darah yang tinggi, sehingga menghasilkan panas yang dapat mengaktifkan aroma parfum. Semprotkan parfum di titik nadi seperti pergelangan tangan, belakang telinga, leher, dada, atau siku.

Jangan menyemprotkan parfum di wajah, mata, atau mulut, karena hal ini dapat menyebabkan iritasi atau alergi.

Jangan menggosok parfum

Banyak orang yang menggosok parfum setelah menyemprotkannya, dengan harapan parfum akan meresap lebih baik. Namun, hal ini justru dapat merusak molekul parfum dan mengubah aromanya.

Sebaiknya, biarkan parfum mengering dengan sendirinya di kulit, dan jangan menyentuhnya sampai kering.

Jangan berlebihan

Menggunakan parfum terlalu banyak dapat membuat terlihat “tidak sopan” dan mengganggu orang lain. Parfum yang terlalu kuat juga dapat menyebabkan pusing, mual, atau sakit kepala.

Gunakan parfum secukupnya, sekitar dua sampai empat semprotan, tergantung pada jenis dan konsentrasi parfum. Jika ingin memperkuat aroma parfum, kamu dapat menggunakan produk lain yang sesuai, seperti lotion, sabun, atau deodoran.

Simpan dengan baik

Parfum dapat berubah warna, tekstur, atau aroma jika terkena sinar matahari, panas, atau kelembapan. Oleh karena itu, simpan parfum di tempat yang sejuk, kering, dan gelap, seperti lemari atau laci.

Jangan menyimpan parfum di kamar mandi, mobil, atau tempat yang terpapar sinar matahari langsung. Tutup botol parfum dengan rapat setelah digunakan, dan jangan mengguncangnya.

Itulah beberapa tips memilih parfum yang sesuai dengan kepribadian dan kesukaan serta cara yang tepat pengaplikasian ke tubuh.

Semoga artikel ini dapat membantumu untuk menemukan parfum yang tepat. Ingat, parfum adalah salah satu cara mengekspresikan dirimu, jadi pilihlah parfum yang membuat merasa nyaman, percaya diri, dan bahagia. Selamat mencoba!

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel